Inilah Panduan Singkat Cara Menjadi Blogger Review Film

Punya rasa suka yang besar pada kegiatan menonton film? Suka menulis tulisan yang berhubungan dengan film? Ingin menulis tentang kesan-kesan kamu sehabis menonton film? Maka sepertinya anda memang ingin menjadi seorang blogger review film. Suatu topik blog yang masih underrated di Indonesia. Hiburan film memang mengasikan apalagi jika anda selalu mereview film lewat tulisan di blog.

Lalu, bagaimana cara menulis review atau ulasan film di blog? Berikut ini adalah panduan sederhana dan singkat namun mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

Punya Platform Blog

Tentu saja jika ingin menjadi blogger review film ya harus punya media blog. Ada dua platform terbesar yaitu Blogger.com dan WordPress. Tapi saya merekomendasikan Blogger.com alias Blogspot karena memang lebih mudah digunakan dan gratis. Tentunya jika ingin memulai ya sebaiknya yang gratis saja terlebih dahulu.

Menentukan Nama Blog

Karena anda ingin menjadi blogger review film maka judul blog juga harus relevan dengan topik atau niche ini. Anda bisa mencari kata yang tepat untuk nama blog anda. Salah satu contoh blog review film berbahasa Indonesia adalah Movfreak, dari judulnya kita tahu itu gabungan dari kata Movie dan Freak. Tapi jika masih bingung ya tinggal pakai saja nama anda sebagai nama blog seperti yang dilakukan oleh mas Daniel Dokter di danieldokter.com

Membuat Konsep Review

Setiap reviewer film pasti punya ciri khas sendiri dalam mengulas sebuah film mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir. Itulah yang harus anda buat, bagaimana konsep review di blog anda. Apakah sinopsis terlebih dahulu atau langsung ke opini awal. Anda bisa langsung memberi pendapat secara besar tentang film tersebut di awal tulisan dan langsung menulis kenapa film itu “bagus”, “biasa saja”, “jelek”, dan lain sebagainya. Berikan juga informasi latar belakang film tersebut seperti para kru yang terlibat dalam film tersebut. Termasuk juga para aktor, penulis naskah, produser, dan sutradaranya.

baca juga:  Review Film: Warkop DKI REBORN, Jangkrik Boss! part 1
Menulis Catatan Saat Menonton Film

Mungkin ini akan merepotkan namun akan sangat membantu ketika anda mulai menulis karena bagian-bagian penting dalam film termasuk opini anda sudah tercatat dan tidak akan lupa. Catatlah semua yang menarik perhatian anda seperti adegan yang bagus/jelek, plot hole, dan yang lainnya.

Menilai Film Dari Segala Aspek

Sebagai reviewer film anda harus menilai sebuah fim dari semua aspek, mulai dari cerita, kualitas naskah, akting, penyutradaraan, sinematografi, musik, dll. Tentu saja tidak perlu menguasai semua itu karena sebagai penikmat film anda layak memberikan opini dan nilai kepada film yang sudah anda tonton di bioskop maupun menonton dengan cara legal lainnya.

Menyusun Tulisan Dan Baca Berkali-Kali

Setelah selesai menulis, anda akan menyusun ulasan anda supaya enak dibaca dan kemudian periksa hingga berkali-kali dan jika sudah merasa tulisan tersebut enak dibaca maka ulasan telah selesai.

Berikan Rating

Ada beberapa gaya penerapan rating sebuah film oleh para reviewer di blog. Yaitu:

  • Skala 1-10 (Seperti IMDb)
  • Skala 1-5 bintang
  • Skala nilai A sampai D.

Terakhir adalah rajinlah dalam mereview film bioskop terbaru dan secepat mungkin menerbitkan tulisan review anda di blog, supaya bisa bersaing dengan yang lain.

Catatan: Jangan pernah memberikan spoiler dalam review film di blog, itu pelanggaran berat.

Bagikan Artikel Berguna Ini
Tags:,

Tulis Komentar Di Bawah