Cara Update WordPress Secara Manual Dengan Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Pernahkah anda mencoba untuk melakukan update WordPress secara otomatis tapi terjadi kesalahan dan eror sehingga tidak bisa update? Ya, kondisi itu bisa terjadi pada orang yang mengelola WordPress, sudah berbagai cara dilakukan termasuk menghapus file upgrade dan maintenance di cpanel tapi tetap saja gagal. Maka, solusinya adalah melakukan update WordPress secara manual. Kebanyakan tutorial di luar sana banyak yang terlalu panjang dan terkesan ribet, padahal sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini saya akan coba jelaskan sesingkat mungkin, namun tidak meninggalkan hal-hal yang sangat penting.

Sebelum melakukan update, disarankan untuk back up data di cpanel dan menon-aktifkan semua plugin untuk sementara.

  1. Download WordPress versi terbaru di situs resmi WordPress atau klik di sini.
  2. Setelah didownload, ekstrak file tersebut maka akan ada folder ‘wordpress’. Masuk ke folder ‘wordpress’ maka akan ada sejumlah folder dan file. Yang harus kita lakukan adalah menghapus folder ‘wp-content’. Hapus folder tersebut. Setelah itu blok semua file dan compress menjadi format .zip. Beri nama ‘WordPressterbaru’ maka file akan menjadi ‘wordpressterbaru.zip’
  3. Sekarang silahkan menuju cpanel, pilih file manager dan pilih directory ‘public_html’ tempat file website anda disimpan. Lakukan backup terhadap folder ‘wp-admin’ dan ‘wp-include’. Setelah dibackup, hapus kedua folder itu. Jangan pernah menghapus folder ‘wp-content’, jangan!
  4. Upload file wordpressterbaru.zip yang sudah anda compress tadi, setelah diupload, silahkan ekstrak file wordpressterbaru.zip tersebut.
  5. Setelah itu, silahkan ganti permission di file wp-login.php menjadi 0644 dan ganti permission folder wp-admin menjadi 755.
  6. Silahkan masuk ke dashboard wordpress anda dan akan muncul pemberitahuan update sudah selesai dan akan diminta update database. Klik saja pilihan update wordpress databse dan proses update secara marnual sudah selesai.

Kelihatannya, cara di atas memang terlihat rumit tapi sebenarnya cukup mudah apabila sembari dijalankan. Demikian cara update WordPress secara manual.

Update WordPress sangat penting untuk dilakukan karena akan meningkatkan keamanan website kita dari hacker di luar sana. Oleh karena itu update lah versi WordPress anda jika sudah tersedia versi terbaru. Saya sendiri juga belum tahu kenapa WordPress saya tidak bisa diupdate secara otomatis. Tapi secara manual tentu saja bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Semoga bermanfaat.

One Comment

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *