8 Film Spider-Man Dari Masa Ke Masa, Manakah Yang Terbaik?

Bagi para pecinta superhero, pastinya Spider-Man adalah superhero yang paling terkenal yang filmnya sudah dibuat jauh sebelum hype mcu dan Avengers seperti sekarang ini. Spider-Man adalah superhero yang sudah diangkat ke layar lebar terbanyak setelah X-Men, Batman, dan juga Superman. Berikut ini adalah 8 film Spider-Man dari masa ke masa.

1. The Amazing Spider-Man (1977)

Meskipun ini bukan film layar lebar tetapi sebenarnya tv series yang tayang di tahun 1977 ini adalah upaya Marvel untuk mengangkat si manusia laba-laba ke dalam live action untuk pertama kalinya. Dibuat sebanyak 2 musim dan 13 episode, The Amazing Spider-Man 1977 terlihat sangat menyedihkan untuk ditonton di zaman sekarang. Serial ini dibintangi oleh Nicholas Hammond sebagai Peter Parker dan mendapat respon yang tidak begitu baik.

2. Spiderman (2002)

Inilah film layar lebar Spiderman berbentuk live action pertama. Spiderman digarap oleh rumah produksi Sony Picture dengan sutradara Sam Raimi yang sebelumnya sukses berkat trilogi Evil Dead. Dibintangi oleh Tobey Maguire sebagai Peter Parker dan Kirsten Dunts sebagai Mary Jane. Film pertama ini mendapat sambutan yang luar biasa di seluruh dunia. Film pertama tersebut menceritakan Peter Parker yang baru saja lulus dari SMA dan asal mula ia menjadi Spiderman dan harus berhadapan dengan Green Goblin alias Norman Osborn penjahat yang merupakan ayah dari sahabatnya sendiri, Harry Osborn.

3. Spiderman 2 (2004)

Kesuksesan Spiderman pertama berlanjut dua tahun kemudian pada Spiderman 2. Hingga saat ini Spiderman 2 dianggap menjadi film Spiderman terbaik sepanjang masa. Film ini mendapatkan piala Oscar untuk kategori Best Visual Effect. Dalam film kedua ini diceritakan pasca kematian Green Goblin dan hubungan rumit antara Peter dan Mary Jane serta Harry yang terpukul karena kematian ayahnya. Musuh dalam film kedua ini adalah Dr Octavius yang berubah menjadi jahat karena penemuan eksperimennya yang berbuah fatal.

4. Spiderman 3 (2007)

Film terakhir dari trilogi Sam Raimi ini mendapatkan respon yang kurang baik meskipun di box office film ini laris manis. Ini dikarenakan plot yang berantakan dan musuh yang terlalu banyak. Musuh dalam film Spiderman 3 ada tiga yaitu Sandman, Venom, dan New Goblin alias Harry Osborn yang dendam pada Peter yang mengetahui jika Peter adalah Spiderman. Eddie Brock seorang wartawan yang membenci Peter juga kurang kuat motivasinya kenapa ia bisa membenci Peter hanya karena Peter membuatnya kehilangan pekerjaan. Konflik Sandman juga kurang begitu kuat.

5. The Amazing Spider-Man (2012)

Setelah proyek Spiderman 4 dibatalkan, Sony akhirnya mereboot Spiderman kembali dari awal dengan memproduksi The Amazing Spider-Man. Di sini kita tahu bahwa Andrew Garfield memerankan Peter Parker dan Emma Stone sebagai Gwen Stacy. Dalam film ini diceritakan kembali bagaimana Peter menjadi Spiderman dan masih duduk di bangku SMA. Musuh yang harus dihadapi adalah The Lizard yang merupakan gurunya sendiri yang gagal dalam percobaan. Ya, musuh Spider-Man memang selalu seperti itu.

6. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

Kesalahan Spiderman 3 kembali terulang dalam film ini dan mendapatkan respon yang tidak begitu baik. Masih disutradarai oleh Marc Webb, film TASM kedua ini menceritakan Peter Parker yang hubungannya dengan Gwen Stacy sebagai pasangan kekasih semakin melekat. Di sisi lain muncul musuh baru yang bernama Electro yang tadinya adalah karyawan biasa yang punya masalah pelik dalam hidupnya lalu kecelakaan dalam lab percobaan belut listrik yang membuatnya punya kekuatan. Juga Harry Osborn yang jadi Green Goblin yang dendam pada Spiderman. Ya, seperti itulah kira-kira.

7. Spiderman: Homecoming (2017)

The Amazing Spider-Man dibubarkan karena dianggap gagal. Sony membuat kerja sama dengan Marvel Studio agar Spiderman bisa masuk ke Avengers dan hasilnya adalah Spiderman: Homecoming. Dalam Spiderman versi Tom Holland ini, nuansanya lebih ceria dan khas remaja. Dengan Tony Stark yang menjadi pembimbing, Peter harus belajar bagaimana jadi superhero yang baik di usianya yang masih remaja. Ia harus berhadapan dengan Vulture, penjahat yang bagi Avengers adalah kelas teri, tapi baginya adalah penjahat besar.

8. Spiderman: Far From Home (2019)

Saat artikel ini ditulis, film ini belum dirilis dan sinopsis resminya belum keluar. Namun yang jelas Spiderman kedua versi mcu ini akan menceritakan petualangan Peter di Eropa dan akan menghadapi musuhnya yang bernama Mysterio. Film ini akan menjadi film ke dua puluh satu dalam bagian deri Marvel Cinematic Universe dan kemungkinan akan menceritakan setelah kejadian di Avangers: Endgame. Kemungkinan Peter Parker yang telah menjadi abu akan kembali lagi setelah anggota Avengers yang tersisa berhasil mengembalikan keadaan entah dengan apapun caranya. Diperkirakan masih ada satu lagi film Spiderman versi Tom Holland dan akan membentuk sebuah trilogi.

Menurut kamu film Spiderman mana yang menjadi terbaik? Apakah suka yang ceria seperti Homecoming atau malah lebih suka versi klasik ala Tobey?

Itulah film Spiderman dari masa ke masa

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *