Ini Dia Perbedaan Lengkap Istilah Reboot, Remake, Spin Off, dan Remastered Dalam Dunia Film

Bagi kamu yang baru mengenal atau menggemari dunia perfilman pasti sering mendengar beberapa istilah seperti reboot, remake, spin off, dan remaster bukan? Istilah tersebut cukup sering disebutkan dalam dunia hiburan perfilman sekarang khususnya dalam industri Hollywood. Walaupun sebenarnya sekarang di perfilman Indonesia sedang tren meremake atau reboot sebuah film. Namun apa sih arti dan bedanya istilah-istilah tesebut? Dalam blog ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan istilah-istilah berikut agar jelas dan tidak tertukar. Berikut penjelasannya.

1. Reboot

Reboot adalah pembuatan ulang sebuah film atau franchise film dengan memulai cerita dari awal dan sama sekali baru. Reboot meninggalkan semua yang terjadi dari film originalnya dan ceritanya tidak harus sama dengan versi originalnya. Alasan sebuah film mengalami reboot ada beberapa, mulai dari sudah tidak memungkinkan lagi untuk membuat sekuelnya, atau pihak studio sudah kehabisan ide. Bisa juga karena film sebelumnya sudah terlanjur gagal atau karena keinginan para fans sendiri. Berikut ini adalah contoh-contoh film reboot.

  • Batman Begins (2005) reboot dari Batman versi 1989.
  • Rise of The Planet of The Apes (2012) Reboot dari Planet Of The Apes (1962)
  • Casino Royale (2006) Reboot franchise James Bond
  • Spider-Man Homecoming (2017)
  • Man of Steel (2013)

2. Remake

Dari namanya saja sudah bisa dimengerti, Remake artinya pembuatan ulang. Artinya remake adalah pembuatan ulang sebuah film dengan cerita dan elemen-elemen yang sama persis dengan versi originalnya. Namun versi remake biasanya akan punya sisi teknis dan teknologi yang lebih baik. Selain itu film remake juga biasanya dibuat untuk ‘menghormati’ versi aslinya dan diperkenalkan ke generasi baru. Berkebalikan dari reboot, film remake sering kali dihasilkan dari film original yang sudah sukses. Berikut ini adalah beberapa contoh film remake.

  • King Kong (2005) merupakan remake dari King Kong (1933)
  • Total Recall (2012) remake dari Total Recall (1990)
  • The Departed (2006) merupakan remake dari film hongkong Internal Affairs (2002)
  • Beauty and The Beast (2017) remake dari versi animasi tahun 1991.

3. Spin Off

Spin Off dalam dunia film adalah sebuah “pecahan” yang berdiri sendiri. Artinya sering kali dalam sebuah film kita menjumpai karakter yang bukan karakter utama namun justru mampu mencuri perhatian dan disukai oleh banyak penonton. Maka dibuatlah spin off dari karakter tersebut. Namun meski demikian, sebuah spin off biasa berdiri sendiri dan tidak terikat dalam film utamanya tapi tidak semua seperti itu. Berikut adalah beberapa contoh spin off film:

  • The Penguins of Madagascar (2014) Merupakan spin off dari seri Madagascar
  • Minions (2015) Merupakan spin off dari seri film Despicable Me
  • The Nun (2018) Adalah spin off dari seri The Conjuring

4. Remastered

Remaster dalam istilah perfilman adalah sebuah yang artinya memperbaiki atau mengganti kualitas berbagai aspek dalam film seperti kualitas suara, visual efek, gambar, musik, dll. Sebuah film yang mengalami remaster biasanya adalah film yang lawas yang masa rilisnya sudah sangat lama. Biasanya belasan atau puluhan tahun. Beberapa film yang sudah ada versi Remastered antara lain seri original Star Wars yang sudah mendapat remaster hingga beberapa kali.

Nah, sekarang sudah tahu kan ke empat istilah di atas? Semoga bermanfaat.

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *