8 Alur Cerita Film Harry Potter Dari Awal Sebelum Menonton Seri Fantastic Beast

Harry Potter adalah sebuah franchise hiburan yang sangat fenomenal yang diangkat dari buku luar bisa hebat karangan penulis asal Inggris JK Rowling. Bukunya sendiri terdiri dari 7 seri yang dirilis dalam rentang waktu dari 1997 hingga 2008 dan menjadi buku terlaris sepanjang masa di dunia.

Filmnya sendiri terdiri dari 8 film yang dirilis dalam rentang waktu 10 tahun atau dari 2001 hingga 2011. Sebelum mcu yang terkenal, dulu generasi 2000an ditemani oleh franchise Harry Potter. 8 film tersebut digarap oleh empat sutradara yang berbeda dan tidak ada satupun yang gagal.

Karena munculnya seri Fantastic Beast yang sudah melahirkan dua film, banyak non fans Harry Potter yang bingung dan ingin tahu bagaimana cerita Harry Potter yang lengkap agar lebih mengerti film Fantastic Beast yang merupakan prekuel dari Wizarding World Universe. Berikut ini saya berikan garis besar cerita 8 film Harry Potter. Tulisan ini mengandung spoiler, jadi jika tidak suka spoiler silahkan jangan lanjutkan membaca artikel ini.

1. Harry Potter and The Sorcerer’s Stone (2001)

Film pertama ini menceritakan awal dari petualangan Harry Potter ke dunia sihir. Pada awal film ini dirilis pada saat itu langsung terjadi demam Harry Potter di seluruh dunia, dan banyak anak-anak remaja ingin pergi ke sekolah sihir seperti di film ini. Awal film Harry Potter yang masih bayi dititipkan ke rumah paman dan bibinya oleh Albus Dumbledore dan Minerva Mcgonagal yang merupakan kepala sekolah dan guru di sekolah sihir Hogwarts. Saat itu kedua orang tua Harry baru saja tewas oleh penyihir jahat Voldemort dan hanya Harry yang tersisa. Saat Harry bayi diserang Voldemort malah menjadi lemah dan menghilang.

11 tahun kemudian, Harry diperlakukan tidak baik oleh paman dan bibinya dan juga keponakannya. Suatu hari Harry mendapatkan surat undangan masuk sekolah Hogwarts.

Di sini petualangan Harry dimulai dengan memasuki dunia sihir. Dia bertemu Hermione Granger dan Ronald Weasley yang menjadi kemudian sahabatnya. Harry dkk masuk asrama Gryfindor, asrama terbaik di Hogwarts. Film pertama ini menceritakan usaha kebangkitan Voldemort melalui batu bertuah, sebuah benda yang mampu memberikan keabadian. Namun di akhir cerita, Harry dkk mampu mencegahnya.

2. Harry Potter And The Chamber of Secret (2002)

Film kedua ini masih disutradarai oleh Chris Columbus. Nuansa dalam film kedua ini masih sama dengan film pertama, fantasi untuk anak-anak. Menceritakan tahun kedua Harry dkk di Hogwarts. Dalam film kedua ini keluarga Weasley juga mendapatkan porsi yang banyak dan mulai diperkenalkan satu per satu. Ini dari cerita Harry Potter and The Chamber of Secret adalah usaha Harry untuk menguak kamar rahasia di Hogwarts yang mengakibatkan penyihir kelahiran Muggle (keturunan bukan penyihir) menjadi beku dan kaku. Harry mendapati jika kamar rahasia tersebut didalangi oleh keturunan Slytherin yang ingin membunuh semua penyihir keturunan muggle. Singkat cerita, Harry mengungkap orang yang dibalik semua ini adalah Tom Riddle yang merupakan murid Hogwarts di masa lalu. Harry mengetahui hal tersebut dari buku harian milik Riddle yang ditemukan di kamar mandi.

Penyeledikan trio Harry, Ron, dan Hermione berhasil dan menemukan lokasi kamar rahasia itu. Harry bertemu dengan memori Tom Riddle yang ternyata adalah Voldemort yang berusaha ingin bangkit. Namun berhasil digagalkan Harry dengan pedang Gryfindor. Voldemort pun gagal bangkit untuk kedua kalinya.

3. Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004)

Dalam film ini posisi sutradara berpindah ke tangan Alfonso Cauron dan mempengaruhi dalam nuansa dalam film ini jadi lebih ke arah dark. Di tahun ketiga Harry Potter dkk di Hogwarts, ada sesuatu hal terjadi. Tawanan penjara Azkaban bernama Sirius Black berhasil lepas dan menjadi buron. Sirius Black adalah orang dianggap menjadi biang keladi tewasnya dua orang tua Harry (James dan Lily) karena telah memberi tahu Voldemort mereka bersembunyi di mana. Di sisi lain, Harry punya masalah yang sangat takut dengan dementor. Makhluk mengerikan penunggu penjara Azkaban yang mampu menyedot kebahagiaan manusia. Dementor berkeliaran untuk menangkap Sirius. Harry belajar dari Remus Lupin, guru pertahanan ilmu hitam di tahun ketiga bagaimana cara menghalau dementor dengan mantra expecto patronum.

Singkat cerita Sirius yang katanya ingin membunuh Harry berhasil menemukan Harry, Ron, dan Hermione. Tapi yang mengejutkan adalah ternyata Sirius Black bukan untuk membunuh Harry tapi justru untuk melindungi Harry. Orang yang berkhianat pada orang tua Harry adalah Peter Pettigrew yang menyamar sebagai tikusnya Ron.

Akhir cerita Harry berhasil menghalau dementor dan melepaskan Sirius yang ternyata adalah ayah angkatnya. Sirius berhasil melarikan diri walaupun masih berstatus sebagai buron.

4. Harry Potter and The Goblet of Fire (2005)

The Goblet of Fire mengisahkan Harry dkk pada tahun keempat di Hogwarts. Ceritanya diadakan turnamen Triwizard di Hogwarts dan kedatangan murid dari dua sekolah lain yaitu Durmstrang dan Beauxbatons. Para murid yang ikut turnamen triwizard hanya boleh berusia 17 tahun ke atas dan namanya akan dipilih oleh Piala Api. Peserta yang terpilih adalah Victor Krum dari Durmstrang, Fleur Delaceour dari Beauxbatons dan Cedric Diggory dari Hogwarts. Tapi tiba-tiba nama Harry Potter keluar dari Piala Api yang mengharuskannya mengikuti trwizard yang berbahaya. Jelas ada penyihir jahat yang memasukan nama Harry ke Piala Api. Singkat cerita pada lomba terakhir triwizard di labirin yang tersisa adalah Cedric dan Harry yang berhasil menyentuh piala triwizard yang ternyata adalah portkey dan membawa mereka ke tempat Voldemort dibangkitkan oleh Peter Pettigrew. Voldemort bangkit dan membunuh Cedric. Harry berhasil melarikan diri dan membawa jasad Cedric. Di sini Voldemort berhasil kembali bangkit dan cerita berakhir dengan terungkapnya siapa dalang di balik kekacauan triwizard ini.

5. Harry Potter and Order Pheonix (2007)

Voldemort sudah bangkit tapi tidak semua orang percaya termasuk kementrian sihir yang dipimpin oleh Cornelius Fudge. Harry dkk membentuk Dumbledore Amry sebagai upaya untuk menghadapi kekuatan jahat Voldemort. Tapi usaha tersebut tidak mudah karena guru pertahanan ilmu hitam yang baru, Dolores Umbridge adalah orang kementrian yang membuat aturan di Hogwarts agar tidak percaya pada kebangkitan Voldemort. Namun akhir cerita Dumbledore Army menghadapi para death eater dan Bellatrix membunuh Sirius Black. Voldemort berhasil ‘diusir’ oleh Dumbledore dan cerita berakhir di sini.

6. Harry Potter and Half Blood Prince (2009)

Ini adalah film keenam Harry Potter yang dirilis pada 2009. Di mana diceritakan kalau dunia sihir akhirnya mengetahui jika Voldemort memang benar-benar bangkit. Sejumlah death eater yang tertangkap dimasukan ke penjara. Di sisi lain Voldemort merancang rencana untuk membunuh Dumbledore dengan menyuruh Draco Malfoy yang kemudian diambil alih oleh Severus Snape. Harry dkk mencari tahu sejarah Voldemort dan kelemahannya pada guru ramuan mereka yang baru bernama Horace Slughorn. Karena dulunya Horace adalah gurunya Tom Riddle alias Voldemort. Singkat cerita Harry dkk berhasil mengetahui kalau Voldemort membagi jiwanya ke dalam tujuh benda yang berbeda yang disebut Horcrux Akhir cerita Severus membunuh Dumbledore.

7. Harry Potter and The Deathly Hallows part 1 (2010)

Film terakhir Harry Potter dibagi menjadi dua bagian karena begitu tebalnya novel Harry Potter terakhir. Pada bagian pertama ini mengisahkan Harry dkk mencari horcrux yang merupakan benda yang dijadikan Voldemort menyimpan jiwanya yang berjumlah tujuh. Yaitu adalah Nagini, buku harian Tom Riddle, piala Helga Huflepuff, mahkota Rowena Revenclaw, cincin Marvolo Gaunt, Harry Potter, dan Liontin Salazar Slytherin. Part pertama berakhir dengan berhasilnya Voldemort menemukan Elder Wand yang merupakan tongkat sihir terkuat di dunia.

8. Harry Potter and The Deathly Hallows part 2 (2011)

Ini adalah film pamungkas dalam saga Harry Potter. Saya tidak akan menceritakan panjang lebar karena harus menonton sendiri untuk merasakan serunya film Harry Potter terakhir ini. Peperangan antara Voldemort & antek-anteknya melawan pasukan penyihir baik di Hogwarts. Banyak misteri terpecahkan di seri terakhir ini. Film berakhir dengan kekalahan kubu Voldemort. Film berakhir dengan scene para karakter yang sudah menikah dan mempunyai anak.

Nah, sedangkan untuk seri Fantastic Beast sendiri adalah prekuel yang menceritakan Newt Schamander seorang penulis buku di dunia sihir yang bukunya menjadi bacaan wajib siswa di Hogwarts. “Fantastic Beast and Where To Find Them”. Newt sendiri adalah mantan siswa Hogwarts di asrama Hufflepuff.

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *