Perbedaan Blogger Zaman Dulu Dan Sekarang

Blog adalah salah satu platform di internet yang sudah ada sejak www ditemukan sekitar 1990an. Namun ketika itu tidak banyak blog yang muncul di dunia maya mengingat internet masih baru. Memasuki era 2000an kemunculan platform Blogger dari pyra labs yang kemudian dibeli Google punya andil besar dalam perkembangan blog dunia karena akhirnya digratiskan. Pada era inilah dimulai menjamurnya blog di dunia maya termasuk di Indonesia. Dari mulai blog personal layaknya buku catatan pribadi hingga blog yang mempunyai satu atau multi-topik.

Saya sendiri mulai ngeblog sekitar tahun 2010 dengan menggunakan platform WordPress.com namun isinya tidak karuan karena kemampuan menulis saya pada waktu itu tidak begitu baik. Dulu saya belum bisa membeli domain berbayar karena masih sekolah dan belum punya penghasilan. Barulah pada 2016 ketika saya sudah lama meninggalkan blog karena kesibukan pekerjaan saya jadi teringat kembali untuk ngeblog dan akhirnya membeli hosting dan domain agar terlihat lebih profesional. Blog yang dulu saya pertama kali buat entah ke mana, ada yang dihapus, ada yang dibiarkan begitu saja.

Dari hal tersebut saya melihat ada beberapa perbedaan blogger zaman dulu dengan zaman sekarang setelah saya vakum sekitar 4-5 tahun ngeblog. Bahkan saya juga baru sadar kalau yang dulu saya lakukan ketika ngeblog sekitar tahun 2010 berbeda sekali dengan yang sekarang Mungkin berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

Blogger zaman dulu rata-rata menggunakan sub domain gratisan seperti .blogspot.com dan .wordpress.com.


Cukup jarang saya temui saat itu yang punya domain sendiri kecuali para blogger veteran yang sudah ngeblog sebelum tahun 2007. Mungkin dulu kebanyakan blogger adalah para pelajar. Sedangkan sekarang Blogger yang punya domain TLD sendiri adalah hal yang biasa. Sebaliknya, sekarang cukup jarang saya temui hasil searching di Google yang blognya masih menggunakan sub domain. Blogger yang dulunya menggunakan sub domain gratisan kini telah membeli domain TLD sendiri.

Zaman Dulu Platform WordPress.com Masih Sangat Populer


Wordpress.com adalah versi simpel dan gratis dari WordPress.org. WordPress.com bisa digunakan oleh siapapun sebagai mesin blognya tanpa harus membayar hosting dan disediakan sub domain gratis. Dulu sangat banyak sekali blog populer di wordpress.com terutama blog yang membahas K-Pop alias Korea. Saya lihat per harinya waktu itu bisa mencapai ratusan ribu pengunjung. Zaman Sekarang kebanyakan blogger yang serius, menggunakan platform Blogger.com dan WordPress.org alias WordPress self-hosted. WordPress.com memang punya banyak kekurangan seperti tidak bisa instal theme dan plugin serta tidak bisa menghasilkan uang kecuali upgrade layanan ke berbayar.

Blogger Zaman Dulu Suka Sekali Blogwalking

Dulu ketika ngeblog hanya bisa menggunakan PC atau laptop, membuka blog dan mengunjungi blog orang lain hanya bisa dilakukan di depan monitor. Blogwalking adalah salah satu aktifitas atau budaya blogger zaman dulu untuk menyapa ke blog lain dengan harapan si pemilik blog tersebut akan balik mengunjungi blog kita. Kini blogwalking memang masih dilakukan oleh sebagian kecil blogger, tapi tidak seramai dulu.

Tampilan Kebanyakan Blog Zaman Dulu Terkesan “Norak” Karena Banyak Hiasan

Ini saya rasakan ketika dulu banyak blog yang dihias sedemikian rupa oleh pemiliknya mulai dari gaya kursor, widget yang ramai, hingga musik. Mungkin pada waktu itu orang-orang ingin mengekspresikan dirinya, mengingat saat itu mereka baru saja mengenal internet dan blog. Sedangkan blog zaman sekarang terkesan simpel, rapi, loading cepat, dan mengutamakan konten. Saya kira orang-orang yang dulunya menghias blognya sudah sadar kalau itu merupakan hal yang unfaedah.

Motivasi Blogger Zaman Dulu Adalah Sharing Alias Berbagi

Dulu, belum dikenal yang namanya Google Adsense dan yang lainnya. Kita tahu Google Adsense baru mendukung blog Bahasa Indonesia sejak 2012. Sebelum itu, para blogger zaman dulu kebanyakan ngeblog murni karena mereka senang menulis dan berbagi serta “pamer” tampilan blog mereka. Blogger zaman sekarang meskipun tidak semua, memasang iklan adsense (termasuk saya). Hal tersebut tidak salah selama masih terus membuat tulisan alias konten yang terus update.

Blogger Zaman Dulu Rajin Tukar Link

Budaya lama blogger yang sudah mulai ditinggalkan lainnya adalah saling tukar link dengan blogger lain untuk meningkatkan SEO Blog, juga untuk menambah teman. Tapi sekarang metode tersebut sudah dianggap tidak efektif lagi oleh sebagian blogger yang sudah berpengalaman.

Nah, apa lagi ya perbedaan blogger zaman dulu dan sekarang?

11 Comments

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *