Inilah 5 Media Sosial Paling Banyak Digunakan Di Indonesia 2019, Instagram Masih di Bawah

Media Sosial di Indonesia telah mengalami perjalanan yang cukup panjang sejak kehadiran Friendster sekitar awal 2000an yang lalu. Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi smartphone, masyarakat yang dulunya hanya bisa mengakses media sosial lewat komputer pribadi atau di warnet, kini bisa diakses dari smartphone dan bisa digunakan di mana saja.

Ada perbedaan antara Indonesia dan dunia secara keseluruhan mengenai media sosial mana saja yang paling banyak digunakan. Berikut ini adalah 5 media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia pada 2019 ini menurut data yang diambil dari salah satu situs terpercaya penyedia data statistik dunia teknologi Global Stat.

1. Twitter (39,39%)

Meskipun diberitakan pengguna aktif Twitter berkurang, namun penggunanya di Indonesia di Indonesia sampai saat ini masih cukup tinggi. Sejak berdiri pada 2007 yang lalu, platform yang awalnya menjadi micro-blogging ini memang menarik perhatian netizen Indonesia. Itu dikarenakan di Twitter tidak ada batasan baik untuk follower maupun following. Meskipun sudah cukup banyak para tokoh publik seperti artis yang sudah mulai berpindah ke Instagram, Twitter Indonesia masih ramai dengan trending topic yang silih berganti.

2. Facebook (34,39%)

Media Sosial milik Mark Zuckerberg ini punya lebih dari 1,5 milyar pengguna dan nampaknya hingga saat ini para penggunanya masih betah dalam menggunakan Facebook. Entah apa yang membuat Facebook terus bertahan hingga sekarang. Di Indonesia sendiri saat ini Facebook masih menjadi media sosial kedua paling banyak setelah Twitter. Namun sayangnya akhir-akhir ini Facebook sering disalah gunakan untuk menyebar hoax dan ujaran kebencian sehingga meresahkan sebagian pengguna.

3. Instagram (8,93%)

Media sosial berbagi foto ini berdiri sejak 2010, dan telah diakuisisi oleh Facebook. Instagram menjadi sangat populer di Indonesia sejak smartphone menjadi semakin murah. Pengguna Instagram di Indonesia punya karakter suka sharing layaknya selebriti yang membuat Instagram Story dan foto-foto di tempat yang menarik. Meski demikian ternyata jumlah pengguna Instagram masih dibawah Facebook.

4. Youtube (8,49%)

Semenjak banyak orang mengetahui Youtube bisa menghasilkan uang, semakin banyak channel Indonesia bermunculan. Ditambah lagi dengan harga smartphone dan kuota yang semakin murah, Youtube semakin banyak digunakan di negeri ini. Para Youtuber di Indonesia pun kini bisa punya jutaan subscribers. Kini semakin banyak drama-drama yang dilakukan para Youtuber Indonesia yang membuat Youtube tanah air semakin riuh.

5. Pinterest (7,55%)

Di posisi kelima ada Pinterest dengan jumlah persentase 7,55%. Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Meski terdengar underrated di Indonesia, Pinterest ternyata masuk dalam lima besar media sosial yang paling banyak digunakan menurut data Global Stat. Pinterest memang salah media sosial yang terus bertahan berkat segmen pasar yang jelas dan fitur yang unik.

Sumber Referensi:

gs.statcounter.com/social-media-stats/all/indonesia

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *