Berapa Modal Untuk Menjadi Blogger Profesional? Berikut Rinciannya

Menjadi seorang full time blogger atau blogger profesional memang tidaklah mudah, butuh perjuangan yang cukup berat namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Sebenarnya untuk awal-awal tidak perlu langsung menjadi full time blogger karena menjadi part time blogger dulu saja juga bisa. Di era sekarang ini banyak orang berbondong-bondong untuk menjadi Youtuber karena menghasilkan uang yang banyak. Tapi rasanya dunia ini khususnya negara tercinta ini masih butuh blogger berkualitas di tengah gencarnya media-media besar menghasilkan informasi yang semakin cepat.

Menjadi blogger untuk bisa berpenghasilan masih terbuka lebar selama masih banyak orang mencari informasi bebasis teks di internet plus masih ada penyedia iklan khususnya Google Adsense, maka profesi ini masih menjanjikan. Berbicara mengenai untuk memulai untuk menjadi seorang blogger, sebenarnya masih ada orang yang bertanya-tanya, berapa sih modal untuk menjadi blogger? Jawabannya gratis pun bisa! Ya, bermodalkan smartphone dan platform Blogger, anda sudah bisa menjadi seorang blogger.

Tapi tunggu dulu! Jika ingin serius mendalami untuk menjadi seorang blogger maka yang gratisan sebenarnya tidak direkomendasikan, karena untuk melihat seberapa seriusnya anda maka harus lebih terlihat profesional. Artinya, blog berbayar sangat penting dalam hal ini. Berapa sebenarnya biaya untuk memulai menjadi seorang blogger? Bervariasi, namun berikut ini adalah contoh estimasinya.

1. Nama Domain

Seorang blogger yang terpercaya harus mempunyai nama domain sendiri, kurang afdol rasanya kalau hanya mempunyai sub domain gratis atau hanya domain TLD gratisan seperti .tk, sangat tidak disarankan. Lalu, berapakah harga untuk bisa membeli domain? Bervariatif dan tergantung ekstensi nama domain serta tempat pendaftaran (registrar) domain tersebut. Yang disarankan adalah domain .com karena memang masih menjadi ekstensi nama domain yang paling banyak digunakan melebihi 150 juta website di dunia. Atau juga bisa menggunakan .net sebagai pilihan kedua. Untuk pilihan kedua bisa memilih ekstensi domain .id yang merupakan ekstensi top level domain untuk Indonesia walaupun harganya lebih mahal. Kita anggap ambil saja domain .com: 115 ribu/tahun. Harga tersebut adalah yang saya ambil dari IDWebhost

2. Hosting

Domain dan hosting adalah bagian terpenting untuk membangun blog jika ingin terlihat lebih profesional, setelah membeli domain kita harus membeli web hosting. Baik itu di layanan penyedia hosting luar negeri maupun Indonesia. Saya menyarankan untuk menggunakan penyedia hosting Indonesia dan servernya yang berlokasi di Indonesia kecuali jika blog anda ditargetkan untuk pengunjung dari luar negeri. Banyak penyedia hosting yang menawarkan harga murah dengan paket hosting yang menggiurkan, Anda bisa mencari yang terbaik menurut anda berdasarkan review di internet. Situs penasihat hosting menempatkan Niagahoster sebagai yang tertinggi dan paling direkomendasikan sebagai penyedia layanan hosting di Indonesia. Maka, kita asumsikan saja akan membali layanan hosting di Niagahoster.

Di Niagahoster sendiri menyediakan berbagai paket hosting sesuai kebutuhan anda. Ada beberapa paket yang bisa dibeli. Saat artikel ini ditulis, paket yang cocok untuk blogger pemula adalah paket Personal dengan biaya 625.500/tahun, itu adalah harga diskon. Saya sarankan langsung order dalam satu tahun karena toh di Niagahoster ada jaminan 30 hari uang kembali jika anda tidak puas dengan layanan mereka. Di Niagahoster sendiri, minimal pembayaran adalah per 6 bulan.

3. WordPress dan Theme Premium

WordPress memang menjadi platform website paling populer di dunia dan banyak digunakan oleh para blogger profesional karena sangat mudah untuk digunakan. Sedangkan untuk theme sendiri memang sangat bisa menggunakan theme gratisan yang sangat banyak dan tersedia di direktori resmi wordpress. Namun lagi-lagi jika ingin terlihat profesional, maka belilah theme premium. Banyak penyedia theme premium seperti Mythemeshop atau Themeforest. Dari Indonesia juga ada penyedia theme premium seperti idtheme. Harganya bervariasi, tergantung anda ingin membangun blog dengan niche apa. Kita asumsikan membeli theme premium yang seharga Rp. 450.000, itu adalah harga rata-rata theme premium terbaik saat ini.

Nah, mari sekarang kita jumlahkan.

Domain: Rp. 115.000

Hosting: Rp. 625.000

Theme Premium: Rp. 450.000

: Rp. 1.190.000

 

Itu adalah rincian biaya awal blog saya yang satu lagi. Sementara untuk media menulisnya sebenarnya cukup dengan smartphone karena WordPress sudah tersedia aplikasinya. Untuk mendesain tampilan WordPress memang memerlukan PC/Laptop namun bisa juga di warnet, karena yang terpenting dalam blog adalah konten alias tulisan. Artinya anda akan lebih banyak menulis daripada otak-atik tampilan website. Ingat, konten adalah raja.

2 Comments

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *