Inilah 5 Jaringan Bioskop Cineplex Terbesar Di Indonesia

Industri perfilman tak bisa lepas dari yang namanya bioskop. Bioskop sendiri sudah ada di Indonesia sebelum era kemerdekaan. Memasuki masa kemerdekaan, bioskop di Indonesia semakin banyak namun awalnya kebanyakan bioskop berdiri sendiri dan tidak seperti sekarang yang mempunyai jaringan serta berbentuk cineplex. Sekarang ini bioskop di Indonesia turut andil dalam industri film dan membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan akses untuk menonton film terbaru. Terlebih setelah bertambahnya bioskop, jumlah penonton film Indonesia semakin tinggi setiap tahunnya dan dalam tiga tahun terakhir film-film Indonesia yang masuk 5 besar box office selalu mendapatkan jumlah penonton lebih dari satu juta penonton. Sebenarnya ada cukup banyak perusahaan bioskop di Indonesia namun di bawah ini adalah 5 jaringan bioskop yang dianggap terbesar di negeri ini.

1. Cineplex 21

Jaringan bioskop 21 merupakan yang terbesar di Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya lebih mengenal 21 daripada jaringan bioskop lainnya dikarenakan Cineplex 21 menjangkau berbagai kota di seluruh tanah air sehingga kata “21” seolah menjadi merk generik untuk bioskop besar. Cineplex 21 grup berdiri sejak 1987 dan menjadi pelopor jaringan bioskop cineplex di Indonesia. Kini Cineplex 21 Group tengah getol membangun bioskop di kota-kota yang belum punya bioskop agar industri perfilman di Indonesia semakin berkembang. Cineplex 21 terbagi dalam tiga kelas yaitu Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere.

2. Cinemaxx

Cinemaxx bisa dibilang adalah jaringan bioskop yang terhitung baru karena baru berdiri sejak 2014 yang lalu. Namun Cinemaxx punya perkembangan yang sangat pesat dan kini sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Jaringan bioskop Cinemaxx menargetkan 2000 layar agar bisa menjangkau lebih banyak penonton film di tanah air. Cinemaxx yang berada di bawah naungan Lippo Group jelas punya akses yang memudahkan agar jaringan bioskop ini bisa bersaing ketat dengan Cineplex 21 dan yang lainnya. Cinemaxx punya tipe studio Cinemaxx Reguler, CInemax Gold, Ultra XD, dan Cinemaxx Junior.

3. Platinum Cineplex

Belum banyak orang yang mengenal Platinum Cineplex. Jaringan bioskop yang satu ini memang baru hadir di enam kota yaitu Baturaja, Bitung, Cibinong, Magelang, Sidoarjo, dan Solo. Pemilik jaringan bioskop ini adalah Raam Punjaabi yang merupakan pendiri rumah produksi Multivision Plus. Meski demikian jaringan bioskop ini diprediksi akan semakin besar terlebih Platinum Cineplex sudah ada di Timor Leste, Vietnam, dan Kamboja.

4. New Star Cineplex

Jaringan bioskop yang sering disingkat NSC ini sudah punya cineplex di berbagai kota dan setidaknya tersebar di 16 lokasi di Indonesia di antaranya adalah Sidoarjo, Kudus, Pasuruan, Jember, Madiun, Banyuwangi, Bojonegoro, dan Banjar Patroman. Belum diketahui info bagaimana jaringan bioskop ini berdiri karena sulitnya penulis mencari info tentang bioskop. Di situs resminya tidak ditampilkan info bagaimana sejarah perusahaan itu berdiri dan hanya menampiklan jadwal film yang sedang tayang. Namun yang pasti NSC tak kalah dengan Cineplex 21 dalam memutar film terbaru.

5. CGV

Saingan terberat Cineplex 21 ini dulunya bernama Blitzmegaplex namun mengubah namanya menjadi CGV setelah bekerja sama dengan jaringan bioskop besar asal Korea Selatan. CGV sudah tersebar ke berbagai kota di tanah air dan jumlahnya bersaing dengan Cineplex 21. CGV menghadirkan inovasi untuk tipe-tipe studio dan teknologi yang digunakan antara lain adalah  seperti 4DX, Sphere X, Sky Gallery, Gold Class, Sweetbox, dan  Self Ticketing Machine.

Semakin banyak kota yang ada bioskop besarnya, maka semakin besar pula kesadaran para penonton Indonesia untuk tidak menonton film bajakan. Karena salah satu faktor kenapa pembajakan film di negeri ini adalah sulitnya masyarakat kita menonton film secara legal. Dulu, jumlah penonton film Indonesia tidak sebanyak sekarang tapi sekarang mencapai satu juta penonton adalah hal yang sudah biasa.

 

6 Comments

Ayo Berkomentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *