Teknologi

Tips Sebelum Membeli Smartphone Android

Bicara tentang smartphone berarti berbicara tentang kebutuhan hidup manisia modern di era sekarang ini yang memang seakan sudah menjadi kebutuhan primer di mana smartphone bisa melakukan apapun untuk membantu memudahkan aktifitas sehari-hari selain menelepon dan mengirim pesan, kini juga smartphone berperan sebagai media hiburan dan semuanya, mulai dari bermain game, memesan tiket pesawat & kereta, mobile banking, memesan transportasi online, belanja online, dan masih banyak lagi. Untuk itu artikel ini akan mencoba membahas bagaimana tips membeli smartphone Android bagi pemula sesuai kebutuhan agar nantinya tidak menyesal atau malah tidak cocok dan dijual lagi. Tips membeli smartphone Android di bawah ini dibuat berdasarkan apa dan bagaimana kebutuhan si pengguna itu sendiri. Berikut ulasan singkatnya:

1. Tentukan Untuk Kebutuhan Apa Saja

Anda yang ingin membeli smartphone terbaru tentu saja punya tujuan dan kebutuhan masing-masing bukan? Apakah anda ingin membeli smartphone hanya untuk sekedar menggunakan sosial media dan chatting dengan teman-teman? Atau membeli Android untuk berselfie ria dengan kamera yang bagus? Atau untuk bermain game-game HD karena kamu seorang gamer? Atau mungkin semuanya? Tentukanlah karena nantinya kamu tidak bingung saat memilih brand dan spesifikasi smartphone Android.

2. Tentukan Budget

Seberapa besar dana anda untuk membeli smartphone Android? Saat ini smartphone murah berkualitas ada di kisaran harga 1-2Juta. Jadi jika dana anda masih kurang dari satu juta, lebih baik menabung atau ditambah dulu. Ingat, Android zaman sekarang perlu spek minimal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Minimal RAM 1GB adalah hal yang mutlak, dan direkomendasikan minimal 2GB. Jika dana anda lebih dari dua juta, lebih baik membeli Android yang Branded daripada yang abal-abal. Jika dana anda cukup untuk membeli Android flagship, pastikan dulu apakah anda benar-benar membutuhkannya? Tapi itu semua terserah anda, toh itu uang anda juga.

3. Tentukan Spesifikasi Yang Sesuai Kebutuhan

Jika anda hanya butuh Android untul sosmed dan chatting, RAM 1GB dan Quad Core itu sudah cukup, tentunya akan murah. Tapi lihat kapasitas baterai juga. Jika anda butuh Android untuk berselfie ria, fotografi sederhana, live streaming, pilihlah kamera dengan sensor dan lensa berkualitas tinggi, ingat BUKAN PILIH MEGAPIXEL tinggi. Suatu kesalahan besar jika mengukur kualitas kamera hanya dari resolusi MP saja. Cara menentukan kamera bagus atau tidak, lihatlah lensa dan sensor apa yang digunakan dan googling lensa dam sensor apa saja yang terkenal kualitasnya. Jika anda butuh Android untuk gaming, jangan tanggung-tanggung untuk membeli Android dengan GPU kelas dewa seperti NVIDIA ataupun Mali seri kelas atas. Pilihlah RAM minimal 3GB, rekomendasi minimal 4GB. Untuk Procie pilihlah Snapdragon seri menengah atas, tapi jangan lupa sesuaikan dengan budget.

4. Tentukan Brand

Pilihlah brand yang tak hanya anda sukai, tapi lihat reputasi vendor tersebut, baik itu lokal atau global. Saran saya pilih lah brand global karena kualitas tidak akan membohongi. Sekarang jika melihat spesifikasi, brand terkadang menjadi tidak penting mengingat banyak sekali vendor asal tiongkok yang menawarkan harga murah dengan kualitas dan spek yang wah. Jadi carilah vendor global ternama dengan spek yang tinggi namun harga yang lebih murah, jadilah pembeli yang cerdas.

5. Beli Yang Garansi Resmi

Sekarang memang sudah banyak beredar smartphone dengan garansi distributor dan tidak resmi, alasannya karena tidak memenuhi TKDN. Alasan lebih baik membeli yang resmi adalah terjaminnya layanan purna jual dan tidak perlu repot-repot mengecek ROM Global atau abal-abal (untuk Xiaomi).

Itulah ulasan singkat dari saya seputar tips membeli smartphone Android bagi pemula.

Semoga bermanfaat.