Featured, Superhero

Profil Superhero DC: Superman alias Man Of Steel

Superman merupakan tokoh supehero yang sangat terkenal dan merupakan  yang paling berpengaruh di muka bumi sehingga gara gara superman nantina banyak supeerhero-superhero lain bermunculan. Superman sejak kemunculannya, sudah menjadi icon nasional bagi Amerika Serikat dan telah menjadi budaya populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia dan juga menjadi lambang kesempurnaan.

Superman pada awal atau pertama kali muncul dalam Action Comics bukanlah seperti superhero yang kita kenal sekarang, melainkan seorang tokoh jahat yang botak dan psikopat. Namun pada saat itu kurang mendapatkan respon dari para pembaca kemudian pihak Action Comic mengubahnya menjadi superhero yang bisa terbang dengan kekuatan yang sangat kuat layaknya dewa.

Superman diciptakan oleh komikus Joe Shuster yang bekerja sama dengan Jerry Siegel pertamakalinya pada tahun 1932 dan menjualnya kepada Detectice Comics atau yang sekarang kita sebut sebagai DC Comics pada tanggal 30 Juni 1938 dalam Action Comcs edisi #1. Sekarang eksemplar asli komik pertama Superman tersebut sudah sangat langka dan berharga sampai ratusan milliar. Pada saat itu, tokoh Superman tidak serta merta langsung terkenal dikarenakan Action Comics adalah masih pruduk baru dan para pelanggan masih lebih memilih Detective Comics yang merupakan produk yang lama dan laris ketika itu, namun perlahan tapi pasti, Superman akhirnya semakin terkenal dan membuat Action Comics meledak di pasaran. Sejak saat itulah Superman mulai merambah dunia selain komik, seperti televisi, pernak-pernik hingga layar lebar. Dan beberapa tahun sejak itu, munculah beragam suphero-superhero lain dari DC dan juga ditiru oleh saingannya Marvel Comics

Awal cerita atau asal-usul Superman adalah dia bernama asli Kal-al dan lahir di planet Krypton dengan ayah bernama Jol-el dan ibu bernama Lara. Jol-el melnucurkan Kal-el yang masih bayi ke Bumi dengan menggunakan kapsul saat planet Krypton mengalami kehancuran, dengan kata lain ayah dan ibunya beserta penduduk Krypton yang lain tewas. Kal-el kemudian ditemukan ditemukan di sebuah ladang oleh pasangan suami-istri yang belum mempunyai anak, mereka adalah Jonathan Kent dan Martha Kent. Mereka memutuskan untuk merawatnya dan menutupi identitas yang sebenarnya dengan memberi nama Clark Kent. Jonathan dan Martha sangat menyayangi Clark Kent dengan sepenuhi layaknya anak kandung sendiri. Menjelang dewasa, Clark perlahan mengetahui kalau dirinya bukanlah manusia biasa karena merasakan kekuatan yang sangat luar biasa dan akhirnya menjadi Superman ketika dia mengetahui jatidirinya bahwa dia adalah penduduk Krypton yang tersisa.Superman menyamar menjadi Clark kent dan bekerja sebagai wartawan di Daily Planet dan bertemu dengan Louis Lane yang merupakan wanita yang mampu membuatnya jatuh cinta dan menjalin asmara dengannya. Superman pun mulai memberantas kejahatan dari musuh-musuhnya termasuk dari Lex Luthor.

Pada awalnya kostum Superman tidak terdapat logo S di dadanya dan seiring berjalannya waktu logo itupun dimasukan oleh sang Kreator Joe Shuster. Arti dari logo S itu sendiri itupun sampai sekarang mempunyai pandangan yang berbeda-beda, mulai dari sekedar singkatan dari Superman, hingga mengandung arti lain yang mengarah pada bahasa planet Krypton.

Kepribadian dari Superman pada awalnya merupakan superhero yang sangat kasar dan sadis, yang tak segan menghabisi para kriminal seperti bandit, gangster hingga mafia. Superman pada awalnya mempunyai attitude yang buruk dan agresif dan lebih cocok disebut sebagai anti-hero, dia bisa membabi buta menghancurkan para kriminal tanpa mempedulikan dampak yang akan ditimbulkan. Melempar penjahat seenak jidatnya dari ketinggian, hingga menyebabkan kehancuran dan menimbulkan bahaya yang berdampak pada orangh-orang yang tidak berdosa. Akhirnya pihak editor dari Action Comic meminta Joe dan Siegel untuk memberikan kode etik dan aturan pada superhero yang dimilikinya. Superman berkebalikan dari sifat dan kepribadian Batman yang saat itu dicap sebagai superhero yang suka main hakim sendiri walau pada akhirnya sikap kasar dari Batman itupun berkurang juga.

Berikut adalah biodata dan data dari Superman

  • Nama Asli: Kal-El
  • Alter Ego: Clark Kent
  • Nama Julukan:¬† Man of Steel, Man Of Tomorrow,Last son of Krypton
  • Pekerjaan biasa: Wartawan, penulis, Kolomnis
  • Afiliasi/Organisasi: The Justcie League
  • Tempat tinggal: Metropolis, Amerika Serikat
  • Kekuatan: Kemampuan manusia super dan bisa dikatakan mempunyai kekuatan dewa, terbang bahkan sampai ke angkasa, daya tahan super, membekukan objek, membakar objek dengan mata, cerdas, regenerasi cepat, umur panjang, kemampuan sinar x, dll.

Superman tinggal di kota fiksi bernama Metropolis yang digambarkan sebagai kota yang selalu cerah dan futuristik, atau kebalikan dari kota Gotham. Dia bekerja sebagai wartawan di koran Daily Planet bersama kekasihnya Louis Lane yang juga seorang kolomnis. Ketika ada bahaya mengancam, Clark Kent akan pergi ke tempat sepi dan merubah dirinya menjadi Superman. Musuh bebuyutannya adalah Lex Luthor yang selalu mengancam keselamatan dunia.

Sejak periode 40an Superman sudah diperankan oleh banyak aktor dan sudah diangkat beberapa kali ke dalam film layar lebar maupun serial televisi. Dan itu akan kita bahas di artikel berikutnya.