Featured, Superhero

Profil Superhero DC: Batman Alias The Dark Knight

Selain Superman, DC Comics mempunyai anak emas yang sangat dibanggakan dan juga telah menjadi icon dunia komik superhero di seluruh dunia dan juga icon nasional Amerika Serikat. Siapa lagi kalau Batman alias si manusia kelelawar. Kalau ditanya siapa dulu yang muncul, Superman atau Batman yang jelas jawabannya adalah Superman yang pertama kali muncul tahun 1938 di Action Comic, sedangkan Batman muncul satu tahun kemudian di Detective Comic, di sini sudah terlihat bahwa sebenarnya Batman pada awalnya adalah seorang detektif. Sudah berulang kali diangkat ke layar lebar dari zamannya Tim Burton Hingga Zack snyder Batman dulunya mempunyai sejarah yang panjang seperti seniornya di DC, Superman. Bedanya jika Superman membutuhkan waktu yang tidak sebentar supaya menjadi terkenal maka Batman ketika pertama kali muncul langsung menuai kepopuleran yang tinggi karena keunikan dari tokohnya sendiri dan cerita yang sangat bagus.

Batman muncul pertama kali dalam Detective Comics #27 Mei 1938 dan diciptakan oleh komikus Bob Kane dan ceritanya ditulis oleh Bill Finger, dalam edisi pertamanya tersebut membuat Detective Comics menjadi laku keras. Dalam komik pertamanya itu diceritakan kalau Bruce Wayne yang merupakan anak konglomerat yang super kaya di kota Gotham harus menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh oleh penjahat, trauma yang sangat mendalam dan dendam yang ada pada diri Bruce Wayne membuat dirinya untuk menjadi Batman dan memberantas kriminalitas pada malam hari. Bruce menutupi identitas dirinya sebagai Batman kecuali pada pelayan setianya, Alfred Pennyworth. Berbeda seperti supehero kebanyakan, Batman tidak mempunyai kekuatan manusia super. Bruce Wayne hanyalah manusia biasa yang mempunyai kekayaan yang melimpah dan nyaris tak terbatas, mempuniai kecerdasan tingkat tinggi dan mempunyai ilmu beladiri dan skill bertahan hidup yang luar biasa serta mempunyai ilmu ninja dan menyelinap.

Berkat kecerdasannya, Bruce Wayne yang dibantu oleh pelayan setianya, Alfred Pennyworth dan keuangan yang nyaris tidak terbatas, dia membuat alat-alat super canggih seperti batmobile, batarang, batwing, markas batcave dll untuk menunjang aksinya memberantas kejahatan pada malam hari. Seiring berjalannya waktu, desain kostum Batman dalam komik selalu berubah-ubah mulai berwarna abu-abu hingga hitam kelam. Citra cerita Batman yang kelam dan gelap diyakini menjadi ciri khas Batman dibanding superhero-superhero milik Marvel. Dalam DC Comics Batman adalah anggota dari Justice League yang dipimpin oleh Superman dan menyumbang dana yang besar untuk keberlangsungan operasionalnya. Berikut adalah data diri dari Batman aka Bruce Wayne.

  • Nama Asli: Bruce Wayne
  • Pekerjaan: CEO Wayne Enterprises, Ketua Yayasan Wayne, Konglomerat, Playboy, Filantropis
  • Alamat: Gotham City, Amerika Serikat
  • Kekuatan: Kecerdasan tingkat tinggi (Jenius), Fisik dan stamina dia atas rata-rata manusia normal, ahli beladiri, ahli ilmu ninja, ahli pedang, ahli menyamar, ahli sains dan teknologi, pembuat senjata-senjata canggih, ahli teknik penyamaran, kemampuan dan insting detektif dlll.
  • Afiliasi: Justtice League
  • Partner: Robin, Superman, Wonder Woman
  • Musuh Bebuyutan: Joker

Pada awalnya kemunculan komik Batman disebabkan pihak editor dari DC Comics yang menginginkan sosok superhero untuk Detective Comics yang berbeda dan tapi sebagus Superman yang sudah ada di Action Comics, dengan Bob Kane yang berkolaborasi dengan Bill Finger langsung menciptakan tokoh Batman dan seketika itu pula Batman langsung terkenal dan semakin meruncingkan persaingan dengan Marvel Comics yang pada saat itu seperti kebingungan.

Karakter Bruce Wayne sendiri adalah pria kaya raya yang playboy yang dekat dengan banyak wanita, dermawan, dan suka berfoya-foya, tapi di balik itu semua dia menyimpan rasa trauma dan kesepian semenjak kedua orang tuanya dibunuh. Dalam beberapa edisi dan versi komiknya ketika beraksi menjadi Batman, dia berkepribadian dingin dan tak segan main hakim sendiri terhadao musuh-musuh ya walau tak sampai membunuhnya karena perlahan dalam edisi berikutnya, Batman justru membantu kepolisian Gotham untuk menangkap para pelaku kriminal. Gotham adalah kota fiksi yang digambarkan dengan nunsa gelap, suram dan dengan angka kriminalitas yang tinggi, kebalikan dari kota Metropolisnya Superman.

Batman akan datang apabila kepolisian Gotham yang dipimpin oleh James Gordon menyalakan Batsignal yang disimpan di atas gedung kepolisian dan memancarkan logo kelelawar ke langit kota Gotham. Selain penjahat kelas teri yang selalu diberantas oleh Batman, dia juga mempunyai musuh-musuh besar yang selalu munculberulang kali dalam komik maupun film, musuh-musuh tersebut mempunyai karakter dan ciri khas, seperti Penguin, The Ridler, Cat Woman, Mr Freeze,  Two-Face dan yang paling terkenal adalah si badut psikpat, Joker.

Kostum Batman pada awalnya berwarna abu-abu lalu berubah menjadi warna hitam dan dengan jubah seperti kelelawar. Dalam Justcie League, Batman lebih terlihat sebagai “otak” dari semua tindakan atau yang mengatur semua strategi ketimbang menggunakan kekuatan fisiknya yang jelas akan kalah telak oleh Superman atau bahkan Aquaman.  Bruce Wayne adalah penggagas dari Justice League bersama Diana Prince (Wonder Woman) dan Superman yang kemudian mereka merekrut superhero lainnya seperti Flash, Cyborg dll. Sesekali Batman juga harus berhadapan dengan musuh Superman, Lex Luthor.

Film Batman pertama kali dibuat pada tahun 1989 yang disutradarai oleh Tim Burton. Sedangkan pertamakali Batman merambah layar televisi adalah pada tahun 1960an yang dibintangi oleh Adam West. Aktor-aktor pemeran Batman kita akan bahas pada artikel berikutnya.