Star Wars Episode V: Empire Strikes Back (1980)

Kesuksesan luar biasa pasca dirilisnya Star Wars (1977) membuat Lucas Film harus membuat lanjutannya dan dirilis pada 1980 dengan judul Star Wars: Empire Strikes Back dan setelah munculnya prequel trilogy film ini menjadi Star Wars Episode V. Empire Strike Back ada di urutan kelima menurut timeline dan kedua menurut tahun perilisan.

Kali ini George Lucas mempercayakan kursi sutradara pada Irvin Kershner dan Kershner mampu mengangkat Star Wars ke level yang jauh lebih tinggi dengan cerita nan epik serta membuat plot twist yang paling terkenal dalam sejarah pefilman dunia. Jika di seri pertamanya ‘hanya’ berisi petualangan seru menyelamatkan dunia maka dalam Empire Strike Back ini jalinan cerita sungguh sangat brilian dan tertata apik.

Tiga tahun pasca pertempuran yang dimenangkan oleh para pemberontak yang disebut The Rebels, pimpinan Leia Organa (Carrie Fisher), The Rebels yang di dalamnya termasuk Luke Skywalker (Mark Hamill) dan pilot Milenium Falcon, Han Solo (Harrison Ford) membangun base baru mereka di planet es bernama Hoth, sejalan dengan itu The Empire yang murka terus memburu The Rebels untuk dimusnahkan.

Saat Luke sedang mencari sesuatu di luar dan cuaca yang sangat ekstrim. Luke ditangkap oleh wampa (makhluk planet Hoth) ia berhasil melarikan diri menggunakan kekuatan force untuk menangkap Lightsaber miliknya dan memutuskan tali yang mengekang dirinya dengan lightsaber tersebut, namun di perjalanan Luke kedinginan, saat nyaris pingsan, Luke melihat hantu Obi-Wan Kenobi yang menyuruhnya untuk menemui Yoda sang mas jedi di Dagobah. Han Solo yang datang mencari Luke akhirnya menemukan Luke yang sudah pingsan kedinginan.

Singkat cerita Luke pergi ke Dagobah untuk menemui Yoda dan terjadi pertempuran antara Rebels dan Empire saat pasukan Darth Vader mengetahui tempat persembunyian mereka. Adegan pertempuran di sini bisa dibilang istimewa karena tentunya sangat sulit untuk membuat adegan pertempuran sebesar ini di tahun 1980.

baca juga:  Tips Menonton Seri Film Star Wars Dengan Urutan Yang Benar

Luke harus berlatih keras dalam waktu yang sangat singkat untuk menjadi seorang jedi di tengah prahara yang terjadi di galaxy sana. Artinya Luke adalah orang yang harus mengalahkan Darth Vader dan Empire Palpatine yang jahat, mampukah Luke mengemban tugas itu?

Seri Empire Strike Backs disebut sebagai episode terbaik sepanjang masa dengan jalinan cerita yang sangat apik, adegan Luke Skywalker melawan Darth Vader adalah adegan yang iconic, di sinilah plot-twist besar yang mengubah nasib Luke Skywalker terjadi. Plot itu pula yang membuat Star Wars naik level.

Empire Strike Back meraih Piala Oscar untuk tata suara terbaik serta sederet penghargaan lainnya di tahun 1981.

Star Wars Episode V: Empire Strikes Back adalah film opera luar angkasa yang benar-benar megah dengan klimaks yang sangat epik di akhir film.

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi