Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Dalam rangka menyambut Star Wars Episode VIII, kali ini saya akan membahas seri star wars dari awal rilisnya yaitu Star Wars Episode IV: A New Hope yang dirilis pada 1977 silam. Star Wars adalah franchise film opera luar angkasa karya George Lucas yang sudah menjadi masterpiece, icom budaya populer Amerika Serikat dan tentunya mempunyai banyak fans.

Star Wars pertama yang dirilis tahun 1977 ini sebenarnya pada awalnya hanya dibuat untuk satu film saja dan tidak direncanakan untuk dibuat sekuelnya. Jadi judul awalnya hanyalah “Star Wars” tanpa embel-embel nama episode atau pun sub judul seperti yang kita kenal sekarang.

Star Wars dirilis pada 25 Mei 1977 dan langsung melambungkan nama Mark Hamill, Harrison Ford, dan Carrie Fisher sebagai trio pemeran protagonis dalam film ini. Star Wars: A New Hope disutradarai langsung oleh George Lucas dan semenjak dirilisnya prequel trilogy, film ini berjudul lengkap Star Wars Episode IV: A New Hope, sebagai awal dari original trilogy.

Diceritakan galaxy sedang dalam masa peperangan akibat pemberontakan terhadap empire yang dipimpin oleh Darth Sidious dan muridnya yang sangat terkenal di kalangan fans Star Wars, Darth Vader. Kapal pemberontak yang ditumpangi oleh Leia Organa (Carrie Fisher) diserang oleh Darth Vader dan pasukannya, di saat terdesak Leia memasukan data penting ke sebuah robot droid R2-D2, saat Leia tertangkap R2-D2 dan robot C-3PO berhasil melarikan diri dan terjatuh di planet gersang, Tatooine. Kedua robot itu ditemukan oleh kaum Jawa dan kemudian menjualnya di tempat penjualan robot rongsokan. Tak disangka R2-D2 dan C-3PO dibeli oleh Paman Ben saat ditemani oleh Luke Skywalker (Mark Hamill). Luke tinggal bersama bibi dan pamannya tersebut sampai ia mendapati sebuah rahasia besar yang disimpan dalam data R2-D2, bahwa ia harus menemui Obi Wan Kenobi (Alec Guinnes) karena dunia terancam bahaya akibat death star yang tengah dibuat oleh Empire, death star adalah benda raksasa yang dapat menghancurkan planet dengan seketika. Luke Skywalker bertemu dengan Obi Wan dan Obi Wan menjelaskan bahwa Luke harus menghentikan semuanya. Setelah paman dan bibinya tewas karena suatu insiden ia tak punya pilihan lain selain mengikuti Obi Wan.

baca juga:  Tips Menonton Seri Film Star Wars Dengan Urutan Yang Benar

Obi Wan dan Luke harus menyelamatkan putri Leia dan menghancurkan Death Star, di perjalanan mereka bertemu dengan pilot bernama Han Solo (Harrison Ford) dan asistennya yang merupakan wookie, Chewebacca. Singkat cerita Han Solo mau membantu mereka dengan kapal Millenium Falcon dan dimulailah petualangan dan pertempuran epic dan seru di luar angkasa.

Star Wars Episode IV telah mengalami beberapa remaster untuk perbaikan kualitas gambar dan suara. Film ini merupakan salah satu film yang paling berpengaruh dalam sejarah pefilman Amerika Serikat dan sering dijadikan referensi oleh film-film lain. Musik scoring gubahan John Williams membuat film ini semakin megah dan memorable. Adegan-adegan iconic pun tersaji seperti pertarungan antara Obi Wan dam Darth Vader dan lain-lain.

Star Wars IV mempunyai rating 8.7/10 di IMDb dari satu juta lebih voters. Jadi jika kamu mengaku movie lovers tapi belum nonton film klasik ini, rasanya keterlaluan. Soal kualitas saya tidak akan bicara banyak karena sudah pasti sangat bagus. Membuat adegan pertempuran di luar angkasa ada tahun 1977 jelas bukanlah perkara yang mudah.

Karena kesuksesannya, fans saat itu meminta kelanjutan filmnya dan proses produksi pun dimulai untuk merilis Star Wars: Empire Strike Back (1980).

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi