Review Anime: Isshuukan Friends (2014)

Ini merupakan postingan pertama saya yang bertemakan anime. Maklum, selain saya suka sekali nonton film-film hollywood dan membaca novel, saya juga menyukai anime.

 

Yang mau saya ulas kali ini adalah anime Ishuukan Friends (One Week Friends alias teman satu minggu. (Bukan teman satu malam). Manga-nya sendiri sudah terbit dari tahun 2012 dan berakhir pada tahun 2015. Ishuukan Friends (IF) dikarang oleh mangaka Matcha Hazuki dan diterbitkan oleh Square Enix. 

Anime berdemografi shounen ini berjumlah 12 episode dan menceritakan tentang seorang gadis SMA yang bernama Kaori Fujimiya. Kaori menderita penyakit short term memory lost atau gangguan ingatan jangka pendek. Lebih spesifiknya, Kaori akan lupa ingatannya tentang pertemanan atau orang-orang di dekatnya setiap satu minggu kecuali ingatan. keluarganya. Penyakit ini disebabkan oleh trauma masa SD Kaori yang menyangkut tentang masalah pertemanan. 

Yuki Hase seorang siswa laki-laki yang satu kelas dengan Kaori merasa bersimpati pada Kaori yang selalu menyendiri. Hase berusaha mendekati Kaori untuk berkenalan dan mengajaknya berteman. Tapi pada awalnya tentu tidak mudah bagi Hase untuk dapat berteman dengan Kaori yang seorang gadis introvert dan tidak punya teman. Alasan Kaori menjadi anti-sosial tentu saja beralasan karena Kaori tidak mau menyakiti orang-orang yang dekat dengannya, karena dalam satu minggu ingatan tentang pertemanan akan hilang. Hase tidak menyerah dia terus mendekati Kaori hingga akhirnya Kaori memberitahu alasannya menghindari pertemanan. Tapi Hase tetap tidak peduli dan malah tambah semangat untuk berteman dengan Kaori. Persahabatan mereka pun dimulai. Hase menyarankan Kaori untuk menulis semua yang tejadi tentang semua orang dekat yang dikenalnya lewat buku harian.

Kaori dan Hase berteman dan selalu berduaan di atap sekolah saat jam istirahat. ciyeee..?

Persahabatan mereka diwarnai dengan kehadiran Saki Yamagishi, seorang gadis berambut pendek dan bertubuh mungil yang menderita penyakit ingatan jangka pendek alias pelupa. Saki yang imut dan polos mendekati Kaori dan Saki yang selalu makan siang bersama di atap sekolah. Saki merasa senasib dengan Kaori dan mencoba untuk berteman dengannya. Ternyata Saki dari SD selalu jadi bahan bully dan ejekan karena penyakitnya membuat dirinya selalu bergantung pada orang lain. Saki menyukai dan tertarik pada Shogu Kiryu, temannya Hase. Karena menurutnya Shogu adalah laki-laki yang bisa menjaganya, Meskipun Shogu adalah seorang pria yang sangat dingin. Saki sadar bahwa Shogu adalah temannya semasa SD yang selalu membantunya ketika dia ditindas oleh teman-teman yang lain. 

baca juga:  Review: American History X (1998)

Saki Yamagishi, teman sekelas Hase dan Kaori yang menderita penyakit serupa dengan Kaori tapi Saki lebih parah. Dia menderita penyakit lupa dalam segala hal..

Intinya adalah IF menceritakan persahabatan keempat orang yang mempunyai sifat berbeda, tapi tetap yang paling ditonjolkan dalam cerita adalah hubungan Kaori dan Hase. Saya suka sekali anime ini terutama dari segi art dan cerita. Ya, anime ini seolah menjelaskan bahwa friendzone benar-benar ada. Hase yang mempunyai perasaan sayang pada Kaori tidak bisa mengungkapkannya karena terhalang oleh pertemanan dan komitmen awal. Terus terang saya begitu menikmati alur cerita IF ini. 

Lagu ending yang dinyanyikan oleh Seiiyu dari Kaori Fujimiya (Sora Amamiya) yang berjudul Kanade membuat saya semakin menikmati anime tentang friendzone paling nyesek ini. 

Friendzone forever 

Skor: 8.5/10

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi