5 Kelebihan Chromebook Dibandingkan Dengan Windows

Di Indonesia sendiri Chromebook yang merupakan laptop yang menggunakan Chrome OS ini memang kurang begitu populer, padahal di Amerika Serikat, Chromebook mendapatkan respon dan sambutan yang positif dengan angka penjualan yang semakain menaik setiap tahunnya.
Chromebook berbeda dengan Windows yang adalah sistem operasi tertutup. Meskipun memiliki sejumlah kekurangan, Chromebook nyatanya memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin membeli laptop dengan OS alternatif dan sedang mencari laptop yang murah namun dapat diandalkan dalam aktivitas terutama sebagai pengajar atau pun pelajar.

1. Harga Yang Lebih Murah


Karena Chrome OS adalah open source alias OS yang terbuka dan gratisan layaknya Android, otomatis harga jual yang dimiilki oleh Chromebook lebih murah dari laptop Windows. Ambil contoh Acer Chromebook 11 yang saat ini harganya berkisar 1,8 sampai 2 juta rupiah. Dengan spek yang mirip, laptop Windows mungkin akan berharga sekitar 3,5 juta rupiah atau lebih, Harga yang murah Chromebook juga karena Google menyasar pasar para pelajar dan mahasiswa.

2. Keamanan


Chrome OS adalah open source yang dibangun berbasiskan Linux, jadi akan kebal dengan serangan virus dan tingkat keamanan yang tinggi karena satu buah Chromebook bisa digunakan oleh banyak akun Google.Selain itu data yang disimpan di Chromebook juga akan mudah terback up melalui Google Drive

3. Portabilitas


Karena memiliki hardware yang tidak terlalu berat seperti laptop Windows kebanyakan, Chromebook sangatlah ringan dan tidak membuat kamu kerepotan di saat kamu membawanya ke mana-mana.

4. Cepat dan Ringan


Chromebook sangatlah cepat saat booting dan shut down, hanya membutuhkan waktu kurang dari 8 detik. Juga berlaku saat membuka tutup aplikasi di mana jarang terjadi crash. Ini dikarenakan program Chrome OS memang tidak seberat Windows.

5. Baterai Yang Lebih Awet


Karena mempunyai OS yang ringanm Chromebook mempunyai daya tahan baterai lebih lama dari laptop kebanyakan. Untuk yang paling murah seperti Acer Chromebook 11 saja, baterainya bisa bertahan 8 hingga 9 jam dengan pemakaian normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi