Featured, TV Series

TV Series: Mengulas Cerita Prison Break dari Season 1-4 (2005-2009)


Prison Break season 5 telah resmi mengudara dan tayang di channel Fox di Amerika Serikat dan beberapa pay tv. Dulu season pertama Prison Break sempat tayang di ANTV setiap malam minggu jam 9 pada tahun 2007 kemudian berpindah ke RCTI pada tahun 2009 setiap minggu tengah malam. TV Series ini meskipun minim adegan aksi, tapi berhasil mengundang ketegangan dan ‘gereget’ dari para pemirsanya dikarenakan mempunyai cerita yang orisinil, drama yang kental dan akting para pemain yang menawan, serta sederet konspirasi yang menyeret para tokohnya yang membuat cerita semakin kompleks namun sangat mudah dan menarik untuk diikuti di setiap episodenya. Sekarang saya akan membahas dulu Season 1 sampai 4 sebelum nantinya setelah season 5 berakhir saya akan mereview musim kelimanya. Season 5 nya sendiri dirilis setelah 8 tahun akhir dari cerita di season 4.

Season 1 

Season pertama Prison Break pertama kali tayang di Fox amerika pada tahun 2005 dan berjumlah 22 episode. Season 1 ini mengisahkan Michael Scofield yang sengaja merampok bank agar dia dijebloskan ke penjara Fox River (Lapas Fiksi) yang dikenal sebagai lapas terketat di Amerika Serikat. Scofield melakukan hal tersebut agar berusaha membawa kabur kakaknya, Lincoln Burrows yang dijebak atas pembunuhan kakak dari wakil presiden. Lincoln dijebak dalam rangka konspirasi organisasi bernama The Company dengan segala kelicikannya demi keuntungan besar yang didapat. Sebelum masuk penjara, Scofield sudah memetakan semua peta penjara Fox River dengan cara mentato seluruh badannya. Tindakan gila ini dilakukannya dengan segala resiko yang ada, terlebih Lincoln sudah divonis hukuman mati dan harus segera kabur. Scofield berusaha menemukan rekan di tengah ganasnya penjara Fox River, di sana dia menemukan teman dan musuh yang nantinya akan ikut kabur dari Fox River. Scofield bertemu dengan Fernando Sucre, teman satu selnya yang akan menjadi sahabatnya sekaligus orang yang pertama kali membantu Scofield. Scofield terpaksa harus bekerja sama dengan orang-orang yang “berpengaruh” di lingkungan Fox River, sebut saja mafia kelas kakap John Abruzzi, C-Note, Tweener, dan psikopat sadis dan licin, Theodor Bagwell alias T-Bag. Walaupun mereka saling membenci dan mempunyai kepentingan masing-masing  mereka bekerja sama agar dapat kabur dari Fox River. Di luar penjara, sahabat Scofield yang seorang pengacara bernama Veronica Donovan berusaha menyelidiki kasus Lincoln dan mengungkap fakta bahwa Lincoln memang dijebak oleh The Company karena kesalahan yang dilakukan ayahnya Lincoln yang dulunya bekerja untuk The Company. Di dalam penjara Scofield bertemu dengan dokter lapas, Sara Trancedi dan berteman dengannya lalu berpura-pura mengidap diabeter agar dia bisa mendapat akses ke klinik setiap hari. Akhir season kedelapan Napi yang disebut Fox River Eight termasuk Scofield dan Lincoln berhasil kabur dari Fox River.

Season 2

Musim kedua Prison Break berkisah delapan jam setelah Fox River Eight berhasil melarikan diri. Mereka kemudian berpencar satu sama lain untuk tujuan masing-masing dengan pihak berwenang yang secara ketat terus memburu mereka. Beberapa diantaranya (termasuk Michael dan Lincoln) berusaha mencari “harta karun” senilai 5 juta dollar hasil rampokan napi lain yang tewas sebelum pelarian, uang tersebut terkubur di suatu tempat. Di tengah perburuan dan pelarian, Michael dan Lincoln juga diburu oleh Brad Bellick, seorang sipir Fox River yang dipecat atas kelalaiannya. Alex Mahone seorang agen FBI mati-matian melacak keberadaan para buronan dan menginginkan 8 orang itu mati. Sara Trancedi berusaha untuk meyakinkan beberapa pihak bahwa Lincoln tidak bersalah, di dalam persidangan Paul Kellerman yang sebelumnya ada di pihak The Company memberikan kesaksian bahwa Lincoln dijabak, alhasil Lincoln Burrows dibebaskan. Akan tetapi Michael, T-Bag, Mahone, dan Bellick tertangkap di Panama saat mereka “bermain kucing-kucingan” dan dipenjara di lapas yang jauh lebih mengerikan dari Fox River, Sona. Anggota Fox River Eight yang lain beberapa diantaranya tewas sementara C-Note dan Sucre berhasil melarikan diri.

Season 3

Musim ketiga mengisahkan Lincoln Burrows yang sudah bebas dari penjara yang mencari cara agar Michael segerea keluar dari penjara Sona di Panama. The Company yang diwakili oleh Susan yang menculik LJ (anaknya Lincoln Burrows) dan kekasih Michael Scofield, Sara Trancredi menemui Lincoln dan memaksanya untuk menyuruh Michael membantu James Whistler kabur dari penjara Sona. Scofield mati-matian supaya bisa melakukannya dan dia dibantu oleh Sucre yang menyamar sebagai penjaga penjara. Penjara Sona jauh lebih mengerikan dari Fox River, di mama penjara tersebut hanya dijaga dari luar pasca kerusuhan besar. Artinya, hukum yang berlaku di penjara Sona adalah hukum Rimba. Akhir season, Scofield, Mahone, dan James Whistler berhasil kabur dari penjara Sona. T-Bag dan Bellick tertinggal di penjara dan Sucre terbongkar identitasnya yang akhirnya dia juga dijebloskan ke Sona. Michael mengetahui bahwa wanita yang dicintainya tewas di tangan The Company dan berniat melakukan balas dendam.

Season 4

Plot dari musim keempat ini adalah tentang usaha anggota National Security Agency (NSA) Don Self, yang merekrut sebuah tim untuk mendapatkan Scyilla, sebuah “benda yang bisa membongkar dari keboborokan The Company”. Michael, Bellick, Sucre, dan Mahone ditugaskan untuk membongkar semua kebusukan dari The Company dengan imbalan mereka semua akan dibebaskan dari tuntutan atas tindak pidana yang telah mereka lakukan. Saat menerobos markas The Company, mereka mendapat; bahwa Sara masih hidup. T-Bag bekerja untuk The Company dan Bellick tewas terbunuh. Akhir season mereka berhasil membongkar kebusukan The Company dan nama mereka diputihkan. Scofield dan Sara menikah tetapi Scofield meninggal karena kanker otak. Tetapi di season 5 nanti, Scofield ternyata masih hidup dan dipenjara di Yaman. 

Sementara di season 5 nya nanti, dipastikan akan lebih seru. Saya sendiri baru nonton 1 episode dan akan direview secara penuh setelah full satu season (9 episode) sudah ditayangkan. Season 5 bercerita tentang Lincoln Burrows yang pergi ke Yaman bersama C-Note untuk menemui Scofield yang dipenjara dengan sekelumit konspirasi yang baru.