Featured

Tips Menonton Seri Film Star Wars Dengan Urutan Yang Benar

Saga yang bertemakan  opera luar angkasa karya George Lucas ini memang menjadi salah satu franchise film paling berpengaruh di dunia dan begitu iconic. Tokoh-tokoh iconic seperti Darth Vader, C3PO, R2D2, Han Solo dll pasti para penggemar film sudah banyak yang tahu.

Star Wars adalah seri film yang unik dikarenakan  timelinenya tidak sesuai dengan urutan perilisan film. Film Star Wars pertama sendiri diawali dengan Star Wars Episode IV: A New Hope (1977). Lucas beralasan kalau filmnya dimulai dari episode IV terlebih dahulu dikarenakan jika dari episode dulu, teknologi pada saat itu belum tersedia untuk menggambarkan republik. Episode I The Phantom Menace baru dirilis pada tahun 1999 sebagai awal dari prequel trilogy. 

Banyak orang yang bingung bagaimana menonton Star Wars dengan urutan yang pas. Terlebih bagi orang-orang yang penasaran dan ingin mulai menjadi fans Star Wars setelah Episode VII dirilis. 

Urutannya seperti apa menonton Star Wars supaya enak ditonton. Berikut penjelasannya.

Saat ini Saga Star Wars dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Original Trilogy

Merupakan trilogi asli dan paling awal dibuat.  Menceritakan Luke Skywalker, Han Solo, Leia Organa dkk harus melawan Galactic Empire dan memberontak Darth Vader serta sang sith lord, Darth Sidious. Trilogi Original ini penuh dengan petualangan yang menegangkan dan epik. 

  • Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)
  • Star Wars Episode V: Empire Strike Back (1980)
  • Star Wars Episode VI: Return Of The Jedi (1983)

2. Prequel Trilogy

Prekuel Trilogy yang diarahkan secara penuh oleh George Lucas adalah seri Star Wars yang menceritakan awal mula Anakin Skywalker menjadi Darth Vader. Trilogi ini menceritakan Anakin dari kecil, bertemu dengan Padme Amidala, serta gurunya Obi Wan-Kenobi dan Qui Gon Jin. Intrik politik menjadi sajian trilogi ini dibandingkan dengan petualangan itu sendiri. Meskipun secara teknologi, trilogi ini  ada di atas Original Trilogy, tapi seri ini dianggap tidak lebih baik dari trilogi originalnya


  • Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Star Wars Episode II: Attack Of The Clones (2002)
  • Star Wars Episodr III: Revenge Of The Sith  (2005)

3. Sequel Trilogy

Seperti yang diketahui, sekuel baru Stat Wars hadir pada tahun 2015 di mana mengambil setting sekitar 30 tahun setelah kejadian di episode VI: Return Of the Jedi. Dan saat artikel ini ditulis, Sequel Trilogy baru sampai Episode VII: The Force Awakens. Teknologi yang sudah jelas sangat canggih dan lebih keren dari film-film jadulnya, membuat Sequel Trilogy sangat ditunggu-tunggu. 

  • Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015)
  • Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017)
  • Star Wars Eposode IX: [belum ada sub-judul] (2019)

Urutan menonton.

Ada beberapa urutan menonton.

  • Yang pertama adalah dengan cara paling tidak direkomendasikan yaitu menurut timeline dan alur sesuai di filmnya yaitu:

Episode  I-II-III-IV-V-VI

Mengapa ini tidak direkomendasikan? Nantinya penonton akan kebingungan di saat nonton Episode I-III yang visual efeknya sudah lumayan canggih lalu tiba-tiba nonton Eps. IV-VI yang teknologinya belum sebagus sekarang. Dari segi cerita, penonton juga nantinya akan kebingungan karena berkesan tidak nyambung. 

  • Yang kedua, dengan urutan yang sesuai dengan tanggal rilis filmnya. Cara ini sebenarnya cara yang paling Normal.

Urutannya: Episode IV-V-VI-I-II-III lalu berlanjut ke Sequel Trilogy. Tapi cara ini juga ada kekurangannya yang akan membuat tingkat kepuasan menonton agak kurang. Kenapa? Para fans Star Wars menilai puncak klimaks dari Star Wars adalah di Episode V dan VI. 

  • Lalu bagaimana dong, kok ribet sih mau nonton juga, cuma film gini? Di forum-forum seperti Reddit dan Quora, banyak para fans berat Star Wars menyarankan urutan nonton Star Wars sebagai berikut:

IV-V-I-II-III-VI. Inilah urutan nonton Star Wars yang paling direkomendasikan. Kelihatannya memang acak-acakan, tapi inilah urutan menonton yang paling tepat. Kenapa? Saya akan jelaskan. Ini mengandung Spoiler ringan.

Episode IV: A New Hope merupakan film yang paling pertama dan paling original dalam saga Star Wars. Di sini kita akan berkenalan dengan tokoh-tokoh utama seperti Luke Skywalker, Han Solo, dan Leia Organa. Trio ini bersama pemberontak berusaha untuk menghancurkan Death Star (Benda yang bisa menghancurkan planet) milik Galactic Empire yang dipimpin oleh Darth Vader dibawah sang Emperor Darth Sidious . Film ini mudah untuk dimengerti dan penuh adegan aksi dan cocok untuk orang yang ingin nonton Star Wars pertama kali.

Episode V: Empire Strike Back, setelah menonton petualangan Luke dkk di Episode IV. Kamu akan menonton seri yang disebut-sebut sebagai seri Star Wars terbaik dengan twist yang tidak disangka-sangka dan dengan cerita yang menakjubkan. Kelompok pemberontak harus mempertahakan diri dari serangan Empire yang dendam karena Death Star berhasil dihancurkan. Pokoknya Episode V ini sangat Epic.

Untuk Episode I-III saya tidak akan menjelaskannya lebih jauh karena akan spoiler. Yang jelas di akhir Episode III merupakan peristiwa yang sangat seru. Pertarungan guru dan murid yang menjadi awal mengapa kejadian di original trilogy bisa terjadi.

Terakhir adalah menonton Episode VI yang merupakan puncak dari semua konflik. Luke Skywalker harus menghadapi Darth Vader sekali lagi untuk dapat membebaskan galaksi dari kaisar yang jahat. 

Setelah itu kamu tinggal nonton deh Sequel Trilogy yang baru. 

Jadi urutan yang paling tepat adalah IV-V-I-II-III-VI. Cobalah, dijamin memuaskan karena itu rekomendasi dari para fans berat Star Wars di forum-forum internasional.

  • Erecpylle Ecrunchyroll

    Thanks gan Info nya hehehe