Featured, Superhero

Mengenal Serial Superhero Marvel Jaman Dulu

Jauh sebelum sukses besar lewat Marvel Cinematic Universe dan serial Netflix Marvel, pada era 70an juga Marvel sempat mengeluarkan serial televisi live action yang diangkat dari komik-komik superhero mereka. Jangan heran jika kostumnya norak parah, ketika itu Marvel kalah telak oleh DC yang sudah punya Superman The Movie yang sukses besar di seluruh dunia. Kesuksesan Superman membuat Marvel terinspirasi untuk mengangkat para superhero mereka ke dalam live action baik serial televisi maupun film. Seperti apa sajakah live action Superhero Marvel jaman dulu? Berikut ulasannya.

1. The Amazing Spider-Man (1977-1979)

Spider-Man merupakan superhero pertama dari Marvel yang mendapatkan adaptasi live action pada tahun 1977 melalui serial televisi “The Amazing Spider-Man” langkah Marvel ini memang sudah sangat ketinggalan, mengingat DC sudah melakukannya sedari tahun 1943. The Amazing Spider-Man berjumlah 13 episode dan tayang di Amerika Serikat di televisi CBS. Series ini dibintangi oleh Nicholas Hammond sebagai Peter Parker/Spider-Man. Visual effect dalam series ini sangatlah sederhana dan terlihat menyedihkan, Spider-Man memanjat gedung seperti memanjat pohon kelapa. Kostumnya juga masih terlihat konyol. Cerita dan naskahnya pun bisa dibilang dangkal akan tetapi series ini tetap tercatat dalam sejarah Marvel kalau inilah live action tv series pertama dalam Marvel Comics. Tv series ini di Indonesia pernah tayang di SCTV pada sekitar pertengahan 90an. Jangan bandingkan series ini dengan versi Tobey Maguire, apalagi Tom Holand. Itu sangat tidak bijak.

2. The Incredible Hulk (1978-1982)

The Incredible Hulk yang kita lihat sekarang dalam Avengers merupakan hasil teknologi CGI yang canggih. Dulu dalam tv series The Incredible Hulk yang tayang di Amerika Serikat pada kurun waktu 1978-1982, hulk mungkin terlihat konyol dan membuat kita tertawa saat melihatnya. Tidak ada CGI pada masa itu, hanya aktor berbadan kekar yang seluruh badannya diberi warna hijau dan berakting seram dan ngamuk-ngamuk. Tv series ini berjumlah 82 episode dan dibintangi oleh Bill Bixby sebagai Bruce Banner dan ketika berubah menjadi hulk diperankan oleh Lou Ferigno. Adegan-adegan dalam series ini dijamin akan membuat kita tertawa saking anehnya untuk dilihat pada zaman sekarang, jangankan di zaman sekarang, di zaman dulunya pun mungkin ini terlihat masih aneh.

3. Captain America (1979)

Pada tahun 1979, televisi CBS yang bekerja sama dengan Marvel memproduksi Film Televisi (FTV) Captain America. Steve Roger/Captain America diperankan oleh Red Brown. Dengan helm yang nyentrik dan motor yang mirip polantas yang siap menilang pelanggar lalu lintas, captain America versi FTV jadul ini sangat jauh dengan versinya Chris Evan.

4. Dr Strange (1978)

Sama seperti Captain America, Dr Strange tahun 1978 pun juga adalah sebuah Film Televisi. FTV ini dibintangi oleh Peter Hooten sebagai Dr. Strange. Visual efeknya masih alakadarnya, sangat jauh dengan versinya Benedict Cumberbatch.

 

5. The Fantastic Four (1994)

Kalau yang ini adalah film independen yang dibuat oleh Steven Rabiner. Dengan budget yang super duper murah dan pas-pasan film ini tidak pernah dirilis secara resmi karena dianggap ilegal mengingat tidak mendapatkan izin dari pemegang hak cipta Marvel. Disamping film ini adalah film ilegal, hasilnya juga sangat menyedihkan.


Selain kelima di tas, masih ada Thor yang muncul dalam episode The Incredible Hulk Returns. Marvel zaman dulu memang kalah telak dari DC. Namun dunia seakan berputar, kini Marvel semakin di depan meninggalkan DC yang masih tertinggal.

Related posts: