Featured, Review Movie

Review TV Series: FARGO Season 1 (2014)

Satu lagi serial televisi barat bergenre drama kriminal dan dark comedy yang layak tonton. Serial ini pertama kali tayang pada tahun 2014 di channel televisi berlangganan FX dan untuk season 1 berjumlah 10 episode. Fargo merupakan serial televisi yang diadaptasi dari film layar lebar yang dirilis tahun 1996 silam. Fargo dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal seperti Martin Freeman,Billy Bob, Kirsten Dunst, Patrick Wilson dan masih banyak lagi.

Fargo sendiri merupakan drama dark comedy dengan cerita yang segar dan tidak monoton. Episode pertama di musim pertama ini diawali dengan perkenalan Lester Nygaard (Martin Freeman) yang seorang pekerja asuransi yang hidupnya membosankan dan mempunyai istri yang selalu memarahinya yang bernama Pearl Nygaard. Pearl selalu memandang rendah suaminya tersebut dan tak ayal mereka berdua kerap bertengkar.

Suatu hari Lester bertemu dengan teman SMA-nya yang bernama Sam Hess di mana Sam adalah orang yang selalu membully-nya ketika masa sekolah. Insiden kecil terjadi yang mengakibatkan hidung Lester cedera dan mengharuskan dia pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Benci sudah pasti ada di benak Lester pada Sam di tengah kehidupannya yang monoton dan punya istri yang dianggapnya payah.

perbincangan Lester dan si psikopat malvo jadi awal keseruan cerita

Saat duduk di ruang tunggu rumah sakit, Lester bertemu dengan Lorne Malvo (Billy Bob) yang duduk di sampingnya, dan di dari sinilah cerita seru serial ini dimulai. Malvo adalah seorang yang ‘gila’ dan tidak jelas asal-usulnya mengajak Lester ngobrol ke sana kemari hingga Malvo tahu kalau Lester hidungnya cedera disebabkan oleh seorang yang bernama Sam Hess. Dasar orang gila, Malvo menawarkan jasanya untuk membunuh Sam Hess guna membalaskan dendam Lester. Tentu saja Lester kaget, tapi Lester waktu itu dipanggil oleh dokter karena telah tiba giliran. Sebelum Lester pergi, Malvo menanyakan. “Ya atau tidak?”
Lester mengatakan “Ya” tapi maksud dari perkataan Lester adalah tertuju pada petugas rumah sakit yang memanggilnya, bukan pada Malvo.

Beberapa hari kemudian Sam Hess terbunuh dan membuat Lester shock.

Kemudian dalam suatu adegan di ruang bawah tanah rumahnya Lester. Lester sedang menggunakan mesin cuci dan mesin cuci itu rusak, datanglah istrinya dan percakapan terjadi hingga cekcok mulut yang diakibatkan Pearl selalu merendahkan suaminya. Lester sudah habis kesabarannya dia memperingati Pearl untuk menarik kata-katanya dan berhenti menghinanya. Tapi Pearl tak mau berhenti. Lester meraih sebuah palu dan memperingati Pearl dan Pearl malah tertawa menganggap itu bercanda. Dan prakkk!! hantaman palu didaratkan di kening Pearl hingga kepala Pearl retak dan menyemburkan darah. Inilah scene yang paling memorable dan tak terlupakan sepanjang season 1. Lester panik dia terus memalu kepala istrinya hingga tambah parah dan tewas. Lester menelepon Malvo untuk meminta bantuan.
Cerita selanjutnya menjadi semakin rumit dan seru di tiap episodenya. Perlahan kita tahu bahwa protagonis dalam serial ini adalah seorang polisi bernama Peggy (Kirsten Dunst) dialah orang yang curiga pada Lester terlibat serangkaian pembunuhan di Minnesota. Karena Peggy adalah orang yang menemukan istri Lester beserta rekan polisinya yang tewas di rumah Lester.

Gaya Lester sebelum menghantam istrinya dengan palu.

Penyelidikan dan pengejaran terhadap Lorne Malvo menjadi fokus cerita sepanjang season pertama. Latar bersalju membuat tv series ini menjadi tambah enak ditonton. Adegan kekerasan juga sangat terasa di tiap episodenya. Jalan cerita tidak mudah ditebak dan tentunya akting yang menawan dari semua pemain membuat Fargo saya rekomendasikan bagi para pecinta komedi gelap dan drama kriminal. 

Karakter Lorne Malvo yang seorang psikopat tertasa nyata dan membuat saya geregetan. Aktinnya Martin Freeman juga sama bagusnya dengan film-film yang pernah dibintanginya.

Katanya sih Serial TV ini didasarkan pada kisah nyata tapi banyak pihal yang meragukannya. Termasuk saya sendiri. Tapi mau itu kisah nyata atau bukan, series ini tetaplah seru.

Season 1 dari FARGO saya katakan salah satu serial TV barat terbaik sepanjang masa. Tak salah jika IMDb memberikan skor 9 untuk series yang satu ini.
Skor: 8.5

  • fargo itu kayaknya ada filmnya ya gan ? ini lanjutannya atau beda cerita ?

    • Hilman Sky

      sekuel secara tidak langsung gan, tapi beda cerita. karena ada easter eggnya yaitu ada uang yg terkubur di atas salju…