Review Netflix, Layanan Streaming VOD Yang diblokir oleh Telkom

Pada awal tahun 2016, kehadiran Netflix ke tanah air disambut oleh para pecinta film-film berkualitas yang ingin nonton dengan cara legal dan harga yang relatif murah serta banyak sekali pilihan film atau series untuk bebas ditonton. Tapi harapan Netflix akan berkembang di Indonesia seketika sirna ketika Telkom dan Telkomsel memblokir akses Netflix dengan alasan yang mengada-ada dan tidak jelas. Mungkin karena takut bersaing atau apa, yang jelas Telkom sudah bekerjasama dengan Iflix dan Catchplay yang merupakan sama-sama penyedia VoD. Jangankan Netflix, sekarang Hooq pun jadi ikut-ikutan diblokir oleh Telkom Indiehome, sungguh praktik yang sangat tidak sehat.
Tapi tidak semua provider di Indonesia memblokir akses layanan Netflix. Salah satu provider yang belum atau tidak akan memblokir Netflix adalah Axis, provider yang saya gunakan untuk mengakses Netflix melalui aplikasinya di Android.

 

Bagaimana hasilnya? Apakah sama bagusnya atau lebih bagus dari Iflix?

Pertama-tama yang harus dilakukan jika ingin berlangganan Netflix di Android tentu saja kita harus mendownload aplikasinya di Playstore. Setelah itu kita buka aplikasnya dan melakukan pendaftaran. Netflix memberikan promo trial berupa 30 hari gratis dan untuk selanjutnya akan dikenakan biaya berlangganan yang terbagi dalam tiga paket, yaitu coba lihat gambar di bawah. Setiap paket mempunyai fitur yang berbeda-beda.

Pada waktu saya mendaftar, saya memilih paket yang standart saja supaya nanti akun saya juga bisa dipakai oleh orang-orang terdekat saya jika ingin nonton film. Untuk metode pembayaran Netflix menggunakan kartu kredit dan Paypal. Tapi… khusus jika daftar di aplikasi Android anda bisa membayarnya lewat pulsa. Ya, saya yang tidak punya kartu kredit melakukan verifikasi pembayaran menggunakan pulsa lewat akun Google Play. Walaupun saat pertama kali mendaftar pulsa saya yang terpotong adalah 0 Rupiah karena kan untuk bulan pertama memang gratis. ?

baca juga:  Inilah Perbedaan Tobey, Andrew Gardfield, Dan Tom Holland Dalam Memerankan Spider-Man

Selesai mendaftar, kita bisa langsung memilih banyak sekali judul film dan series yang ingin ditonton. Pilihannya sangat banyak, jauh lebih banyak dibanding Hooq dan Iflix, tapi Netflix Indonesia jumlah film dan seriesnya tidak sama dengan Netflix Amerika. Loading aplikasinya pun jauh lebih smooth dan sangat responsif jika dibandingkan dengan Iflix. Di Netflix kita bisa memasukan lima profil sekaligus (untuk paket standar) Jadi cocok sekali untuk anggota keluarga. Kita juga bisa mendownload film dan menontonnya secara offline, tapi sayangnya tidak semua judul film bisa didownload.

Satu lagi yang penting, bagi kamu yang enggak mudeng bahasa Inggris, Netflix tidak direkomendasikan karena film-film di Netflix tidak ada subtitle Indonesia. Hanya ada subtitle English. Tapi bagi yang ngerti sedikit-sedikit, sub English saya rasa cukup membantu. Salah satu kelebihan Netflix adalah ada beberapa judul film dan series yang bisa menggunakan ‘audio description’.

Netflix mempunyai judul series yang diproduksi sendiri alias Netflix Original Series, salah satunya adalah “The Crown” yang saat ini tengah digandrungi oleh para pecinta TV series. Bukan hanya menyedikan film-film dan tv series berkualitas dewa, Netflix juga menyediakan seri dokumenter terkenal seperti Planet Earth dan beberapa seri dokumenter buatan BBC dan National Geographic lainnya. 

Untuk drama Korea dan Jepang netflix juga punya koleksi untuk ditonton pecinta drama asia. Dan untuk pecinta sinetron Indonesia? Ke laut aja ????
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Netflix.

Kelebihan

  • Judul film dan series sangat banyak sekali dan dijamin akan bingung mau nonton yang mana dulu
  • Punya nama besar
  • Aplikasi yang sangat responsif dan tidak lemot
  • Punya pilihan paket. Basic, Standard, dan Premium
  • Dll
baca juga:  Review: Strangers On A Train (1951) Pertukaran Pembunuhan

Kekurangan

  • Harga yang relatif mahal untuk orang Indonesia sudah terbiasa nonton film bajakan
  • Tidak ada subtitle Indonesia
  • Metode pembayaran
  • DIBLOKIR TELKOM DAN TELKOMSEL

Nah, itulah ulasan singkat saya mengenai Netflix Indonesia. Sangat disayangkan memang kalau Netflix tidak bisa berkembang lebih jauh di tanah air gara-gara persaingan yang tidak sehat. Padahal Netflix bisa menjadi solusi mengurangi nonton streaming secara ilegal.

Tapi inilah Indonesiaku…

Artikel Seru Lainnya:

Comments

  1. Balas

    • By Hilman Sky

      Balas

    • By Hilman Manchunian

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi