Review IFLIX, Layanan Streaming Video On Demand di Android

Zaman digital semakin tak terelakan, dahulu orang-orang jika ingin menonton sebuah film biasanya membeli VCD untuk diputar di di VCD player atau menyewa film di DVD rental atau bahkan membeli DVD bajakan (walaupun sekarang DVD bajakan masih cukup ramai). 

Kini tren pelan tapi pasti telah bergeser, orang-orang khususnya pecinta film mulai beralih dengan cara nonton melalui streaming lewat website ataupun dengan cara mengunduh, baik secara legal ataupun ilegal di situs pembajakan film yang memang saat ini tengah ramai. 

Masuknya netflix pada tahun 2016 memberi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang hobi nonton film tapi ingin menonton banyak film dengan cara legal dan ‘halal’ namun dengan harga yang murah. Tapi sayangnya, Netflix yang merupakan penyedia layanan video on deman terbesar itu tidak direstui oleh pihak Telkom sehingga harus diblokir. ?. 

Sesuatu yang sangat disayangkan, ketika banyak pihak ingin memberantas pembajakan film tapi datangnya Netflix ke Indonesia dihalang-halangi. Entahlah, namanya juga Indonesia. Btw, saya juga pernah mencoba Netflix di Android, di pos berikutnya saya akan mereviewnya. Kali ini saya akan mereview aplikasi yang masih berhubungan dengan film dan TV Series. iflix, bagaimanakah iflix? Bagus? Film2nya lengkap? biayanya berapa? berikut saya ulas bagaimana pengalaman saya menggunakan iflix.

Iflix adalah penyedia layanan video on demand asal Malaysia yang melancarkan usahanya ke pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia. Iflix resmi masuk Indonesia pada awal tahun 2016 beberapa bulan setelah Netflix masuk ke tanah air tapi diblokir oleh Telkom. 

Tampilan beranda Iflix di Android

Bagaimana cara menggunakan dan berlangganan Iflix sehingga kita bisa nonton Film dan TV series? Iflix ada di Android, iOS dan website lewat PC ataua laptop. Namun yang saya gunakan adalah iFlix untuk Android.  Caranya ya tinggal masuk ke playstore, ketikan iflix, download dan instal, buka aplikasi iflix untuk mendaftar untuk pertama kali. Saat artikel ini ditulis, jika kita daftar akun Iflix untuk pertama kali maka akan mendapatkan trial gratis selama 30 hari akses Iflix. Untuk selanjutnya Iflix akan menggunakan tarif yang sebenarnya cukup murah yaitu Rp.39.000/bulan. Pembayaran bisa dilakukan via ATM ataupun kartu kredit. 

baca juga:  Inilah Perbedaan Sinetron, Drama Korea, J-Drama, dan TV Series Barat

Bagaimana dengan kelengkapan film?

Untuk film layar lebar alias film bioskop di Iflix, jujur saya katakan jumlahnya masih sangat kurang, jika dibandingkan dengan Netflix seperti langit dan bumi. Untuk film-film Indonesia jumlahnya cukup banyak tapi enggak banyak-banyak amat. 

Tapi, untuk TV series. Di Iflix jumlahnya cukup banyak dan membuat saya bingung mau nonton yang mana dulu. Ada banyak judul-judul TV series Amerika Serikat yang ada di Iflix dan bahkan beberapa diantaranya ekskulif hanya ada di iflix, seperti Fargo, dan bahkan MR.Robot. Yang berarti Iflix sangat cocok buat kamu yang ingin nonton secara maraton Tv series berkualitas.

Satu lagi kelebihan Iflix, yaitu banyaknya Drama Korea. Sehingga banyak Kpopers yang berlangganan Iflix karena banyak judul Drama Korea berkualitas hadir di sini, sebut saja Goblin yang berhasil menjadi salah satu serial yang paling banyak ditonton di Iflix. 

Untuk urusan video, Iflix tidak menyediakan pilihan ukuran kualitas Video, sehingga pengguna yang mempunyai koneksi internet yang lambat tidak mengubah kualitas videonya dan menjadi terkendala saat menonton.

Nyaris semua film non-Indonesia yang saya tonton mempunyai subtitle Indonesia dengan kualitas yang baik dan enak dibaca. 

Untuk pengguna Indiehome, Iflix memberikan 3 Bulan gratis nonton d Iflix sepuasnya. Caranya tinggal koneksikan smartphone kamu ke jaringan wifi Indiehome lalu masuk ke aplikasi Iflix, maka akan muncul notifikasi yang menunjukan kamu dapat akses gratis ke Iflix dan bisa langsung menikmatinya.

Yang bisa disimpulkan selama saya berlangganan Iflix adalah cukup memuaskan, saya bisa nonton banyak sekali TV series berkualitas secara maraton dan tanpa iklan. Yang disayangkan adalah terbatasnya judul film layar lebar, hanya sedikit dan itu pun film-film jadul. Mungkin karena sudah banyak diambil secara eksklusif oleh Netflix.

baca juga:  5 Film Yang dianggap Buruk tapi Berhasil Meraih Piala Oscar

Kelebihan:

  • Harga berlangganan yang cukup murah, hanya 39rb/Bulan. 
  • Banyak sekali koleksi TV series berkualitas walaupun tidak semua ada karena sudah diambil secara eksklusif olah yang lain. Judul-judul seperti Vikings, Friends, Prison Break, Fargo, American Horror Story dan MR. Robot dapat kamu tonton secara lengkap.
  • Sangat cepat dalam update series yang sedang Ongoing. Hanya berselang satu hari setelah tayang di Amerika.
  • Kualitas subtitle bagus
  • Bisa download dan ditonton secara online tapi hasil download akan menghilang dalam beberapa hari.
  • Satu akun bisa digunakan di 5 device sekaligus.

Kekukarangan

  • Loading aplikasi yang agak lemot dan perpindahan halaman yang kerap tersendat dan ngelag meski di gadget spek tinggi sekalipun.
  • Jumlah film yang sangat kurang dan sedikit.
  • Belum ada aplikasi untuk smart tv seperti Netflix.

Saya katakan Iflix yang datang ke Indonesia untuk menyaingi Netflix memang tidak kalah bagusnya dengan Netflix. Tapi Iflix hanya kurang dalam koleksi film dan kualitas aplikasinya saja. Sekarang Iflix banyak digandrungi oleh para Kpopers karena banyak judul Drama Korea populer di sana. Ini yang dijadikan celah oleh pihak Iflix, menyasar konsumen pecinta drakor yang jumlahnya bejibun di Indonesia. 

Itulah review saya untuk Iflix. Semoga bermanfaat…

Comments

  1. By nanok

    Balas

    • By admin

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi