Featured, TV Series

Game of Thrones Season 7/Episode 1-3 Review

Setelah menunggu satu tahun setelah berakhirnya season 6 akhirnya Game of Thrones season 7 yang akan berjumlah 7 episode resmi dimulai pada tanggal 16 Juli kemarin di channel berbayar HBO. Saat tulisan ini dibuat, sudah 3 episode berjalan dan saya akan review disini. Review ini mengandung spoiler, jadi apabila tidak mau terganggu dengan kenyamanan menontonnya (bagi yang belum nonton) sebaiknya jangan meneruskan membaca review ini.

Season 7 ini berkisah tepat setelah kematian King Tommen Baratheon dan tentu saja ibunya Cercei Lannister yang diangkat menjadi ratu The 7 Kingdoms. Pada awal episode Cercei dan saudara kembarnya sekaligus pasangan incest-nya dalam posisi yang sulit karena dikepung dari berbagai arah terkait datangnya pasukan Daenerys Targaryen lengkap bersama tiga naganya. Cercei bersih kukuh dia bisa membereskan semuanya dan meratakan semua lawan yang berani menantangnya walaupun tiga ekor naga sekalipun. Di episode perdana Daenerys, Tyrion dan rombongannya mendarat di Dragonstone dan memulai semua rencana besarnya, di sini kita bisa melihat jika Dany sebentar lagi bisa mencapai tujuannya di King’s Landing.

Sementara itu di North seperti yang sudah diketahui, Jon Snow sudah diangkat menjadi ‘King in The North’. Mereka tengah mempersiapkan menghadapi pasukan yang menurut Jon Snow lebih mengerikan dari Lannister sekalipun, apa lagi jika bukan Night’s King bersama White Walkers. Jon berencana untuk meminta bantuan Daenerys yang diketahui sudah berada di Dragonstone bersama Tyrion guna bernegoisasi. Jon yakin Tyrion mau membantunya membujuk Daenerys untuk memberikan pasukannya melawan kawanan White Walkers. Di scene pembuka episode 1 terjadi kejutan yang akan membuat penonton terhibur yaitu aksi Arya Stark yang saya tidak akan sebutkan di sini. Petyr Littlefinger seperti biasa sulit ditebak prilakunya, yang jelas saat ini dia semakin tergila-gila pada Sansa.

Di episode 2, terjadi kejutan lagi di akhir episode, yaitu penyerangan kapal Euron Greyjoy yang menghancurkan kapal yang ditumpangi Theon dkk, sehingga apa yang terjadi bisa ditebak, saya tidak akan bicara lebih lanjut tentang ini karena akan spoiler berat.

Ada momen mengharukan di epiosode tiga yaitu Bran berhasip kembali ke Winterfell dan bertemu dengan Sansa tapi belum sempat bertemu dengan Jon Snow karena pada saat itu ia sedang berada di Dragonstone.

Kembali ke Dragonstone di episode 3, Jon Snow akhirnya bertemu dengan Mother of Dragons untuk pertama kalinya dan reuni dengan Tyrion Lannister. Saat berdialog terjadi percakapan seru antara Jon dan Dany, mengingat keduanya selama ini mempunyai dendam yang sama tapi tujuan dan ego yang berbeda, Dany ingin Winterfell membantu dirinya bersama Dotharki untuk membumihanguskan Lannister dan merebut tahta besi yang dulu milik ayahnya, sementara Jon Snow ingin mengalahkan Pasukan Night’s King yang menurutnya jauh lebih penting ketibang kursi butut di taruh di King’s Landing tersebut.

Sementara itu di Citadel, Sam yang setengah sengsara justru berhasil menyembuhkan Jorah Mormont dari penyakit mematikan grayscale.

Kini dengan semakin dekatnya kisah akhir Game of Thrones (Season 8 akan menjadi yang terakhir)

Sialnya, yang namanya Game of Thrones selalu susah ditebak, sampai di episode 3 ini pun alurnya benar-benar di luar prediksi banyak orang. Tapi yang jelas alur dari season 7 ini semakin befokus pada satu hal saja dan mulai bermuara ke konflik utama lagi, tidak seperti season-season pertengahan yang banyak plot bercabang-cabang. Di akhir episode 3 lagi-lagi terjadi kejutan yang akan membuat pendukung Lannister girang dan penontonnya geregetan sambil menganga karena ternyata ceritanya benar-benar di luar dugaan.

Ada sedkit warna baru di episode pertama, yaitu hadirnya penyanyi Ed Sheeran yang menjadi cameo. Ia berperan sebagai prajurit Lannister yang sedang beristirahat dengan teman-temannya di hutan dan bertemu dengan Arya yang sedang menuju King’s Landing. Mereka sempat akrab dan bercanda, tapi tidak diketahui jika Ed Sheeran tewas dibersihikan oleh Arya atau tidak.

Itu saja review dari saya tentang Game of Thrones season 1 Ep 1-3. Saya akan review lagi jika seluruh episodenya sudah tayang semua.

  • adelia

    ini ceritanya kok membingungkan ya game of thrones? aku nonton season 1 nya kebanyakan ngobrol..

    • Hilman Manchunian

      drama politik, enggak.semua orang bisa menikmati ceritanya..