Featured

Rekomendasi 10 Film Horror Paling Menyeramkan dan Terbaik Sepanjang Masa

Film horror adalah film yang bertujuan untuk membuat penontonnya ‘diteror’ ketakutan, film horror mempunyai banyak sub genre yang intinya bertujuan membuat penonton tegang sepanjang film berlangsung bahkan selepas film berakhir sekalipun. Film horror yang dianggap paling berhasil adalah yang mampu membuat penonton benar-benar dibuat ketakutan bahkan efek ketakutan tersebut membekas setelah berhari-hari setelah menontonnya.

Film horror identik dengan film hantu atau supranatural, namun tentunya tidak semua film horor bertema supranatural karena banyak sub-genre lainnya seperti sci-fi horror dan slasher horror yang sama sekali tidak ada sosok hantunya. Artikel ini akan mencoba mempaparkan 10 film horror yang dianggap paling seram dan terbaik sepanjang masa.

10. Saw (2004)

Saw adalah sebuah film horror slasher berbalut misteri garapan James Wann yang mampu melambungkan sutradara berdarah Malaysia tersebut. Tidak ada sosok hantu dalam Saw namun penonton akan dibuat ‘sesak nafas’ dan tak bisa menonton dengan tenang karena akan mengalami ketegangan sepanjang film. Saw yang dimaksud adalah seri pertama yang dirilis pada 2004 lalu, karena sekuel-sekuel setelahnya dianggap kurang memuaskan. James Wan selaku sutradara mampu membuat film horror dengan budget mini dengan hasil yang sangat luar biasa baik berkat pengemasan yang apik dan adegan sadis yang tidak murahan dan cerita yang cerdas.

Saw mengisahkan tentang dua orang yang tidak saling kenal tiba-tiba terbangun di sebuah ruangan. Mereka berdua adalah stanheight adam (leigh wahnell) dan dr. Lawrance gordon (cary elwess). Mereka berdua sama-sama tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Cerita pun dimulai dengan penuh misteri yang ternyata mereka berdua telah dijebak oleh Jigsaw.

9. Texas Chainsaw Massacre (1974)

Sebuah fim horor slasher yang sangat melegenda dan menjadi salah satu pelopor film slasher. Membuat film segila ini pada 1974 jelas adalah sesuatu yang berani. Texas Chainsaw Massacre dengan tokohnya Leatherface mampu membuat orang-orang yang menontonnya menjadi ketakutan saat menontonnya. Melihat penampilan Leatherface yang saja dapat membuat seseorang merasa terteror. Adegan yang dibuat dalam film ini memang terasa jadul namun di masanya jelas adalah suatu yang istimewa. Sally Hardesty (Marilyn Burns), adiknya, Franklin (Paul A. Partain), dan tiga teman mereka, Jerry (Allen Danziger), Kirk (William Vail), dan Pam (Teri McMinn), jalan bareng melintasi Texas, niatnya untuk mengunjungi makam kakek Sally, kemudian melanjutkan untuk menengok rumah tua keluarga Hardesty yang sudah lama tidak berpenghuni. Di tengah perjalanan,mereka memberikan tumpangan kepada pria aneh dan berpenampilan seperti orang gila. Tebak apa yang terjadi selanjutnya? Kegilaan lah yang terjadi.

8. Scream (1996)

Scream sebenarnya adalah sebuah film horor slasher yang bermuatan satir dan menyindir perfilman horor slasher ketika itu sedang menjamur. Tak disangka Scream malah menimbulkan kengerian sekaligus membuat film horor slasher yang fresh dan berbeda.

Sinopsis “scream” bercerita tentang kisah pembunuhan misterius terhadap remaja yang dilakukan oleh orang yang menggunakan topeng hantu. Sekilas memang biasa saja namun yang membuat Scream istimewa adalah jalan ceritanya yang unik dan misteri siapa dibalik topeng ghostface cukup sulit ditebak.

7. The Silence of The Lambs (1990)

Sepanjang film, Anthony Hopkins yang berperan sebagai psikolog Hannibal Lecter berhasil menebar teror kepada penonton lewat caranya bicara dan mimik wajah yang benar-benar bikin ngeri. Film silence of the lambs bercerita tentang clarice starling (jodie foster) seorang agen fbi. Di akademi, clarice memiliki nilai yang mengagumkan hingga dipercaya oleh atasannya, crawford (scott glenn) untuk mewawancarai seorang penghuni penjara yang terisolasi dari dunia luar, sebuah penjara rumah sakit jiwa. Tak lain dan tak bukan untuk mewawancari Hannibal Lecter sang kanibal, tujuannya adalah untuk melacak pelaku kriminal pembunuhan berantai yang sulit terbunuh. Sulit menjelaskan keseraman dari film ini sebelum anda menontonnya sendiri.

6. Alien (1979)

Dalam film ini, tokoh antagonisnya bukanlah sosok hantu ataupun manusia psikopat, melainkan Alien yang mengerikan yang mampu membunuh manusia dalam sekejap dengan cara yang sangat sadis. Dalam film ini memang tidak digambarkan aksi-aksi yang heboh, sosok Alien pun terbilang jarang dimunculkan namun karena itulah film ini menjadi realistis dengan jalinan cerita yang apik

Dalam perjalanan pulang dari sebuah misi luar angkasanya, kru Nostromo terbangun dari hibernasi oleh komputer induk kapal untuk menjawab signal marabahaya dari sebuah planet terdekat. Mereka memutuskan untuk mendarat di planet tersebut tetapi kemudian mimpi buruklah yang terjadi.

5. Psycho (1960)

Sebuah masterpiece dari Alfred Hitchcock yang lebih tepat disebut perpaduan horor dan suspense. Adegan pembunuhan memang tidak vulgar namun cara penyajian ceritanya yang akan membuat penonton kagum dengan film ini. Diceriterakan dalam film tersebut tentang pertemuan antara seorang sekretaris, Marion Crane (Janet Leigh), yang bersembunyi di sebuah motel setelah melakukan pencurian dari majikannya, dan pemilik motel yang kesepian, Norman Bates (Anthony Perkins).

4. A Nightmare on Elm Street (1984)

Bisa dibayangkan jika anda terjebak dalam mimpi bertemu Freddy Krueger jika dia benar-benar ada? Itu adalah mimpi yang sangat buruk. Film ini dirilis pada 1984 dan sukses membuat para penonton ketakutan untuk tertidur.

3. Halloween (1979)

Film juga menjadi salah satu horor slasher paling ikonik dengan tokoh antagonisnya Michael Myers. Film diawali dengan setting di malam Halloween tahun 1963 keika seorang bocah bernama Michael Myers membunuh kakak perempuan beserta kekasihnya dengan sebilah pisau, setelah diusut ternyata ia mengalami gangguan jiwa dan orang tuanya mengirimnya ke rumah sakit jiwa, 15 tahun kemudian dia melarikan diri dan menebar teror pada malam Halloween berikutnya.

2. The Shining (1980)

Dianggap sebagai salah satu film horror paling menyeramkan dan diangkat dari novel karya Stephen King, The Shining adalah tontonan wajib bagi kami pecinta film horor sejati. Menceritakan seroang pria bernama Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan barunya sebagai caretaker di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel di saat off-season dan mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius. Dipadu dengan sinematografi yang ciamik dan cerita nan cerdas, dijamin kamu suka film ini.

1. The Exorcist (1973)

The Exorcist sering dianggap sebagai film horor tersukses sepanjang masa sekaligus menjadi film horor supranatural paling berpengaruh hingga sekarang. Bahkan The Exorcist penayangannya dilarang di beberapa negara karena dianggap terlalu menyeramkan.

Film ini berkonsep sama dengan novelnya, dimana menggabungkan 3 skenario menjadi 1 keutuhan cerita yang berpusat pada kerasukan setan pada seorang gadis berumur 12 tahun bernama Regan MacNeil. The Exorcist mendapatkan berbagai penghargaan dan hingga sekarang masih disebut sebagai film horor terbaik sepanjang masa.

Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi