Featured

Panduan Urutan Film X-Men Sesuai Timeline Bagi Yang Belum Tahu

Sejak pertama kali muncul dalam film pertamanya, X-Men (2000) superhero buatan Stan Lee ini langsung mendulang sukses dan berlanjut dengan film-film sekuelnya di tahun-tahun berikutnya. Namun kisah dalam Seri X-Men banyak orang yang masih bingung bagaimana urutan timelinenya karena film-film X-Men urutan rilisnya banyak yang maju mundur terlebih sejak X-Men Days Of Future Past (2014) yang isinya menghapus semua kejadian dari awal. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai urutan timeline X-Men supaya kamu bisa nonton Logan (2017) tanpa kebingungan.

1. X-Men: First Class (2011)

Film X-Men First Class merupakan film kelima X-Men yang dirilis ke pasaran, namun dalam timeline, First Class merupakan kejadian yang pertama. Menceritakan awal mula pertemuan Charles Xavier dan Eric Lansher alias Magneto. Di tahun 60an para mutan sudah mulai berani menunjukan diri pada dunia yang diawali oleh Charles Xavier. Eric Lansher yang mempunyai masa lalu yang suram dan dendam yang membara dalam dirinya bertemu dengan Charles Xavier dan memulai persahabatan lalu membentuk kelompok X-Men dengan cara mengumpulkan para mutant muda kemudian mereka berdua berselisih karena perbedaan pandangan dan prinsip yang berseberangan. Eric berhasil menuntaskan dendamnya dengan membunuh Sebastian Shaw dan menyerang manusia namun berhasil dihentikan oleh Charles Xavier. Eric Lansher keluar dari X-Men dan membentuk Brotherhood Of Mutant bersama Mystique. 

2. X-Men Origins: Wolverine (2009)

Sebenarnya jalan cerita X-Men Origins: Wolverine berlatar waktu sebelum, saat dan sesudah kejadian dari X-Men: First Class. Merupakan film keempat X-Men dan film pertama kisah Wolverine. Kisahnya adalah mengenai James Logan yang hidup di masa perang dunia II bersama dengan, Sabretooth. Logan adalah mutant dengan cakar di tangannya dan mempunyai daya tahan dan stamina yang jauh melebihi manusia biasa. Logan menjadi percobaan William Stryker dengan dimasukannya logam adamatium ke dalam tubuhnya yang membuatnya menjadi imortal dan mempunyai cakar besi. Di akhir film, Logan bertemu dengan Charles Xavier dan anggota X-Men yang lain yang awalnya menjadi mutant percobaan William Stryker. Logan kehilangan ingatannya akibat benturan di kepalanya saat bertarung dengan musuh. 

3. X-Men (2000)

Merupakan film pertama dalam urutan rilis. Mengisahkan puluhan tahun setelah kejadian di X-Men: First Class. Dan berfokus pada konflik dua kelompok Mutant, X Men yang dipimpin Charles Xavier (Profesor X) dan Brotherhood Of Mutant yang dipimpin oleh Eric Lansher (Magneto), dua kelompok mutant dengan ideologi yang berseberangan. Dalam film ini juga diceritakan pertemuan antara Wolverine dan Rogue dan mereka berdua masuk dalam kelompok X-Men. Wolverine yang hidupnya tersiksa akibat kehilangan ingatan, mencoba meminta bantuan Charles Xavier untuk membantu membuka memori masa lalunya. Singkat cerita, ulah jahat Brotherhood Of Mutant berhasil digagalkan oleh X-Men.

4. X-Men United X2 (2003)

Melanjutkan kisah X-Men yang pertama, kali ini kelompok X-Men dan Brotherhood of Mutant mau tidak mau harus bekerjasama untuk mengentikan William Stryker yang ingin membantai semua Mutant di seluruh dunia menggunakan alat yang dimiliki oleg Charles Xavier. Singkar cerita, Wolverine akhirnya tahu siapa Stryker, orang yang telah membuatnya menderita. X-Men dan kelompok Magneto berhasil mengagalkan Stryker dan Stryker terbunuh. Dalam film ini Jean tewas dan membuat kekasihnya, Scott Summer (Cyclops) terpukul.

5. X-Men: The Last Stand (2006)

Merupakan filn terakhir dari trilogi original X-Men. Mengisahkan setelah kejadian di X Men United. Kali ini pemerintah memutuskan untuk membuat seluruh mutant menjadi manusia biasa setelah mereka menemukan zat yang bisa mengubah mutant menjadi manusia biasa. Kelompok Brotherhood Of Mutant berniat untuk menghabisi manusia dan X-Men mencegahnya. Akhir film: Pemerintah gagal melakukan “pembersihan”. Charles Xavier tewas (Tapi sebenarnya masih hidup karena yang tewas adalah saudara kembarnya. Memang agak dipaksakan) Dan Eric Lansher kehilangan kekuatannya, namun di akhir Scene, adegan Eric yang bermain catur menunjukan dia belum sepenuhnya kehilangan kekuatannya.

6. The Wolverine (2013)

Logan memenuhi permintaan seorang kenalannya, pria tua – Jepang, menjelang ajalnya. Logan tak bisa memenuhi keinginannya, tapi setelah ia mati, Logan harus melindungi putrinya dari kejaran Yakuza.Singkat cerita Logan berhasil melakukan “tugasnya” dan di credit scene dia bertemu dengan Charles Xavier dan Magneto.

7. X-Men: Days Of Future Past (2014)
Masa depan yang hancur akibat robot sentinel yang awalnya dibuat untuk memusnahakan Mutant menjadi tak terkendali dan juga membantai manusia. Populasi  di dunia semakin sedikit dan terancam “kiamat”. Jalan terakhir dipilih, Charles Xavier memutuskan untuk mengirimkan Wolverine ke masa lalu untuk mencegah robot sentinel dibuat. Akhir cerita usaha tersebur berhasil dan membuat kejadian di film -film X-Men sebelumnya kecuali X-Men: First Class  menjadi terhapus dan tidak berlaku alias tidak pernah terjadi.

8. X-Men: Apocalypse (2016)

Mengisahkan para anggota X-Men yang harus melawan mutant pertama di dunia yang sangat kuat, En Sabah Nur alias Apocalypse. Singkat cerita, Apocalypse berhasil dikalahkan. Film ini mengambil setting di beberapa waktu setelah robot sentinel berhasil digagalkan untuk dibuat.

  • Andrian Priago

    Kalo logan masuk mana