Featured

Panduan Menonton Film-film Marvel Cinematic Universe Sesuai Urutan Timeline


Marvel Cinematic Universe (MCU) merupakan proyek ambisius dari Marvel Studios yang bekerja sama dengan Disney untuk membuat semesta Marvel ke dalam film layar lebar di mana para supehero dari komik Marvel akan berada dalam universe/semesta yang sama. MCU sudah menghasilkan banyak film dan serial televisi semenjak dirilisnya Iron Man (2008). Namun yang akan dibahas kali ini adalah Movie-nya saja dan mengkesampingkan serial televisinya. Supaya tidak terlalu panjang.

Seperti yang diketahui MCU mempunyai istilah yang dinamakan “Phase” alias fase. Setiap fase akan memunculkan film-film solo para superhero masing-masing dulu barulah nanti akan berkumpul di Avengers. 

Yang akan dibahas kali ini adalah Urutan timeline dari film-film MCU berdasarkan urutan kejadian dalam semesta Marvel, bukan sesuai urutan rilis filmnya. So, ini dikhususkan bagi kamu yang ingin memulai nonton film MCU atau yang ingin nonton ulang semua film-film MCU supaya makin gereget. Di sini saya tidak akan memberikan spoiler. Jadi tenang saja.

Phase 1

1. Captain America: First Avenger (2011)


Yang pertama yang harus ditonton adalah Captain America: First Avenger yang berlatar di perang dunia kedua. Di mana diceritakan seorang yang bernama Steve Rogers yang memiliki postur tubuh yang menyedihkan direkrut oleh badan pertahanan Amerika untuk menjadi percobaan menjadi manusia dengan kemampuan fisik di atas rata-rata guna melawan organisasi jahat HYDRA. 

2. Iron Man (2008)


Kemudian nonton Iron Man pertama yang dirlis di tahun 2008 yang berlatar tahun yang sama dengan tahun rilisnya film. Film pertama Iron Man ini menceritakan awal mula bagaimana Tony Stark seorang milyuner tampan dan pemilik dari perusahaan senjata terbesarn mengalami kecelakaan dan menyebabkan dirinya harus menjadi Iron Man. 

3. The Incredible Hulk (2008)


Dilanjutkan dengan The Incredible Hulk di mana Bruce Banner yang seorang ilmuwan yang terinspirasi Captain America yang melakukan percobaan terhadap dirinya sendiri supaya bisa seperti Steve Rogers melalui radiasi gamma. Tapi percobaan itu gagal dan membuat Bruce Banner akan berubah menjadi makhluk hijau besar yang bisa menghancurkan apa saja apabila sudah marah. Bruce diburu oleh pihak militer dan melarikan diri ke Brazil. 

4. Iron Man 2 (2010)


Meneruskan kisah Tony Stark sebagai Iron Man di mana Tony Stark harus menghadapi musuhnya di masa lalu yang berniat membalaskan dendam pada Stark. 

5. Thor (2011)


Thor dewa Asgard sang putra Odin menjadikan dirinya superhero dengan kekuatan yang luar biasa di MCU. Cerita film pertama Thor sendiri mengisahkan Thor yang “dibuang” ke bumi oleh ayahnya, Odin dan mencegah adiknya Loki berbuat kejahatan di bumi untuk dan meruntuhkan kekuasaan Odin di Asgard.

6. The Avengers (2012)


Akhir dari fase pertama Marvel Cinematic Universe di mana kelima film sebelumnya bermuara dalam film ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah hollywood, para superhero Marvel berada salam satu frame dan diisi oleh cerita dan adegan yang fantastis.

Loki berulah di bumi dengan memanggil para alien dan meminta bantuan Thanos untuk menghancurkan bumi lewat tesseract yang selama ini disimpan oleh SHIELD. Nick Fury mengumpulkan para superhero untuk melawan Loki. Pertempuran New York pun terjadi. Mereka adalah Iron Man, Captain America, Thor, Hawkeye, Hulk, dan Black Widow.
Phase 2

7. Iron Man 3 (2013)


Satu tahun setelah peristiwa yang memporak-porandakan New York, Tony Stark ingin menghilangkan trauma pasca kejadian yang nyaris merenggut nyawanya itu. Namun saat ingin menenangkan diri, justru Tony Stark harus berhadapan dengan musuh barunya, Mandarin. 

8. Thor: The Dark World


Setelah berhasil membawa tesseract dan Loki kembaki ke Asgard, kisah putra Odin kembali berlanjut. Kali ini Thor akan berhadapan dengan Malekith yang ingin mengambil Aether dalam tubuh Jane Foster (Kekasih Thor). Loki juga ikut terlibat dalam film ini dan berperan cukup penting.

9. Captain America: Winter Soldier (2014)


Setelah kejadian New York, Steve Roger berusaha hidup beradaptasi di dunia modern dan melupakan masa lalunya saat perang dunia ke 2. Kali ini dia harus berhadapan dengan Winter Soldier yang tak lain adalah sahabatnya sendiri di masa lalu, Bucky Barnes. 

10. Avengers: Age Of Ultron (2015)


Para superhero kebangaan Marvel kembali bertemu, mereka ditugaskan oleh SHIELD untuk merebut tongkat Loki dari HYDRA. Usaha tersebut berhasil, tongkat Loki disimpan tapi Tony Stark “mencari masalah” dia menggunakan tongkat Loki untuk menciptakan makhluk dengan kecerdasan buatan yang berakibat fatal yang memunculkan Ultron sebagai antagonis dalam film ini. Age Of Ultron memunculkan para anggota baru Avengers seperti Vision dan Scarlet Wicth.

11. Ant-Man (2015)


Akhir dari Phase 2 ini cukup menyenangkan untuk ditonton karena MCU kedatangan anggota baru. Dia adalah Scott Lang alias manusia semut.

Scott Lang adalah seorang residivis dan penjahat kelas teri. Di saat dia melakukan aksi pencurian di sebuah rumah, dia malah mencuri kostum aneh yang bisa merubah ukuran tubuhnya menjadi seukuran semut. Aksi kocak dan menegangkan menjadikan ciri khas dari Ant-Man. 

Phase 3

12. Captain America: Civil War (2016)


Sejauh ini, dari semua film MCU, Civil War lah yang merupakan film MCU yang terbaik dan memuaskan. Anggota Avengers terpecah belah dan harus berseteru satu sama lain.

Semua ini diakibatkan terbelahnya Avengers menjadi dua kubu. Pemerintah Amerika meminta para anggota Avengers untuk diawasi dan semua gerak-gerik para superhero diatur oleh pemerintah akibat kejadian-kejadian kehancuran tempat yang disebabkan oleh pertarungan para superhero (salah satunya adalah insiden New York).

Kubu Tony Stark/Iron Man yang mendukung pemerintah melawan kubu Steve Rogers/ Captain America yang menentang pemerintah dan meninginkan Avengers tetap menjadi independen. 

13. Dr. Strange (2016)


Jika Thor dengan bangganya punya dunia Asgard, maka Dr. Strange dengan bangga punya dunia sihir yang sinting. Film Yang dibintangi oleh Bennedict Cumberbatch ini akan mengisahkan Dr. Strange seorang ilmuwan dan dokter bedah syaraf yang cerdas, sombong dan angkuh lalu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tangannya tidak bisa melakukan aktifitas dengan sempurna. Dia mencari cara untuk sembuh dengan cara masuk kamar-taj yang nantinya memaksa Strange untuk belajar sihir dan melindungi bumi. Dr. Strange menambah panjang anggota keluarga besar Marvel Cinematic Universe.

Nah, saat artikel ini dibuat film MCU baru sampai Dr. Strange, tapi nanti insya Allah saya teruskan artikel panduan ini. 

Marvel Cinematic Universe memang memberikan sebuah kesan yang fantastis kepada para penggemar.