Anime, Artikel Santai, Featured

Motivasi Hidup Dari Seorang Might Guy Dalam Serial Naruto

Setiap orang pasti memiliki tujuan dan cita-cita di dalam hidupnya, tapi pasti selalu saja terhalang oleh keterbatasan dan kekurangan yang mengekang kita. Keterbatasan tersebut selalu saja menjadi halangan bagi kita untuk meraih hal-hal yang kita inginkan. Namun seharusnya itu tidak dapat dijadikan alasan untuk menjadi penghalang kita dalam berusaha mengejar mimpi yang kita dambakan. Might Guy dalam serial Naruto seperti yang kita tahu mempunyai semangat tinggi di dalam hidupnya sehingga ia bisa setara dengan ninja-ninja lain. Berikut adalah ulasan yang bisa kita petik dari Guy yang bisa dijadikan motivasi hidup.

1. Menerima Kritikan Sebagai Bahan Introspeksi

Ayahnya Guy, Might Dai yang dijuluki sebagai genin abadi selalu saja menjadi bahan olok-olokan warga desa karena sering dianggap remeh dan dicap sebagai orang aneh. Guy sewaktu kecil berang terhadap orang-orang yang selalu mengejek dan menghinanya, tapi Dai tidak marah dan malah berkata “Terima kasih atas dukungannya.” Guy bingung mengapa ayahnya berkata demikian, dan Dai menjawab mereka yang mengejek adalah harus dijadikan bahan introspeksi diri dan apa saja yang harus diperbaiki dari diri kita. Intinya kita jangan terlalu anti saat diberi kritik, tengoklah ke dalam dan perbaiki apa yang ada dalam diri kita semampu kita dengan maksimal.

2. Tidak Berkecil Hati Saat Punya Keterbatasan

Guy dikenal payah dalam ninjutsu dan genjutsu sehingga ia kerap dihina oleh orang lain. Tapi ayahnya, Dai selalu memotivasi dirinya kalau itu tidak boleh dijadikan alasan untuk berhenti menjadi seorang ninja yang hebat. Bakat bisa dikalahkan oleh tekad dan kerja keras, Guy tetap punya semangat membara meskipun ia tidak bisa ninjutsu dan genjutsu. Guy terus berlatih taijutsu dan memaksimalkannya. Inilah yang patut kita tiru, terkadang kita merasa rendah diri, dan berkecil hati saat punya keterbatasan. Seperti ingin menempuh pendidikan tapi terkendala masalah ekonomi, tapi jangan itu menjadikan halangan untuk meraih tujuanmu. Kegigihanlah yang dibutuhkan untuk dapat menutupi keterbatasan.

3. Punya Kegigihan dan Pantang Menyerah

Guy mengalami kegagalan demi kegagagalan dalam menempuh ujian ninja, tapi Guy beruntung punya ayah yang bisa menjadi motivator yang hebat. “Jangan menyerah Guy, berjuanglah lebih keras! Itulah masa muda!” Guy hampir saja putus asa karena selalu saja gagal, namun Guy tidak menyerah begitu saja, ia berjuang lebih keras dan lebih keras lagi dengan kegigihan ekstranya. Ini memang tidak mudah, punya semangat pantang menyerah memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Tapi semua itu berbalik pada kita sendiri, apakah tujuan kita itu harus diperjuangkan atau tidak. Semua butuh pengorbanan.

4. Menjadikan Orang Tua Sebagai Acuan Hidup

Dai selalu menyayangi anaknya itu, dan diberikan motivasi serta dididik sebaik mungkin agar Guy tidak berakhir seperti dirinya. Itu berhasil dan Guy memang menjadikan ayahnya sebagai penyemangat hidup dan motivator terhebat bahkan ketika ayahnya tersebur harus tewas setelah mengalahkan para pengguna pedang akibat menggunakan hachimon. Guy memantapkan dirinya untuk menjadikan ayahnya sebagai jalan ninjanya, meneruskan perjuangan dan semangat sang ayah hingga Guy dengen berani melawan Madara menggunakan Hachimon, jutsu warisan ayahnya yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Bandingkan dengan Obito yang menjadikan ‘perempuan’ sebagai acuan hidupnya dan berakhir dengan kesengsaraan.

5. Mewariskan Ilmu dan Pengalaman

Ilmu akan menjadi percuma dan sia-sia jika tidak dibagi-bagi alias pelit ilmu. Seperti yang diketahui Guy mewariskan ilmu dan moto hidupnya pada Rock Lee, seorang anak yang sangat mirip dengannya, tidak bisa taijutsu tapi memiliki mempunyai kekuatan fisik yang luar biasa. Guy dengan giat membentuk mental dan pemikiran Lee yang kini sama-sama punya semangat muda seperti dirinya. Amalkanlah ilmumu, jangan pelit ilmu.
Itulah beberapa motivasi hidup dari seorang Might Guy, seorang yang ninjutsunya payah tapi mampu mengimbangi Madara yang notabenenya punya jutsu-jutsu mengerikan. Tentunya dengan bantuan-bantuan teman-temannya, karena pada dasarnya manusia membutuhkan teman untuk saling membantu.

Semangat!!