Di Manakah Letak Skull Island (Pulau Tengkorak) Sebenarnya?

Kong: Skull Island sukses di pasaran, sebagai film reboot King Kong, film ini mampu menyajikan keseruan lewat visual effect dan aksi dewa penguasa pulau tengkorak tersebut. Hal yang menarik dari semua film King Kong yang pernah dirilis mulai dari versi asli (1933) hingga yang terbaru selalu saja memunculkan Skull Island (Pulau Tengkorak) sebagai tempat tinggalnya kera raksasa tersebut. Lalu di mana sih letak Skull Island?

Skull Island adalah pulau terpencil yang selalu ada dalam empat film King Kong yang pernah dibuat. Pulau ini digambarkan sebagai pulau tempat tinggalnya King Kong. Skull Island merupakan hutan yang sangat lebat, indah sekaligus mengerikan dan terdapat hewan-hewan aneh yang berbahaya termasuk dinosaurus. Dalam King Kong versi Peter Jackson, Skull Island juga dihuni hewan-hewan mengerikan termasuk T-Rex, ini sama dengan versi aslinya yang tahun 1933. Sedangkan dalam versi 1976, Skull Island terdapat ular raksasa. Dan dalam Kong: Skull Island hewan-hewan super aneh itu bertambah mengerikan.

LOKASI SKULL ISLAND

Versi 1933 (Original)

Skull Island pertama kali muncul dalam film original King Kong yang dirilis pada tahun 1933. Dalam film hitam-putih ini Skull Island tidak pernah disebutkan secara spesifik di manakah letaknya. Tapi dalam suatu adegan, ketika Carl Denham dkk berdikusi terdapat peta Skull Island yang ada tulisan koordinatnya, yaitu  12°S 78°E. Koordinat tersebut merujuk pada suatu tempat di laut sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia. Lokasi spesifiknya, belum ada yang mengetahuinya dan Merian C Cooper selaku kreator dari King Kong sengaja membuat ini menjadi tetap rahasia agar Skull Island tetap misterius.

 

Versi Remake 1976

Dalam versi remake King Kong tahun 1976 Skull Island terdapat di pantai tengkorak dan lokasinya adalah di sekitar samudera Hindia. Tapi dalam versi ini Skull Island tidak disebutkan di mana detail lokasinya. Diceritakan kalau Skull Island dalam versi ini adalah pulau yang sudah tidak lagi didatangi oleh manusia pasca kecelakaan nuklir pada tahun 70an (dalam film, bukan dunia nyata)

baca juga:  Persamaan Kisah Obito Uchiha Dengan Darth Vader Star Wars

 

Versi Remake 2005 

Dalam versi yang digarap oleh Peter Jackson ini, letak lokasi Skull Island sama dengan versi originalnya yaitu di sebelah barat pulau Sumetera, Indonesia. Dalam versi ini dikabarkan mengambil referensi dari World of Kong di mana pulau tersebut mengalami gempa dan kerusakan ribuan tahun sebelum kejadian di 1933 dan mempunyai iklim yang sangat tidak stabil. Masyarakat primitif setempat diyakini adalah manusia-manusia yang bermigrasi dari wilayah Asia Tenggara. Iklim yang tidak stabil dan terisolirnya pulau ini juga yang membuat Skull Islan terdapat hewan-hewan aneh. Tapi banyak yang salah paham kalau ada yang bilang lokasi syuting dari King Kong 2005 ini adalah di Indonesia, lokasi syuting yang sebenarnya adalah di Selandia Baru, sama sekali bukan di Indonesia.

 

Versi Kong: Skull Island (2017)

Dalam versi ini, dikarenakan tinggi Kong yang mencapai 100 meter dan mempunyai semesta yang sama dengan Godziila, maka Skull Island dalam versi 2017 digambarkan sebagai hutan yang sangat lebat dan luas untuk dapat ditinggali Kong, makhluk-makhluk dalam Skull Island versi terbaru ini juga jauh lebih buas dan lebih besar dibanding dengan versi sebelumnya. Hewan-hewan berukuran raksasa bisa bermunculan dalam versi ini. Untuk lokasinya sendiri tidak disebutkan secara spesifik di dalam film. Namun karena setting-nya yang merupakan pada masa perang Vietnam dan bisa dilihat dari “ciri khas” hutan yang cerah kecoklatan, bisa dipastikan Skull Island dalam versi ini terletak di wilayah Asia Tenggara. Tapi entah di mana. Mungkin saja terdapat di wilayah laut indo-china.

 

Nah, sekarang kita tahu kalau dalam versi aslinya, Skull Island terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia. Entah mengapa Merian C Cooper memilih lokasi tersebut untuk dijadikan tempat tinggalnya primata raksasa terkenal itu.

baca juga:  9 Fakta Tentang Persaingan Marvel dan DC Comics

Data dan referensi diambil dari wikipedia english dan diringkas secukupnya.

 

 

Comments

  1. By Ananan

    Balas

    • By Hilman Sky

      Balas

  2. By wawan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi