Inilah Dia 7 Film Superman (Anak Emas DC) Dari Masa Ke Masa

Lagi bingung mau menulis apa, tiba-tiba satang ide untuk menuliskan film-film Superman (superhero kebanggaan DC) yang pernah ada, ya sudah saya tuliskan saja karena yakin di luaran sana masih banyak orang-orang yang tidak tahu jumlah film Superman ada berapa dan bagaimana perkembangannya. Langsung saja kita bahas ulasan singkatnya.

1. Superman (1978)

 

DC membuat gebrakan besar dengan membuat film live action perdananya dan mengangkat Superman ke layar lebar, ambisi ini DC bekerja sama dengan Warner Bross dan lahirlah Superman: The Movie yang dirilis pada 1978. Film ini meraih kesuksesan besar dan disebut-sebut sebagai awal film superhero. Film ini disutradarai oleh Richard Donner dan melambungkan nama Cristopher Reeve yang memerankan Clark Kane alias Superman. Film pertama Superman ini menceritakan asal mula Superman yang berawal dari kehancuran planet Krypton. Semua diceritakan secara rinci bagaimana seorang Clark Kent mendapati dirinya bukanlah manusia biasa dan harus menghentikan usaha jahat Lex Luthor (Gene Hackman). Film ini menuai pujian dari para kritikus dan sukses besar di box office.

2. Superman II (1980)

Superman II dirilis pada 1980 dan masih dibintangi oleh Crhistopher Reeve sebagai Clark Kent. Superman II disutradarai oleh Richard Donner namun saat produksi film hampir selesai, ia dipecat dan digantikan oleh Richard Lester. Superman II melanjutkan kisah dari film pertamanya, diawali dengan hancurnya penjara 3 dimensi yang dihuni oleh tiga penjahat Krypton termasuk Jenderal Zod, mereka bertiga jatuh ke bumi dan membuat kekacauan, ketiga penjahat tersebut mempunyai kekuatan yang sama dengan Superman dan ia harus menghentikannya saat harus terjebak dalam hubungan cinta dengan rekan kerjanya, Louis Lane. Di sisi lain, Lex Luthor dan komplotannya kabur dari penjara. Superman II bisa dibilang mempunyai kualitas yang lumayan walaupun tidak sesukses film pertamanya.

baca juga:  Nishimiya Shouko vs Naoka Ueno, Siapakah Yang Terbaik?

3. Superman III (1983)

 

Superman III memiliki plot yang tidak karuan dan jauh dari kata memuaskan seperti dua film sebelumnya meskipun sosok Clark Kent masih diperankan oleh Crhistopher Reeve. Superman III disutradarai oleh Richard Lester dan membuktikan jika film Superman II bisa bagus bukan karena hasil pekerjaan dia, melainkan karena Richard Donner. Mengisahkan tentang pengusaha kaya bernama Ross Webster menemukan bakat-bakat terpendam dari Gus Gorman, seorang ahli komputer. Ross menyalahgunakan bakat Gus dan memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan demi keuntungannya sendiri. Namun semuanya berjalan kacau dan malah membangkitkan inkarnasi Superman yang sifatnya jahat, Superman asli harus menghentikannya. Kacau bukan?

4. Superman IV: Quest For Peace (1987)

Superman IV yang ditangani oleh Sidney J Furie ini adalah film Superman yang gagal total baik secara kritik maupun komersial. Superman IV adalah film Superman terakhir yang dibintangi oleh Christopher Reeve. Film ini mendapatkan kritikan tajam karena kualitasnya sangat terjun bebas bila dibandingkan dengan film pertamanya. Kembalinya Gene Hackman sebagai Lex Luthor tidak membuat film ini tampil bagus. Visual effect yang menyedihkan menjadi sorotan film yang dirilis tahun 1987 tersebut. Akibatnya DC tidak mau lagi melanjutkan film Superman, mereka lebih memilih memulai proyek baru yaitu film Batman pertama yang dirilis dua tahun kemudian.

5. Superman Returns (2006)

Pasca meninggalnya Christopher Reeve, pihak DC memutuskan untuk membuat kembali film Superman setelah belasan tahun lamanya tidak ada film Superman yang baru. Kali ini aktor kurang terkenal, Brandon Routh ditunjuk untuk memerankan Clark Kent dan aktor kawakan Kevin Spacey sebagai Lex Luthor. Bryan Singer yang sukses besar lewat film X-Men dipercaya sebagai sutradara. Dah hasilnya adalah sebuah film berjudul Superman Returns yang tidak bisa dibilang jelek namun juga tidak bisa disebut istimewa. Superman Returns adalah kelanjutan dari Superman (1978) dan Superman II (1980), dengan demikian film ketiga dan keempat ceritanya dianggap tidak pernah ada.

baca juga:  Mengenal Serial Superhero Marvel Jaman Dulu

6. Man Of Steel (2013)

Dianggap tidak memenuhi ekspektasi, DC membatalkan sekuel Superman Returns yang sedianya dirilis pada 2009 dan menggantinya dengan proyek reboot. Henry Cavill terpilih sebagai aktor yang memerankan Clark Kent dan Zack Snyder yang namanya melambung lewat karyanya (300, Watchmen) menjadi sutradara. Sebagaimana film Reboot, Man of Steel menceritakan awal mula Superman dari mulai kehancuran planet Krypton, jatuh ke Bumi, ditemukan oleh Jonathan dan Martha, diadopsi dan begitulah seterusnya sampai ia menyadari ia bukanlah manusia biasa dan kedatangan Jenderal Zod, penjahat Krypton yang mengincarnya.

7. Batman v Superman (2016)

Siapa yang menyangka jika Man of Steel merupakan awal dari proyek DC Extended Universe? Batman v Superman merupakan film pertama Superman yang menampilkan Batman dan sang putra Krypton dalam satu layar. Sayangnya banyak kritikus yang mencomooh film ini karena dinilai kurang dari segi cerita. Dalam film ini juga menjadi penampilan pertama Ben Affleck sebagai Batman alias Bruce Wayne.

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi