Inilah Aktor Pemeran Superman/Clark Kent Dari Masa Ke Masa

Sejak diperkenalkan pada tahun 1938 melalui Action Comics, Superman telah meraih popularitas yang sangat tinggi dan menjadi pop kultur serta icon nasional Amerika Serikat. Superhero ciptaan Joe Shuster dan Jerry Siegel itu memang sudah merambah semua media hiburan termasuk film dan serial televisi. Berkat kepopuleran sang manusia baja tersebut, Superman akhirnya pertama kali diangkat ke dalam live action melalui serial televisi di medio 40an. Sederet nama aktor sudah memerankan sosok penduduk planet Krypton terakhir ini, siapakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Kirk Alyn

Aktor yang pertama kali memerankan Superman adalah Kirk Allyn. Dia memerankan Superman dalam serial televisi Superman pertama pada tahun 40an sampai 50an. Sebelum memerankan Superman, Allyn dikenal sebagai aktor yang sering bermain di film drama musikal. Setelah memerankan Superman, Allyn juga memerankan Superman dalam serial televisi lanjutannya “Atom Man vs Superman”. Kirik Allyn sempat menjadi Cameo dalam Superman: The Movie pada tahun 1978.

2. George Reeves

Aktor kedua yang memerankan Superman adalah George Reeves . Sebelum membintangi serial televisi Superman di tahun 50an, George sempat bermain di film-film besar sebagai peran pendukung seperti dalam film Gone With The Wind. Awalnya George enggan menerima tawaran untuk menjadi Superman karena rendahnya minat publik Amerika Serikat pada serial televisi pada waktu itu, akan tetapi serial tersebut tetap dibintangi oleh George Reeves dan mendapatkan penerimaan yang lumayan. Setelah selesai membintangi Superman, Goerge Reeves karirnya merosot dan terpuruk. 

3. Christopher Reeve

Inilah aktor-aktor yang disebut-sebut sebagai pemeran Superman terbaik sepanjang masa, Reeve dianggap mempunyai Kharisma paling Superman dan tokoh fiksi tersebut seringkali identik dengan dirinya. Mungkin sama dengan Robert Downey sebagai Iron Man atau Hugh Jackman sebagai Wolverine. Reeve memerankan Superman dalam film layar lebar pertama Superman pada tahun 1978 yang ditangani oleh sutradara Richard Donner. Reeve sendiri juga dari awal sudah sangat ingin memerankan Superman. Film ini mendapatkan penerimaan yang sangat positif hingga memunculkan tiga sekuel lanjutannya. 

baca juga:  Urutan Film Christopher Nolan Dari Yang Biasa Saja Sampai Yang Terbaik

4. Dean Cain

Dean Cain bermain sebagai Superman pada serial televisi tahun 1993. Serial televisi tersebut lebih menekankan pada kisah Clark Kent secara personal ketimbang Superman sendiri. Dean Cain adalah mantan Atlet American Football sebelum dirinya memerankan Clark Kent. Serial televisi tersebut dihentikan pada musim keempat akibat rating yang buruk dan penilaian yang negatif.

5. Tom Welling

Tom memerankan Clark Kent dalam serial televisi Smallville selama 10 tahun, meski demikian dirinya tidak pernah memerankan Superman dalam film layar lebar. Tom pernah dinominasikan untuk memerankan Edward Cullen untuk film Twilight. Pada saat rencana pembuatan Man Of Steel (2013) nama Tom Welling juga sempat dipertimbangkan oleh fans untuk memerankan Superman, namun Zack Snyder selaku sutradara lebih memilih Henry Cavill. 

6. Brandon Routh

Sempat akan disutradarai oleh Tim Burton, Superman Returns (2006) akhirnya ditangani oleh Bryan Singer. Singer memilih Brandon yang ketika itu adalah aktor yang kurang terkenal. Brandon mampu memancarkan sedikit kharisma dari Christoper Reeve, namun film ini kurang mendapatkan penerimaan yang positif. Setelah memerankan Superman, Brandon malah semakin sedikit menerima tawaran untuk bermain film.

7. Henry Cavill

Akibat kegagalan Superman Returns, pihak DC dan WB menunjuk Zack Snyder untuk membuat lagi film Superman yang baru dengan desain dan reboot yang baru. Snyder memilih Cavill untuk memerankan Superman, dan lumayan mampu memancarkan pesona seorang Clark Kent dalam Man Of Steel. Man Of Steel merupakan film pertama Superman tanpa embel-embel “Superman”. Dalam Batman v Superman, Cavill beradu akting dengan Ben Affleck yang memerankan Batman. Cavill jadi aktor pertama yang memerankan Superman yang satu universe dengan Batman. Satu hal lagi, Cavill juga jadi aktor Superman pertama yang memakai celana dalamnya di dalam, bukan di luar.

baca juga:  Profil Superhero DC: Batman Alias The Dark Knight

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi