Featured, Superhero

Inilah 8 Aktor Pemeran Batman Dari Masa Ke Masa

Sejak diangkat ke media serial televisi di tahun 1943, Batman sudah lebih dari 70 tahun sudah dibintangi banyak aktor mulai dari sandiwawa radio, serial televisi, serial animasi hingga tentunya film layar lebar. Banyak aktor silih berganti memerankan tokoh ksatria kegelapan tersebut. Banyak yang berhasil dan melambungkan nama aktor tersebut, tapi ada juga ada yang gagal dan menanggung malu. Tidak seperti aktor Superman yang ada istiliah “kutukan Superman” para pemeran Batman tidak ada yang terpuruk karirnya setelah selesai memerankannya dan bahkan justru semakin bersinar. Berikut adalah para aktor pemeran Batman dari masa ke masa.

1. Lewis Wilson

Lewis Wilson adalah aktor pemeran Batman/Bruce Wayne yang paling pertama sepanjang sejarah Batman dalam serial tv hitam putih Batman tahun 1943. Wilson menjadi Batman dalam serial tv bernuansa komedi tersebut sebanyak 15 Episode dan cuplikannya bisa kamu saksiksan di youtube. Serial ini memang bukanlah yang serius dan hanya untuk serial Batman dalam nuansa Komedi.

2. Robert Lowrey

Aktor kedua yang memerankan Batman adalah Robert Lowrey.Dia memerankan Bruce Wayne pada serial TV di tahun 1949 dan tahun 50an. Serial televisi ini sedikit lebih serius dari sebelumnya dengan special effect yang sangat sederhana dan masih berformat hitam-putih.

3. Adam West

Setelah membintangi Batman TV series tahun 1966, karir Adam West semakin memuncak dan banyak tawaran film padanya. Adam West adalah salah satu aktor Batman yang sukses dan banyak yang menyukainya. Batman TV series bukanlah series Batman yang bernuansa serius melainkan sebuah serial yang fun dan ditambah komedi, namun penonton justru menyukai itu dan penampilan dari Adam West sendiri serta partnernya Robin yang diperankan oleh Burt Ward. Batman TV Series 1966 dapat kamu saksikan cuplikan-cuplikannya di Youtube.

4. Michael Keaton

Michael Keaton adalah aktor Batman pertama untuk versi lebar pada tahun 1989 dan juga membintangi Batman Returns (1992) yang juda disutradarai oleh Tim Burton. Sebelum membintangi Batman, Keaton merupakan aktor yang sudah terkenal. Setelah Keaton memerankan Bruce Wayne dalam Batman Returns, dia mengundurkan diri menyusul Tim Burton. Karir Keaton setelah memerankan Batman bisa dibilang cukup cemerlang. Dia memerankan tokoh Bruce Wayne dengan kharisma yang dimilikinya. Pada tahun 2013 membintangi film Birdman.

5. Val Kilmer

Val Kilmer menggantikan Keaton dalam film Batman Forever (1995) yang disutradarai oleh Joel Schumacher. Kemampuannya dalam memerankan Bruce Wayne bisa dibilang lumayan dan sedikitnya mampu mengimbangi Keaton dengan semua kharismanya. Kilmer hanya membintangi satu film Batman setelah dia memutuskan untuk mengundurkan diri.

6. George Clooney

Aktor papan atas George Clooney memerankan Batman dalam Batman and Robin (1997) dan film tersebut seperti yang sudah diketahui hancur total dan membuat DC menanggung malu. Joel Schumacher selaku sutradara adalah orang yang bertanggung jawab dibalik semua itu. Tapi akting Clooney sebagai Batman dalam film ini juga ternyata dianggap sebagai peran Batman terburuk sepanjang masa dengan gestur yang bodoh dan kostum yang konyolnya. Namun setelah itu, Clooney perlahan bangkit dari keterpurukan karirnya dengan membintangi sejumlah film lain dan berbalik mendapatkan penghargaan.

7. Christian Bale

Bale memerankan Bruce Wayne dalam reboot Batman Begins garapan Nolan dan mampu memancarkan pesonanya sebagai playboy kelas kakap yang kaya raya serta penuh dengan trauma masa lalu. Bale sejauh ini adalah pemeran Batman terbanyak sebanyak tiga film dalam The Dark Knight Trilogy. Karir Bale semakin bersinar setelah membintangi Batman sampai tiga film.Bale dianggap sebagai pemeran Bruce Wayne/Batman terbaik.

8. Ben Affleck

Ada awalnya, banyak fans yang muak dan tidak setuju jika Affleck harus menggantikan Bale dalam Batman v Superman. Fans menuntut petisi untuk Affleck mundur dari perannya sebagai Batman, namun Affleck bersikeras tidak mau mundur dari film yang digarap oleh Zack Snyder tersebut. Hasilnya di luar dugaan, ternyata akting Affleck sebagai Batman banyak yang suka terlepas dari filmnya yany menuai banyak kritik. Peran Affleck sebagai Bruce Wayna dirasa mampu dan terlihat kualitas akting dari Affleck.