Inilah 10 Film Batman dari Masa ke Masa

Batman merupakan supehero kebangaan DC Comics dan merupakan tokoh fiksi yang sangat terkenal di dunia yang diciptakan oleh seniman Bob Kane dan muncul pertama kali dalam Detective Comic #27 tahun 1939 dan langsung booming dalam seketika. Komik Batman laku keras dan menjadikannya superhero yang iconic dan kemudian diangkat ke berbagai media lain seperti serial animasi hingga film. Selama puluhan tahun, Batman sudah beberapa kali difilmkan dengan versi yang berbeda-beda dan aktor yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah 10 Batman dari masa ke masa.

1. Batman: The Movie (1966)

Pertama kali Batman diangkat ke layar perak adalah pada tahun 1966 lewat Batman: The Movie yang dibintangi Adam West sebagai Bruce Wayne/Batman. Film ini adalah versi layar lebar dari serial televisi Batman yang juga dibintangi oleh aktor dan aktris yang sama. Kostum yang aneh, cerita yang ringan dan banyak unsur komedi membuat film Batman pertama ini bukanlah film yang serius. Tapi Batman The Movie akan terus dikenang sebagai film pertama dari manusia kelelawar, meskipun Batman yang satu ini sangat jauh dari kata sangar dan gelap.

2. Batman (1989)

Melihat kesuksesan film-film Superman yang sudah menelurkan empat film, pihak DC merasa sudah saatnya giliran Batman yang akan diangkat ke layar lebar secara serius dan tidak “main-main” lagi seperti film sebelumnya. Batman kali ini disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Michael Keaton. Hasilnya, film ini laris manis di pasaran dan mendapatkan banyak penghargaan. Batman (1989) langsung menceritakan Bruce Wayne pada saat menjadi Batman tanpa basa-basi menceritakan asal muasal Bruce Wayne. Dalam film ini Batman harus mengalahkan Jack Napier yang berubah menjadi Joker, basut kriminal yang gila yang mengacaukan kota Gotham dengan motif balas dendam. Joker yang diperankan oleh Jack Nicholson menjadi sosok yang ditakuti  karena prilakunya yang gila dan selera humornya yang jahat.

baca juga:  Profil 6 Superhero Anggota Justice League Dalam DCEU

3. Batman Returns (1992)

Kusuksesan film sebelumnya yang mendapatkan pendapatan dan penghargaan yang banyak. Sekuelnya pun dirilis pada tahun 1992 dan masih disutradarai oleh Tim Burton juga Michael Keaton yang masih menjadi Bruce Wayne. Film ini hasilnya tidak mengecewakan dan tetap sebagus film pertamanya. Batman Returns menjadi film pertama di dunia yang memakai teknologi Dolby Digital. Batman Returns menceritakan Penguin aka Oswald Cobblepot (Denny DeVito) seorang bertubuh cacad seperti penguin yang sejak bayi dibuang oleh orang tuanya dan dirawat oleh penguin mutan di bawah jembatan. Muak dan merasa dendam dengan kehidupannya Penguin mulai melakukan kejahatan di Gotham dan berambisi untuk menghancurkan Batman.Kehadiran Catwoman menjadikan cerita semakin rumit.

4. Batman Forever (1995)

Belum puas dengan hanya dua film, DC merilis satu film lagi pada tahun 1995. Tim Burton sudah tak mau lagi untuk duduk sebagai sutradara dan hanya menjadi produser, Joel Schumacher yang menggantikannya. Michael Keaton juga ikut mengundurkan diri dan pemeran Brucw Wayne digantikan oleh Val Kilmer. Film ini tidak sesukses dua film sebelumnya, nuansa gelap dan serius ala Tim Burton tiba-tiba saja berubah tak karuan ketika ditangani oleh Joel Schumacher. Kali ini Batman tidak sendirian, dia dibantu oleh Robin untuk menangani rentetan kejahatan yang dilakukan oleh Harvey Dent alias Two-face dan The Ridler. Film ini mendapatkan ratting yang beragam dan kebanyakan menilai bahwa film ini buruk.

5. Batman and Robin (1997)

Rasanya tidak perlu dijelaskan lagi film ini seperti apa. Film yang membuat Batman harus tertunduk malu dan film superhero paling hancur-hancuran dan tidak bisa dimaafkan. Batman and Robin menjadi bahan ejekan dan lelucon oleh para kritikus dan bahkan oleh fans DC sendiri. George Clooney yang memerankan Bruce Wayne juga dianggap sebagai aktor Batman terburuk sepanjang masa. Pokoknya DC dan Warner Bros sangat menyesal telah membuat film Batman and Robin akibat ulah Joel Schumacher yang tidak terpuji itu. Imbasnya DC tidak mau membuat film lagi dalan waktu yang cukup lama.

baca juga:  5 Film Yang dianggap Buruk tapi Berhasil Meraih Piala Oscar

6. Batman Begins (2005)

Merasa tak harus terus-terusan terpuruk akibat dosa dan kesalahan di masa lalu, DC akhirnya mau membuat film Batman lagi. Crishtopher Nolan yang saat itu tengah bersinar berkat film Memento (2000) dan Insomnia (2002) didaulat oleh Warner Bros sebagai sutradara dan mendapatkan tugas yang berat untuk mengangkat kembali Batman dari “lubang Jarum”. Keputusan DC dan Warner Bros adalah sangat tepat. Batman Begins akhirnya mampu mengembalikan citra Batman yang sebenarnya lewat penceritaan yang mendetail mengenai masa lalu Bruce Wayne (Chrisrian Bale) dan awal mula mengapa dia memutuskan untuk menjadi Batman. Batman Begins merupakan reboot yang sangat fantastis, menceritakan Bruce Wayne yang turun menjadi pahlawan Gotham untuk melakukan pembersihan terhadap para kriminal dan menghadapi gurunya sendiri yang merupakan pemimpin organisasi kriminal kelas kakap, Ra’s Al Ghul. Batman Begins tidak hanya sukses secara kritik tapi juga berhasil mendapatkan pundi-pundi dollar dari seluruh dunia.

7. The Dark Knight (2008)

Nolan benar-benar mencapai puncak karirnya setelah The Dark Kinght menjadikan filn Batman paling dikenang dan mempunyai nilai cerita yang sangat berbobot. The Dark Knigt menjadi film superhero dengan nilai IMDb paling tinggi dan disejajarkan dengan film legendaris, The Godfather. Film ini menjadi terkenal karena penampilan akting dari Heath Ledger  yang menjadi badut psikopat edan, Joker. The Dark Knight adalah filmnya Joker. Saya sendiri sudah menonton The Dark Knight berkali-kali dan tidak pernah bosan. Film ini merupakan film kedua dari trilogi Batman versi Nolan. Mendiang Heath Ledger memenangkan piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik di tahun 2009.

8. The Dark Knight Rises (2012)

baca juga:  15 Mobil Terbaik Dalam Seri Film Fast and Furious

Nolan menyudahi trilogi Batman miliknya pada tahun 2012 dengan hasil yang sangat memuaskan dan menyuguhkan puncak konflik yang memukau. Batman (Crishtian Bale) harus kembali menjadi Batman setelah 7 tahun menghilang pasca kejadian di The Dark Knight. Di penutup trilogi ini Batman yang tak berdaya harus berhadapan musuh yang sangat kuat, Bane (Tom Hardy). The Dark Knight Rises membuat trilogi Batman-nya Nolan menjadi sempurna.

9. Batman v Superman: Dawn Of Justice (2016)

Sebenarnya, Nolan sempat diminta oleh pihak WB untuk terlibat dalam proyek Justice League. Namun Nolan menolaknya karena merasa tugasnya untuk “membangkitkan” Batman sudah selesai dan tidak mau lagi terlibat dalam urusan Batman yang akan direboot lagi. Batman v Superman (BvS) yang ditangani oleh Zack Snyder menjadikan film Batman pertama yang mempertemukannya dengan Superman. Ben Affleck yang memerankan Bruce Wayne juga sempat ditolak oleh para penggemar namun akhirnya malah menyukainya. BvS mendapatkan hasil yang kurang memuaskan karena cerita dan plot yang berantakan. Ya, letak kesalahan dalam BvS bukanlah masalah akting, kostum, ataupun visual effect. Masalah satu-satunya BvS adalah kualitas cerita. Namun bagaimanapun BvS tetap mendapatkan pendapatan yang cukup tinggi si box office seluruh dunia. 

10. The Batman (2018)

Merupakan film yang akan datang dan menjadi bagian proyek DCEU dan sekaligus menjadi film solo Batman pertama pasca selesainya trilogi The Dark Knight. The Batman akan disutradarai oleh Matt Reeves dan Ben Affleck tetap dipercaya menjadi Bruce Wayne setelah menerima pujian para penggemar berkat aktingnya dalam BvS.

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi