8 Film Tentang Robot Terbaik dan Wajib Tonton

Film fiksi ilmiah salah satu sub-genre nya yaitu bercerita atau bertema tentang robot. Mulai dari robot yang membantu manusia, berperang, sampai melakukan pembantaian terhadap umat manusia. Berikut ini kita akan membahas deretan film bertemakan robot terbaik sepanjang masa dan wajib tonton terlebih bagi kamu yang menyukai genre fiksi ilmiah atau sci-fi.

8. Westworld (1973)

Film ini disutradarai oleh penulis novel Michael Crichton. Seorangll penulis novel Jurassic Park yang fenemonal itu. Jauhl sebelum menulis Jurassic Park, Crichton terlebih dahulu membuat film Westworld yang bercerita tentang dunia di masa depan dan terdapat taman bermain (theme park) raksasa yang dinamai Westworld. Theme Park tersebut bertema zaman koboi, dan pengunjung yang masuk ke sana bebas melakukan apapun termasuk pembunuhan karena theme park tersebut diisi oleh robot-robot yang sangat mirip manusia. Robot-robot tersebut dinamai host dan pengunjung disebut sebagai guest. Ide cemerlang Crichton ini memanglah brilian. Kita akan diajak mengarungi zaman koboi yang penuh bahaya namun isinya robot semua dan kita bebas membunuh semuanya, bayangkan jika itu ada.

7. A.I Artificial Intelligence (2001)

Film ini adalah garapan Stanley Kubrick, namun ia meninggal saag masih proses produksi dan akhirnya Steven Spielberg yang mengerjakannya. A.I adalah sebuah film fiksi ilmiah robot yang mengandung pesan sosial dan kehidupan yang sangat kuat. Bercerita tentang ‘seorang’ robot humanoid super canggih yang ditanamkan program ‘perasaan’ dan diadopsi oleh sepasang suami istri yang anaknya sedang sakit parah. Kita diajak menggali makna film ini lebih dalam sekaligus merasakan simpati pada David, si robot spesial dalam film ini, yang ingin sekali mendapatkan pengakuan dan ingin menjadi manusia.

6. Robocop (1987)

Merupakan sebuah masterpiece dari seorang Paul Perhoeven yang berhasil menciptakan film cyborg yang diselipi adegan-adegan yang cukup sadis namun disajikan dengan elegan dan cerita yang berkualitas Robocop adalah cyborg yang dulunya adalah Murphy, seorang polisi yang tewas dalam tugasnya mengejar para penjahat. Alex Murphy yang tubuhnya rusak itu lantas dibuat percobaan dan jadilaj Robocop untuk memberantas kejahatan. Pada tahun tersebut Robocop jelas adalah film dengan cerita yang inovatif.

5. I, Robot (2004)

Film yang diangkat dari cerpen karya Isaac Asimov ini menceritakan dunia masa depan di mana robot dan manusia hidup berdampingan dan robot bukan lagi barang yang aneh. Seorang polisi bernama Spooner yang diperankan oleh Will Smith sangat membencu robot karena kisah di masa lalunya. Ia menyelidiki produksi robot yang ternyata ada robot yang membunuh sesama robot dan punya kesadaran sendiri sehingga robot dapat mengancam keselamatan umat manusia. Ceritanya memang klasik, tentang robot yang mencoba menjajah manusia. Nuansa futuristik juga sangat terasa dalam film ini.

4. Pacific Rim (2013)

Sepertinya film ini terinspirasi anime mecha dan tokusatsu kaiju ala Jepang. Pacific Rim yang disutradarai oleh Gueillermo Del Toro bercerita tentang dunia di masa depan di mana terdapat monster-monster raksasa yang disebut kaiju mengancam dunia dan umat manusia merancang robot-robot raksasa yang disebut Jaeger untuk melawannya. Robot raksasa tersebut dikendalikan oleh dua orang yang keduanya harus ‘satu hati’. Menonton film ini seperti melihat live action anime mecha dan sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta film-film bernuansa teknologi tingkat tinggi.

3. Wall-E (2008)

Sebuah film garapan Pixar yang menjadi masterpiece karena ceritanya yang benar-benar membuka mata kita tentang sangat berharganya planet yang kita tempati sekarang ini. Bercerita tentang dunia di masa depan di mana Bumi sudah tak tersisa satu manusia pun dan ada robot kecil pengangkut sampah bernama Wall-E, dia terus-terusan mengangkut sampah setiap harinya hingga ia sadari bahwa tempatnya ia berada sudah tidak ada siapa-siapa lagi. Suatu ketika Wall-E bertemu dengan robot probe bernama Eve dan mereka berkenalan. Eve ditugaskan dari luar angkasa apakah masih ada tumbuhan yang hidup di Bumi. Tumbuhan kecil itu ada di tangan Wall-E dan mereka pergi ke pesawat luar angkasa. Wall-E kaget ternyata para manusia yang masih tersisa ada di pesawat itu dengan  kehidupan yang sangat membuat mereka malas bergerak dan bergantung pada teknologi dan semuanya menderita obesitas parah. Betapa gilanya film ini mampu memprediksi masa depan, di mana saat ini pun hal tersebut seolah menjadi kenyataan, manusia kini kecanduan gadget dan bergantung pada teknologi. Pesan dan nilai cerita film Pixar ini jelas tidak bisa dianggap remeh.

2. The Terminator (1984)

Sebuah karya yang mampu melambungkan nama James Cameron sebagai sutradara yang jenius man ambisius. Lewat film ini pula Arnold Schwarzenegger karirnya semakin di atas angin. Film pertama Terminator ini mengisahkan robot pembunuh yang disebut Terminator yang dikirim oleh Skynet dari masa depan untuk membunuh Sarah Connor di tahun 1984. Di tahun 2029 mesin alias robot sudah memberontak dan membunuh manusia, John Connor adalah pemimpin umat manusia untuk berperang melawan mesin yang disebut Skynet tersebut. Di lain pihak John Connor juga mengirim sahabatnya Kyle Reese ke masa lalu untuk dapat melindungi ibunya tersebut, Sarah Connor. Film ini sebenarnya punya budget yang pas-pasan tapi Cameron mampu membuat film ini istimewa.

1. Terminator 2: Judgment Day (1991)

Belum ada film fiksi ilmiah tentang robot yang mampu mengalahkan Terminator 2 sampai saat ini. Film ini dianggap film yang sangat fenomenal karena mampu menerapkan visual effect yang memukau yang pada masa itu sulit untuk dilakukan. Bahkan hingga saat ini visual effect yang digunakan dalam Terminator 2 masih terlihat “wah”. Terminator 2 juga membuktikan bahwa James Cameron bukanlah sutradara biasa. Kisahnya sendiri menceritakan setelah kejadian di film pertamanya di mana robot T-800 yang kini telah diprogram menjadi baik dan dikirim dari masa depan oleh John Connor untuk melindungi ibunya, Sarah Connor karena pihak Skynet mengirim robot pembunuh bernama T-1000 yang jauh lebih canggih.

Post Author: Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi