Featured

Urutan Film Christopher Nolan Dari Yang Biasa Saja Sampai Yang Terbaik

Nama Christopher Nolan kini menjadi salah satu nama sutradara terbaik di industri perfilman Amerika Serikat dan dikenal sebagai pembuat film yang mempunyai pemikiran yang revolusioner dengan kejeniusannya dalam meracik sebuah adegan demi adegan menjadi sebuah cerita yang sangat memukau dan membuat para penontonnya berdecak kagum. Nolan mengawali karirnya sebagai sutradara dengan film pertamanya di tahun 1989 berjudul Tarantella yaitu sebuah film pendek amatir yang belum pernah dirilis secara resmi. Namun namanya dikenal setelah menyutradarai film MEMENTO di tahun 2000. Film tersebut menjadi fenomenal dan membuat nama Nolan bersinar di Hollywood. Setelah Memento, Nolan bersama adiknya, Jonathan Nolan selalu konsisten menghasilkan karya-karya brilian dan tidak biasa yang sering mendapatkan banjir pujian dari para kritikus film. Berikut adalah urutan film Nolan dari yang biasa saja sampai yang terbaik, ini adalah opini saya pribadi berdasarkan referensi yang ada di internet seperti IMDb atau pun Rotten Tomattoes.

Insomnia (2002)

Pasca kesuksean Memento, Nolan mendapatkan banyak sekali tawaran dari studio untuk proyek besar membuat film baru. Kali ini Nolan berkolaborasi dengan aktor kawakan Al Pacino dan Martin Donovan. mengisahkan tentang sepasang rekan polisi yang tengah diberikan tugas untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan. Mereka berdua adalah Dormer (Al Pacino) dan rekannya yaitu Hap (Martin Donovan). Kasus yang tengah mereka selidiki adalah kematian gadis remaja berusia 17 tahun. Banyak sekali misteri yang terselubung di balik kematian gadis tersebut. Sehingga ketika kedua polisi tersebut sudah sampai di tempat perkara sekalipun tetap saja sulit untuk bisa mengungkap kasus kematian gadis remaja tersebut. Film drama kriminal ini dirilis pada tahun 2002 dan merupakan film pertama Nolan pasca kesuksesan Memento. Banyak pengamat yang menilai jika film ini memang bagus tapi kualitasnya belum mampu menyaingi Memento.

Memento (2000)

Ya, Inilah film yang membuat nama Christopher Nolan mencuat dan mendapatkan perhatian dunia perfilman. Film ini bukanlah film biasa atau pun film yang penuh dengan aksi dan ledakan, melainkan film berbudget hemat namun dibuat dan disajikan dengan sangat cerdas. Memento berjalan dengan alur yang tidak biasa (non linear) berupa layar warna yang mengisahkan alur acak seperti puzzel dan hitam putih untuk alur maju. Dua scene alur tersebut kemudian bertemu dalam ending. Intinya adalah awal film adalah endingnya itu sendiri. bercerita tentang sebuah tragedi yang dialami oleh Leonard Shelby (Guy Pearce). Tragedi itu adalah ketika Leonard Shelby mengalami sebuah perampokan. Sang perampok memperkosa sekaligus membunuh istri dari Leonard Shelby. Tidak hanya itu, sang perampok juga memukul kepada Leonard Shelby dengan sangat keras. Akibat pukulan tersebut, ia langsung pingsan dan ketika ia sudah terbangun, Leonard Shelby kehilangan segalanya. Istrinya juga sekaligus ingatannya. Film ini dapat menyebabkan kebigungan dan kesenangan pada penontonnya.

The Dark Knight Trilogy

Sengaja saya satukan ketiga film Batman ini karena memang masih dalam satu kesatuan dan kulaitas ketiga filmnya sama-sama sangat hebat. Nolan mampu mengangkat Batman ke tempat yang seharusnya setalah manusia kelelawar itu hancur dan menanggung aib akibat ulah sutradara Joel Schumacher yang menghancurkannya lewat Batman and Robin (1997). Sampai saat ini The Dark Knight Trilogy dianggap sebagai trilogi Superhero terbaik sepanjang masa bahkan The Dark Knight (2008) dianggap sebagai film Superhero terbaik dan belum ada yang mampu mengalahkan.

The Prestige (2006)

Di sela-sela pembuatan The Dark Knight, Nolan masih mampu membuat film hebat sebagus The Prestige, film ini dirilis pada tahun 2006 atau hanya berselang satu tahun setelah dirilisnya Batman Begins. Nolan memilih Christian Bale sebagai pemeran utamanya bersama dengan Hugh Jackman sehingga muncul guyonan Batman vs Wolverine. Film The Prestige  mengisahkan tentang dua pesulap handal bernama Angier (Hugh Jackman) dan Borden (Christian Bale). Mereka berdua bekerja di sebuah tempat sulap yang dimiliki oleh Cutter. Cutter sendiri adalah seorang pesulap senior dan mampu melihat bakat-bakat sulap setiap orang. Sehingga tidak heran apabila Cutter begitu senang sekaligus bangga memiliki anak didik seperti Angier dan Borden. Karena menurutnya, mereka berdua memiliki talenta yang luar biasa dalam seni bermain sulap. Mulai dari alur yang sangat menarik hingga ending dan twist yang tidak terduga menjadikan film ini sangat layak untuk ditonton.

Interstellar (2014)

Lagi-lagi Nolan bermain-main dengan membuat film yang membuat penontonnya berpikir keras, dirilis pada tahun 2014 atau dua tahun setelah trilogi Batman-nya berakhir, Interstellar menjadi film yang mendapatkan banyak sorotan di tahun 2014 karena menjadi film sains fiksi yang menyajikan hal-hal yang tak terduga sebelumnya. Film ini memiliki kisah tentang sekelompok wisatawan yang pergi keruang angkasa untuk melakukan perjalanan melalui wormhole. Nolan benar-benar mengajak penontonnya berpikir dan terpukau dengan segala hal yang berbau sains, fisika, hingga tentang planet dan tata surya serta relativitas waktu.

Dunkirk (2017)

Inilah film perang pertama yang dibuat oleh Christopher Nolan yang baru saja dirilis pada pertengahan tahun 2017, film ini mengangkat perang dunia kedua. Film ini dikatakan oleh para kritikus menjadi pembaruan yang sangat revolusioner karena mampu membedakan dengan film perang dunia kedua lainnya. Dunkirk adalah film perang yang minim dialog, namun di sisi lain dapat menimbulkan ketegangan dan mencekam serta terasa sangat nyata sepanjang film. Dunkirk bercerita tentang operasi penyelamatan tentara Sekutu terbesar dalam sejarah kemiliteran pasca meletusnya Perang Dunia ke 2. Dimulai ketika pada pasukan utama pihak sekutu yang terdiri dari pasukan Inggris dan Perancis yang berada di wilayah Dunkirk dikalahkan oleh pihak Nazi. Dimana dalam kekalahan tersebut para tentara Nazi berhasil memojokkan ribuan tentara sekutu di Pantai Dunkirk. Dan menjadikannya sebagai kekalahan terbesar pihak Sekutu.

Inception (2010)

Tidak salah dan tidak diragukan lagi jika Inception adalah film Nolan terbaik hingga saat ini. Tidak ada orang kepikiran sebelumnya untuk membuat film super gila dan cerdas seperti Inception. Inception sukses meraih penghargaan Oscar untuk Sinematografi terbaik dan Visual efek terbaik. Film fiksi ilmiah tercerdas ini mengisahkan tentang Dominick “Dom” Cobb (Leonardo DiCaprio) dan Arthur (Joseph Gordon-Levitt) yang bekerja menjadi ‘pengesktrak’, yaitu orang yang mengambil informasi dari seseorang dengan menggunakan teknologi mutakhir dari militer, di mana Dom dan Arthur akan memasuki alam bawah sadar target dengan bermimpi bersama. Target terakhir mereka adalah seorang pebisnis Jepang, Saito (Ken Watanabe). Namun ekstraksi dari alam bawah sadar Saito terganggu dengan kehadiran ingatan dari istri Dom yang telah meninggal, Mal (Marion Cotillard). Setelah gagal, Saito mengungkapkan bahwa ia sebenarnya tengah mengaudisi tim Dom untuk melakukan misi ‘INCEPTION‘, yaitu tugas berkebalikan dari yang biasa Dom lakukan; menanamkan ide pada alam bawah sadar seseorang.

 

sumber referensi: IMDb, filmbor, Rotten Tomattoes