Featured

Fakta & Sejarah Power Rangers Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nonton Film Terbarunya

Saban Entertainment selaku pemegang hak cipta franchise Power Rangers memutuskan untuk membuat lagi film layar lebar guna membangkitkan kembali superhero yang terkenal di tahun 90an yang sangat fenomenal di masannya. Ya, anak 90an mana yang tidak tahu pahlawan super warna-warni yang mempunyai robot raksasa untuk menghabisi para penjahat yang mengganggu ketentraman dunia. Ketika itu Mighty Morphin Power Rangers (MMPR)  menjadi sebuah tontonan favorit anak-anak remaja di dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia serial MMPR dulu ditayangkan di saluran TV RCTI di periode pertengahan 90an sampai akhir 90an yang ditayangkan setiap minggu pagi. Berikut adalah fakta dan sejarah Power Rangers yang harus kamu ketahui sebelum nonton film terbarunya.

1.Diadaptasi Dari Serial Super Sentai Jepang 

Power Rangers sebenarnya bukanlah murni ciptaan dari Saban Entertainment melainkan hasil adaptasi dari serial tokusatsu Jepang, Super Sentai. Serial Super Sentai sendiri di Jepang sudah ada sejak tahun 70an dan baru diadaptasi oleh Saban Entertainment saat memasuki era 90an. Serial super sentai sudah cukup banyak jumlahnya sebelum Power Rangers ada. Serial Super Sentai yang diadaptasi oleh Saban Entertainment adalah Kyōryū Sentai Zyuranger yang diproduksi oleh Toei dan tayang di Jepang pada tahun 1992 sampai dengan tahun 1993. Zyuranger inilah yang menjadi awal mula pihak Saban menjadi tertarik untuk membeli lisensi pada Toei guna mengadaptasinya ke dalam versi Amerika serikat ke dalam cerita dan kultur yang sudah disesuaikan. Zyuranger sendiri bercerita tentang 5 orang remaja yang terpilih untuk menjaga perdamaian dunia dari penyihir jahat Bandora. Kelima remaja tersebut harus membangkitkan kekuatan dengan cara menggabungkan teknologi mekanik  dan hewan-hewan di masa lalu (Dinosaurus). Kebanyakan orang-orang termasuk anak-anak 90an lebih mengenal MMPR ketimbang Zyuranger. MMPR mempunyai tiga musim dan untuk musim kedua diadaptasi dari Gosei Sentai Dairanger dan musim ketiga diadaptasi dari Ninja Sentai Kakuranger. Dalam serial super sentai dari Zyuranger sampai Kakuranger cerita yang satu dengan yang lainnya tidak saling berhubungan tapi dalam tiga musim MMPR cerita tersebut berhubungan dengan pergantian beberapa tokoh utama. Tidak semua adegan pertarungan dari serial super sentai dibuat ulang, beberapa adegan seperti transformasi megazord diambil mentah-mentah dari serial super sentai.

 

2. Cerita Awal Mighty Morphin Power Rangers

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seri pertama Power Rangers yaitu yang paling fenomenal dan dianggap yang terbaik adalah MMPR. Seri inilah yang diangkat menjadi film layar lebar terbaru pada tahun 2017. MMPR season pertama diadaptasi dari super sentai zyuranger, walaupun hampir semua desain kostum dan monster sama namun dalam cerita, MMPR sama sekali berbeda dengan Zyuranger dan mempunyai cerita yang sangat bagus. Cerita diawali ketika dua astronot yang kembali dari bulan tidak sengaja membawa kumpulan monster jahat yang dipimpin oleh Rita Repulsa. Mereka adalah para penjahat dari masa lalu yang ingin menguasai bumi. Dengan kejadian ini zordon memilih lima orang remaja untuk menjadi Power Rangers dan mencegah Rita Repulsa melakukan kejahatan. Kelima remaja itu adalah. Jason (Ranger Merah), Zack (Ranger Hitam), Billy (Ranger Biru), Kimberly (Ranger Pink), dan Trini (Ranger Kuning). Seri pertama ini langsung mendapatkan sambutan yang luar biasa di Amerika Serikat dan membuat distribusinya diperluas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Keputusan pihak saban untuk membuat power rangers sangatlah tepat di saat dunia hiburan pahlawan super di amerika pada saat itu belum terlalu mengenal serial super sentai. Cerita semakin seru ketika muncul ranger hijau (Tommy Oliver) ranger jahat ciptaan Rita Repulsa untuk mengalahkan Power Ranger. Kala itu ratting acara semakin naik ketika Ranger Hijau menyerang para rangers namun akhirnya berhasil disadarkan oleh rangers lainnya. Dan Tommy sang ranger hijau bergabung bersama kelima ranger lainnya dan diberi dragon zord oleh Zordon.  MMPR pertama kali tayang di Amerika serikat pada tahun 1993 dan berakhir pada tahun 1995.

3. Tokoh-tokoh season 1 MMPR

Jason Lee Scott (Ranger Merah)

Jason Lee Scott diperankan oleh Austin St John adalah pemimpin Power Rangers yang mempunyai sifat rendah hati dan kemampuan leadership, Jason adalah anak SMA yang sangat jago dalam seni beladiri dan menyandang sabuk hitam karate. Sebagai Ranger Merah, Jason mempunyai robot raksasa Tyranozord. Jason adalah ranger merah pertama dalam sejarah serial power rangers. Jason alias ranger merah dalam film Power Rangers 2017 akan diperankan oleh Dacre Montgomery. Dalam season pertama MMPR Jason bertarung dengan ranger hijau/Tommy namun pada akhirnya keduanya menjalin persahabatan yang sangat erat.

Kimberly Ann Hart (Ranger Pink)

Kimberly diperankan oleh Amy Jo Johnson adalah ranger pink pertama dalam sejarah Power Rangers yang dipilih oleh Zordon. Kimberly adalah gadis SMA yang pandai dalam senam gymnastic.

Zack Taylor (Ranger Hitam)

Zack sebagai ranger hitam dan diperankah oleh Walter Jones adalah seorang remaja SMA berkulit hitam dengan pembawaan yang ceria dan sangat suka sekali menari serta menyukai musik hip-hop. Zack terpilih olehn Zordon untuk menjadi ranger hitam untuk melawan kejahtan Rita Repulsa.

Billy Cranston (Ranger Biru)

Billy dikenal sebagai pemuda SMA yang “nerd”, kutu buku, pendiam dan agak kaku. Namun dia berteman dengan baik dengan keempat temannya. Billy Terpilih oleh Zordon sebagai ranger biru. Billy diperankan oleh David Yost.

Trini Kwan (Ranger Pink)

Trini Kwan diperankan oleh Thuy Trang adalah seorang gadis asia dan berteman dekat dengan Jason, Zaxk, Billy dan Kimberly. Dia juga dipanggil oleh Zordon untuk bergabung bersama Power Rangers sebagai ranger kuning.

Tommy Oliver (Ranger Hijau)

Tommy Oliver pada awalnya diculik oleh Rita Repulsa dan dibuat menjadi ranger hijau yang jahat namun akhirnya berhasil disadarkan oleh Jason dkk.

Zordon Of Eltar

Zordon adalah sosok yang muncul dari dimensi lain dan merupakan mentor dari Power Rangers. Zordon adalah personalisasi dari sisi terang atau sisi baik. Kisah di masa lalunya masih misterius namun dicertakan jika dia adalah seorang yang telah melawan Rita Repulsa yang jahat sejak 2000 tahun sebelum kejadian dalam MMPR dimulai.

Rita Repulsa

Rita Repulsa adalah seorang penyihir jahat dari masa lalu dan melakukan penyerangan antar galaxy, di masa lalum Rita Repulsa berhasil dikalahkan oleh Zordon ketika dia mencoba menyerang bumi, Zordon berhasil membuang dan memenjarakan Rita ke bulan. Namun ribuan tahun kemudian Rita Repulsa beserta pengikutnya berhasil kembali ke bumi setelah terbawa oleh dua astronot secara tidak sengaja.

4. Semua adegan pertarungan adalah murni dari versi super sentai

Seperti yang sudah diketahui bahwa Mighty Morphin’ Power Rangers diadaptasi dari Super Sentai, salah satu serial Superhero yang sangat populer di Jepang. Demi menghemat dana dan pengeluaran pihak Saban Entertainment lebih memilih untuk mengimpor semua adegan pertarungan dari versi aslinya karena tentu saja akan membuang-buang dana dan tenaga, hmm pintar juga ya Haim Saban mengeruk untung. Mereka hanya membuat sendiri adegan – adegan yang menampilkan para aktor ketika tidak menggunakan kostum Ranger. Membuat adegan pertarungan dalam serial tokusatsu itu tidaklah mudah dan membutuhkan kemampuan khusus agar semua pertarungan dapat dilihat dengan nyaman dan nyambung dengan cerita.

5.Menjadi “World Phenomenon”

Meski pada awalnya Power Rangers hanya populer dan terkenal di Amerika Serikat saja pada ketika pertama kali tayang di tahun 1993, namun perlahan Power Rangers di bawah Saban mampu merambah negara-negara lain termasuk Indonesia Power Ranger mampu menjadi pop kultur dan ikon pahlawan super di era tahun 90an. Anak-anak 90an sampai punya idolanya masing-masing di Power Rangers, dan yang paling banyak diidokalakan adalah Jason alias ranger merah oleh anak-anak perempuan dikarenakan Jason adalah pemimpin dari Power Rangers, bertampang keren, jago beladiri dan dianggap yang paling kuat. Pernak-pernik power rangers pada masa itu sangat booming di Indonesia. Semua anak-anak SD menirukan gerakan-gerakan keren dari para Rangers. Semua anak-anak 90an pasti akan menunggu di depan TV setiap minggu pagi untuk mengikuti aksi dari para jagoannya masing-masing. Kita lihat di film 2017 nya, anak-anak 90an pasti akan antusias untuk menonton filmnnya sekaligus memperkenalkan Power Rangers kepada generasi 2000an.

6. Lagu dari MR. Big yang legendaris

Go..go.. power rangers…. ! itulah lirik lagu yang sangat mengena dan bagi para penggemar Power Rangers. Lagu yang dinyanyikan oleh MR.Big ini dapat membangkitkan semangat sebagai opening theme dari MMPR. Dalam film terbarunya nanti, lagu ini harus tetap ada.

 7. Tommy Oliver Merupakan Karakter Yang Paling Banyak Muncul


Tommy Oliver yang diperankan oleh Jason David Frank adalah karakter Power Rangers yang paling banyak muncul yakni dalam 5 seri Power Rangers. Sebagai ranger hijau Dalam MMPR season 1, sebagai ranget putih dalam MMPR season 2, sebagai ranger merah dalam Power Rangers Zeo, sebagai ranger merah dalam Power Rangers Turbo, dan sebagai ranger hitam dalam Power Rangers Dino Thunder. 

8. Jumlah Penonton Menurun Semenjak berakhirnya “Zordon Era”


Mungkin karena para fans yang saat itu mulai beranjak dewasa dan merasa jenuu dengan yang ada, dikabarkan bahwa jumlah penonton Power Rangers mulai menurun dan seri Power Rangers In Space merupakan seri terakhir dari rangkaian Power Rangers yang berlatar belakang cerita yang dimentori oleh “Zordon”. Setelah seri itu cerita mulai berdiri sendiri meski sempat tersambung lewat Power Rangers Dino Thunder. Meski sampai saat ini seri Power Rangers terus ada, tapi pihak saban belum mampu mengembalikan kejayaan seperti musim pertamanya. 

9. Karakter Jahat Lord Zedd Sempat diprotes oleh para orang tua di Amerika Serikat


Karakter monster antagonis Lord Zedd yang muncul di season 2 MMPR dikabarkan pada saat itu sempat diprotes oleh para orang tua di Amerika Serikat ke ” KPI-nya AS” karena wujudnya terlalu mengerikan dan berdampak buruk bagi anak-anak. 

  • ali

    penasaran sama power ranger 2 ntah tahun 2018 ntah 2019 keluar nya… huh…

    • Hilman Sky

      mudah2an jadi dirilis aja…