Featured

Rekomendasi 5 Film Bertema Perjalanan Waktu Alias Time Travel Terbaik

Dalam perfilman tentunya kita mengenal sebuah tema atau sub genre dari genre fiksi ilmiah, yaitu perjalanan waktu alias time travel. Dalam film-film yang bertema perjalanan waktu biasanya terdapat keunikan sekaligus keseruah kisah dan bahkan kita bisa terjebak dalam sebuah paradoks yang berputar tentang relatifitas waktu hingga dunia paralel. Banyak sekali film-film fiksi ilmiah yang bertemakan perjalanan waktu, namun saya memilih 7 rekomendasi filn time travel terbaik yang pernah saya tonton. Pilihan ini tentu saja bersifat subjektif, namun kamu bisa menambahkan film time travel favoritmu di kolom komentar disqus di bawah.

1. Predestination (2016)

Awalnya dari segi sinopsis pasti orang-orang mengira jika Predestination adalah film yang akan penuh dengan aksi laga dan lari-lari sambil tembak-tembakan. Namun ternyata Predestination adalah film time travel dengan nuansa drama dan plot yang cerdas dan agak sedikit rumit dan ketika di akhir cerita penonton akan termangu-mangu karena betapa gilanya alur cerita yang ada di dalamnya. Film Predestination ini menceritakan mengenai Dengan latar belakang tahun 1992, John (Ethan Hawke) merupakan seorang penyuplai pemerintah yang bertugas untuk mencegah terjadinya kejahatan tergolong pembunuhan yang akan berdampak di masa depan dengan tutorial melintasi waktu. Dalam misinya pada tahun 1970 ia mengalami kecelakaan serta wajahnya terluka. Ia kembali ke tahun 1992 untuk perawatan lukanya. Penonton akan menemukan twist plot dan sebuah kecerdasan penulisan naskah yang ‘gila’.

2. The Terminator (1984)

Ada banyak seri terminator dan semuanya mengusunh unsur time travel, kenapa saya memilih film yang pertama? sederhana, karena film yang pertamanya adalah sebuah pelopor untuk sebuah fiksi ilmiah robot berkonsep perjalanan waktu yang kemudian konsep time travel ini akan diikuti oleh film-film lainnya. Ucapkan terima kasih pada James Cameron yang telah membuat cerita yang begitu ikonik lewat The Terminator (1984) dan Terminator 2 (1992). Saya tidak perlu menjabarkan sinopsisnya karena pasti sudah pada tahu.

3. 12 Monkeys

Sebagai salah satu film terbaik di era 90an dan merupakan salah satu film Bruce Willis terbaik, rasanya pantas 12 Monkeys dimasukan dalam daftar ini. bercerita tentang keadaan di masa depan, yaitu tahun 2035 dimana populasi manusia tinggal 1 persen karena wabah virus mematikan. Sisa manusia yang selamat tinggal di bawah tanah agar virus tak bisa menjangkiti mereka. Virus tersebut sangat berbahaya dan tidak ditemukan obat penangkal maupun vaksinnya. Berbagai cara dilakukan untuk mempertahankan eksistensi manusai kala itu. Lalu, ditemukanlah sebuah mesin waktu. Penonton akan diberikan sebuah tontonan tentang drama perjalanan waktu dengan plot yang cerdas sekaligus dipusingkan sedikit tentang paradoks waktu. Di mana orang yang dikirim ke masa lalu yaitu James Cole (Bruce Will) malah terkirim ke tahun 1990 yang seharusnya dikirin ke 1996, dan di sinilah masalah mulai terjadi.

4. Looper

Tanpa efek dan aksi yang berlebihan, Looper adalah film bertema time travel dengan cerita yang orisinil sekaligus membuat otak kita berputar-putar membayangkan jika bagaimana hal seperti di Looper terjadi dalam dunia nyata. Sama seperti 12 Monkeys, Looper juga dibintangi oleh Bruce Willis. Di masa depan mesin waktu sudah ditemukan namun langsung dilarang. Organisasi mafia menyembunyikan mesin waktu untuk digunakan sebagai kejahatan yaitu mengirim target yang akan dibunuh ke masa lalu kemudian ditembak oleh orang dari masa lalu dengan menggunakan senapan dan akan diberi imbalan perak batangan setiap membunuh satu target. Orang yang membunuh disebut “Looper” secara hukum, memang bisa dikatakan Looper ini susah dibuktikan karena sebenarnya mereka tidak membunuh siapa-siapa. Joe Simmon (Joseph Gordon-Levitt) seorang Looper berpengalaman suatu hari kedapatan harus membunuh dirinya yang dari masa depan (diperankan oleh Bruce Willis) kerumitan pun terjadi.

5. Back To The Future Trilogy

Sampai saat ini saya tetap menganggap Back The Future adalah film time travel terbaik sepanjang masa dan belum ada yang menandinginya. Konsep perjalanan waktu dan time paradoksnya akan ditiru oleh film-film sejenis namun tetap saja belum ada lagi film time travel yang sebagus karya sutradara Robert Zemeckis ini. Bercerita tentang Marty Mcfly di tahun 1985 yang mendapati temannya yang merupakan ilmuwan gila, Doc. Brown yang berhasil menemukan mesin waktu berbentuk mobil. Insiden terjadi ketika mereka melakukan percobaan mesin waktu tersebut yang mengakibatkan Marty terjebak di tahun 1955 di saat ayah dan ibunya masih muda. Ia harus kembali ke masa depan dengan menemui Doc. Brown yang masih muda. Back to The Future menjadi sebuah trilogi yang dirilis pada tahun 1985, 1989, dan 1990.

  • adelia

    film korea juga banyak yg time travel, kok gak masuk?

  • vina

    deretan-film-

    click >>> CLASSMOVIES21.BLOGSPOT.TW