9 Fakta Tentang Persaingan Marvel dan DC Comics

Saat ini industri perfilman Hollywood diramaikan oleh film-film superhero yang didominasi oleh superhero dari Marvel dan DC. Tak diragukan lagi kalau lebih dari 90% superhero terkenal berasal dari dua komik terbesar di dunia itu.

Marvel dan DC sejak awal berdiri selalu bersaing ketat dan tidak ada yang mau kalah. Jumlah superhero yang dimiliki keduanya pun sama-sama mempunyai popularitas yang besar di dunia. DC dan Marvel juga sama-sama punya fansboy garis keras yang selalu bersitegang dan berdebat satu sama lain. Terlebih saat ini adalah era DCEU vs MCU.

Ada beberapa fakta menarik persaingan Marvel dan DC yang mungkin kamu belum ketahui atau mungkin juga sudah. 

1. Siapa Yang Lahir Duluan? DC Yang Muncul Duluan

DC berdiri tahun 1934 beberapa tahun sebelum berdirinya Marvel. Waktu itu DC mengeluarkan produk majalah More Fun Comic yang isinya komik-komik humor superhero. Dan ternyata Superman bukanlah superhero pertama DC. Para superhero angkatan awal milik DC antara lain, Green Arrow, Aquaman, Superboy dan Spectre. 

Sedangkan Marvel berdiri tahub 1940 atau enam tahun setelah munculnya DC. Marvel berdiri dengan nama awal Timely Publication. Saat itu Marvel belum punya superhero dan hanya menjual komik misteri berjudul Mystery Comic.

2.Kemunculan Superman dan Batman, membuat DC dikukuhkan sebagai komik pelopor superhero

Memasuki akhir era 30an. DC membuat gebrakan yang sangat berpengaruh sampai sekarang. Dua superhero paling terkenal Superman dan Batman dibuat. Superman muncul dalam Action Comic dan si Ksatria Kegelapan muncul pertama kali dalam Detektive Comic. Superman dan Batman hingga kini menjadi dua icon superhero paling populer dan menjadi tokoh fiksi nasional Amerika Serikat.

3. Marvel Sang Peniru

Pada saat ini, fansboy Marvel mungkin boleh-boleh saja mencaci maki dan menghina DC yang dicap ikut-ikutan Marvel yang membuat Cinematic Universe. Tapi faktanya, di masa lalu Marvel lah sang peniru sejati. Marvel yang awalnya hanyalah pembuat komik misteri, merasa “terinspirasi” dengan kesuksesan DC yang luar biasa sukses dengan Batman dan Supermannya. Pada tahun 1941, Marvel menciptakan superhero pertamanya yakni siapa lagi kalau bukan Captain America. Sayangnya, kepopuleran Captain America pada saat itu tidak sebanding dengan Superman dan Batman.

baca juga:  Ngobrolin Fakta Menarik Seputar "Fast and Furious 8"

3. Pergantian Nama

Setelah sekian lama memakai nama National Allied, mereka pun mengubah nama menjadi National Comics pada tahun 1946, dan akhirnya menjadi DC Comics pada tahun 1977. DC sendiri adalah singkatan dari Detective Comics yang merupakan komik tersukses perusahaan tersebut. Sedangkan Marvel, Setelah sekian lama menggunakan nama Timely Publications, akhirnya mereka juga berubah nama menjadi Atlas Comics pada tahun 1950an, dan baru menggunakan Marvel Comics pada tahun 1961.Marvel sendiri diambil dari nama Marvel Mystery Comics yang merupakan komik tersukses perusahaan tersebut.
4. Munculnya Justice League dan Marvel Menirunya.

Sukses besarnya Batman dan Superman, DC menambah superhero mereka seperti The Flash, Wonder Woman, dan Green Lantern dan membuat DC semakin besar karena semua superheronya laris di pasaran dan mendapatkan popularitas yang tak kalah besar dengan Superman dan Batman. DC mendapatkan Ide baru untuk menggabungkan semua superheronya ke dalam Justice League pada tahun 1960. Anggota Justice League saat itu antara lain Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Green Lantern, Aquaman, dan Green Arrow.

Pada tahun 1961 Marvel ikut-ikutan membuat kelompok superhero yang terinspirasi dari Justice League, Fantastic Four. Dan inilah awal mula Marvel mendapatkan popularitas di ranah komik superhero dan mulai menabuh genderang perang dengan DC.

5. Marvel Mulai Melawan Balik Dengan Manusia Laba-Laba.

Melihat kesuksesan Justice League, DC pada tahun 1964 merilis komik Teen Titans yang beranggotakan Robin, Wonder Girl, Supergirl, Raven, Beast Boy, Bunker, dan Spears untuk mengikuti kesuksesan Justice League. Tapi tetap tidak sesukses dan sebesar Justice League. Sedangkan Marvel setelah dicap hanya meniru-niru, akhirnya mereka punya superhero yang benar-benar orisinil dan mampu menandingi Superman dan Batman. Dia tak lain dan tak bukan adalah Spider-Man yang muncul pertama kali tahun 1962. Yang kemudian diikuti oleh munculnya Iron Man dan Hulk. Lalu 1964 Marvel semakin bersinar dengan munculnya The Avengers dan di sinilah persaingan mulai semakin panas.

baca juga:  TV Series: Mengulas Cerita Prison Break dari Season 1-4 (2005-2009)

6. DC  Mengangkat Aksi Superhero Ke layar Lebar

Di saat persaingan DC dan Marvel terus memanas. DC akhirnya membuat inovasi dan gebrakan baru, mereka mulai mengangkat superhero mereka ke live-action dan menghasilkan film Superman (1978) yang sangat fenomenal dengam visual effect yang dirasa sangat canggih untuk ukuran di zamannya. Dengan kata lain DC lah yang menjadi pelopor mengangkat komik superhero ke ranah film. Dan pada tahun 1989 film layar lebar pertama Batman juga dirilis dan sama-sama sukses di pasaran. 

Merasa kepanasan dengan kesuksesan DC. Marvel pun ikut-ikutan membawa superhero mereka ke dalam live-action, tapi semuanya gagal total dan berakhir memalukan. 

7. Batman and Robin yang membuat DC Menanggung Aib yang Sangat Memalukan

Pada tahun 1997, Batman and Robin dirilis dan hasilnya sangat buruk serta super gagal total.Naskah yang buruk, acting yang buruk, dan kostum yang buruk, benar-benar merusak citra Batman. Film ini jadi cemoohan para penonton dan kritikus. Sejak inilah, DC tak pernah membuat film bagus lagi selama bertahun-tahun. Batman and Robin dinobatkan sebagai film superhero terburuk sepanjang masa dan membuat DC menanggung malu yang luar biasa. DC saat itu berada si titik terendah sedangkan Marvel perlahan bangkit dengan bekal naskah mumpuni dan Visual-Effect terbaik. Lahirlah film X-Men karya Bryan Singer pada tahun 2000 dan film Spider-Man karya Sam Raimi pada tahun 2002. Keduanya meledak bak bom atom! Keuntungan yang sangat besar diraih Marvel. Orang-orang mulai memuja Tobey Maguire sebagai pemeran Spider-Man, dan mulai melupakan Christopher Reeve (Superman) dan Michael Keaton (Batman).

8. Kebangkitan Sang Manusia Kelelawar dan Munculnya MCU

Setelah hancur lebur lewat Batman and Robin yang sangat menjijikan dan layak dibuang ke tempat sampah, DC bersama WB memutuskan untuk menghidupkan kembali Batman lewat tangan dingin Crishtopher Nolan. Hasilnya sangat luar biasa sukses, lewat The Dark Knight, Nolan berhasil mengembalikan citra Batman sebagai pahlawan kegelapan setelah sebelumnya menanggung aib akibat perbuatan tidak terpuji sutradara Joel Schumacher lewat Batman and Robin. The Dark Knight (2008) Akhirnya dinobatkan sebagai film superhero terbaik dengan ratting yang sangat tinggi di IMDb, banyak kalangan kritikus menganggap kalau The Dark Knight bukanlah film supehero sembarangan. 

baca juga:  Panduan Urutan Film X-Men Sesuai Timeline Bagi Yang Belum Tahu

Di saat DC terlalu nyaman dan sibuk dengan Batman. Marvel terus menggeliat dan mulai membangun Marvel Cinematic Universe. Dan pada tahub 2012 Marvel membuat kejutan besar, The Avengers. Setelah dulunya gagal membuat live action gabungan superhero, Marvel dengan The Avengers mampu menghasilkan tontonan berkualitas tinggi. The Avengers saat ini menjadi film superhero terlaris sepanjang masa.

9. Giliran DC yang Meniru Marvel

Dunia ini seperti roda yang berputar, jika dulu Marvel dicap sebagai peniru DC. Kini sebaliknya, DC ikut-ikutan membuat cinematic universe dengan DC Extended Universe untuk menyaingi MCU. Diawali dengan Man Of Steel (2013) yang dihujani kritik oleh para kritikus lalu Batman v Superman (2016) yang babak belur dihajar cemoohan kritikus, DC tak menyerah untuk menyaingi MCU. DC berencana untuk memfilmkan jagoan-jagoan mereka satu persatu.

Di lain pihak, Marvel semakin perkasa dengan kembalinya Spider-Man setelah bertahun-tahun bernaung di Sony Pictures dan membuat MCU semakin lengkap. Di universe yang berbeda yang dinaungi Fox, Deadpool juga membuat Marvel semakin tak terkejar. Mampukah DC mengejar ketertingalannya? Mampukah DC membungkam mulut busuk para kritikus dengan film-film terbarunya? Atau malah akan semakin tak berdaya dengan gempuran Marvel?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi

CommentLuv badge