8 Film Slasher/Psikopat Paling Mengerikan Dan Wajib Ditonton Pecinta Horor

Slasher movie atau dalam bahasa Indonesia disebut film jagal adalah sebuah sub-genre film dalam genre horor yang mengetengahkan psikopat sebagai tokoh sentral dan memamerkan adegan-adegan brutal dan berdarah-darah. Sehingga film slasher akan mendapatkan rating restricted alias terbatas atau hanya boleh ditonton oleh orang berusia 18 tahun ke atas. Meskipun banyak adegan pembunuhan brutal, namun genre film ini sangat banyak penggemarnya.

Genre film ini mulai berkembang di hollywood sejak lama dengan kemunculan film-film horor slahser seperti Halloween pada era 1970an. Biasanya sebuah film slasher jarang menempilkan unsur-unsur mistis atau hantu, sang antagonis biasanya manusia biasa yang diberikan ‘bakat’ psikopat dan kekejian tak terbatas. Dari sekian banyak film slasher, berikut ini adalah 10 di antaranya yang terbaik dan harus ditonton oleh para pecinta film genre sinting ini. Berikut adalah daftarnya, tentunya versi blog ini.

1. Saw (2004)

Film ini adalah film yang melambungkan nama James Wan di industri film Hollywood, bagaimana tidak? dengan dana yang minim, James Wan mampu membuat film horor slasher yang berkualitas dan mencekam dan hanya bersetting di satu lokasi. Saw menceritakan dua orang yang dijebak di sebuah ruangan toilet oleh seseorang yang menamakan dirinya Jigsaw. Kengerian terjadi sepanjang film, tak cuma menebar darah, cerita dalam film Saw pertama ini juga sangat bagus dan tidak asal jadi. Saw menelurkan beberapa sekuel walaupun tidak digarap oleh James Wan dan kualitasnya tidak sebaik film pertamanya.

2. Texas Chainsaw Massacre (1974)

Inilah film yang dianggap sebagai pelopor atau nenek moyangnya film bergenre slasher, dirilis pada 1974, Texas Chainsaw Massacre menjadi fenomena tersendiri di masanya, karena pada saat itu film inilah yang berani menampilkan adegan brutal berupa seorang psikopat yang gila menggergaji korbannya untuk bersenang-senang. Film ini mengisahkan sekelompok orang yang terjebak di sebuah rumah milik keluarga psikopat. Film ini melahirkan tokoh iconic Leatherface sebagai salah satu tokoh slasher paling populer di dunia film jagal.

3. Psycho (1960)

 

Psycho bukanlah film psikopat yang mengumbar darah dan keganasan sang antagonis, namun lebih menekankan rasa takut ke psikologi si penonton itu sendiri. Film garapan sutradara legendaris Alfred Hitchcock ini merupakan salah satu film paling berpengaruh di dunia. Kisahnya sendiri menceritakan tentang seorang karyawan wanita yang membawa kabur uang bosnya dan di tengah perjalanannya kabur wanita itu beristirahat di sebuah Motel yang sepi dan ternyata si pemilik Motel tersebut bukanlah orang biasa dan memberikan sebuah hal yang tak diinginkan oleh wanita tersebut.

4. Scream (1996)

Memasuki era 1990an, film slasher mulai membosankan. Pada 1996, Scream hadir dengan cerita yang unik dan segar. Yaitu pembunuhan berantai yang menggunakan topeng yang diberi nama Ghostface dan sampai akhir film misteri siapa yang menjadi Ghostface tidaklah diketahui. Teror dalam film ini sebenarnya ‘remeh’ yaitu manusia biasa yang mengenakan kostum bodoh namun mampu memberikan ketakutan dan keseruan ketika si Ghostface beraksi.

5. Friday The 13Th (1980)

Film Friday The 13th yang pertama ini hingga sekarang masih dianggap sebagai seri yang terbaik walaupun dirilis sudah lama, yaitu pada 1980. Bercerita tentang  Sekolompok anak muda yang sedang berkemah di Crystal Lake di mana mereka mulai berhadapan dengan Jason Voornes sang pembunuh bengis dengan topeng hoki khasnya.

6. A Nightmare On Elm Street (1984)

Jika sang penjahat dalam film slasher lain muncul dengan sosok bertopeng, psikopat, dan mistrius, maka dalam film rilisan tahun 1984 ini, si tokoh bengisnya muncul dalam mimpi buruk seseorang dan mampu membunuh orang tersebut dalam mimpi buruknya dengan sosok yang menyeramkan seperti orang yang sudah terbakar. Film ini juga turut dibintangi oleh Jhonny Depp yang saat itu merupakan awal-awal karirnya.

7. Halloween (1978)

Dirilis pada 1978, Halloween menceritakan tentang kisah horor psikopat yaitu pada malam Halloween seorang anak kecil bernama Michael Myers membunuh kakak perempuan dan pacar perempuan tersebut secara sadis. Lantas anak tersebut dibawa ke rumah sakit jiwa. Bertahun-tahun kemudian Myers kabur dari rumah sakit jiwa dan mulai meneror dan membahayakan orang yang disekitarnya, dalam hal ini adalah gadis remaja bernama Laurie Strode.

8. Silence Of The Lambs (1991)

Inilah film psikopat terbaik hingga saat ini. SIlence Of The Lambs meraih penghargaan Oscar salah satunya adalah untuk nominasi film terbaik. Film ini memang tidak menekankan kepada aksi pembunuhan yang banjir darah melainkan memainkan psikologi penonton dan membuatnya ketakutan melihat tingkah lagu Hannibal Lecter yang diperankan dengan luar biasa oleh Anthony Hopkins. Mengisahkan seorang psikolog yang mengintrogasi Hannibal Lecter yang sangat berbahaya untuk mencari tahu informasi tentang Buffalo Bill, seorang psikopat yang tengah dicari oleh polisi.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi