5 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik Sepanjang Masa

Setelah beberapa tahun yang lalu film horor Indonesia dipenuhi dengan film-film mesum berkedok horor, nampaknya lama-lama strategi pasar tersebut sudah tak mempan bagi penonton Indonesia di era sekarang. Penonton zaman now semakin kritis dan tahu betul film horor mana yang terbaik dan mana yang hanya jual gimmick. Pada artikel ini kita akan membahas tentang film-film Indonesia yang bergenre horor yang dianggap terbaik dan terseram dalam beberapa dekade terakhir.

Perfilman horor di Indonesia jelas memiliki sejarah yang panjang dari mulai era 70an hingga sekarang. Namun hanya beberapa film horor Indonesia yang benar-benar memiliki kualitas yang apik dan dikenang sepanjang masa. Berikut adalah 5 di antaranya yang direkomendasikan bagi anda yang belum menontonnya.

1.Jelangkung (2001)

Film ini merupakan pelopor kebangkitan film horor dalam negeri yang dirilis beberapa bulan sebelum AADC yang fenomenal itu. Film ini menjadi salah satu film horor Indonesia yang paling menyeramkan dikarenakan ide cerita yang kala itu masih dirasakan oirisinil dan tingkat keseraman yang pas yang membuat penonton ketakutan. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan film ini melambungkan namanya di dunia perfilman Indonesia, namun sayangnya film-film Rizal Mantovani yang selanjutnya tak mampu mengikuti kesuksesan Jelangkung yang pertama tersebut.

2. Kuntilanak (2006)

Rizal Mantovani kembali menggarap sebuah film horor yang diangkat dari mitologi Indonesia yaitu tentang sosok Kuntilanak. Film ini mengangkat nama Julie Estelle ke dunia hiburan tanah air lewat aktingnya sebagai Samantha. Film ini mempunyai kualitas yang cukup mumpuni walaupun tidak sesukses film Jelangkung (2001). Semua cerita berawal dari Samantha yang memtuskan untuk pergi ngekost di sebuah tempat di pinggiran kota dan ternyata tempat kost tersebut memiliki keseraman dan hal-hal yang misterius.

3. Pocong 2 (2006)

Film Pocong pertama batal dirilis di bioskop karena Lembaga Sensor Film melarangnya beredar di bioskop karena dianggap terlalu menyeramkan dan terlalu sadis dan dapat menyebabkan hal-hal negatif bagi orang-orang yang menontonnya. Lalu dirilislah Pocong 2 sebagai gantinya, film disutrdarai oleh Rudi Sujarwo dan dibintangi oleh Ringo Agus Rahman dan Revalina S. Temat. Namun meski demikian, Pocong 2 tetaplah menyeramkan dan harus kamu tonton bagi yang mengaku pecinta film-film horor lokal.

4. Rumah Dara (2010)

Film ini merupakan film horor slasher asal Indonesia yang menjadi fenomenal di kalangan pecinta film horor di Indonesia pada tahun 2010. Film yang digarap oleh MO Brothers ini memiliki nuansa yang benar-benar mencekam dan menimbulkan kengerian bagi siapapun yang menontonnya. Saking menyeramkannya, film ini dilarang tayang di Malaysia.

5. Pengabdi Setan (2017)

Ya, inilah film horor Indonesia yang benar-benar menjadi fenomenal dari seorang Joko Anwar. Film yang diremake dari film horor 80an berjudul sama ini menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Tangan dingin Joko Anwar mampu membuat film ini menjadi berkelas jauh meninggalkan film horor lainnya di tahun yang sama.