7 Klub Eropa Berlabel Tim Besar, Tapi Ironisnya Belum Pernah Juara Liga Champions

Ada beberapa alasan setiap klub di Eropa bisa disebut tim besar, dari mulai bertabur bintang, punya banyak penggemar, hingga menjadi raja di liga domestik negaranya. Tetapi tidak semua klub Eropa yang punya nama besar pernah menjadi yang terbaik di ajang Liga Champions.

Kita mengenal tim-tim seperti Barcelona, Ajax, Munchen, dan Liverpool sebagai tim yang pernah menguasai Eropa namun tidak dengan tim-tim besar berikut ini.

1. Paris Saint-Germain (PSG)

Dulu Ligue 1 atau Liga Perancis memang masih dikuasai oleh klub seperti Lyon tetapi semenjak PSG sahamnya dibeli oleh konglomerat supet kaya, klub yang bermarkas di ibu kota Perancis itu menjelma menjadi satu kekuatan besar sepakbola di negeri itu. Dengan uang yang sangat banyak, PSG mampu membeli pemain dan pelatih yang mahal dan menguasai Ligue 1 dengan mudah. Tapi ada satu yang masih belum dapat diraih, yaitu gelar juara Liga Champions. Meskipun punya skuat yang mewah, PSG selalu gagal di Liga Champions.

2. Manchester City

Manchester City sering kali disindir oleh Fans Manchester United karena tak mampu menyaingi MU, tapi itu dulu! Semenjak dibeli oleh pengusaha asal Uni Emirat Arab yang uangnya sangat bejibun, City mulai menunjukan kalau mereka mampu berdiri sejajar dengan klub rival sekotanya itu. Sejak menjuarai Premier League, City tak bisa dianggap remeh lagi dan hingga sekarang dilatih oleh Guardiola, City semakin perkasa. Akan tetapi hingga saat ini Manchester Biru belum mampu mengikuti kesuksesan Liverpool, Manchester United, dan Chelsea, yaitu berjaya di Liga Champions. Prestasi terbaik The Citizens adalah semifinal.

3. AS Monaco

Sempat mematahkan dominasi PSG di Ligue 1, AS Monaco memang tetaplah salah satu klub besar di Eropa. Apalagi, Monaco dulu selalu bersaing sangat ketat dengan Lyon sebelum datangnya era PSG. Meski demikian, AS Monaco tetap belum mampu juara Liga Champions. Prestasi terbaiknya adalah pada musim 2003/04 di mana pada saat itu mereka berhasil menembus final namun harus kalah oleh Porto yang dilatih oleh Jose Mourinho.

4. Lyon

Ya, sebelum PSG mendominasi Perancis. Lyon adalah klub besar yang mampu menguasai Ligue 1 di era 2000an dengan memenangkan gelar Ligue 1 sebanyak 7 kali secara beruntun. Lyon hampir selalu menjadi langganan Liga Champions tetapi selalu kesulitan walau mampu lolos dari fase grup.

5. Sporting Lisbon

Klub yang berhasil melahirkan pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo ini adalah salah satu klub besar di Portugal selain Porto dan Benfica. klub inilah yang mampu menyaingi dominasi Benfica dan Porto. Tetapi sayangnya Sporting Lisbon belum bisa seperti kedua klub tersebut yang mampu mengangkat trofi Liga Champions. Di mana Benfica pernah juara dua kali, Porto satu kali dan Sporting Lisbon belum pernah sama sekali.

6. AS Roma

Meskipun gelar Serie A AS Roma itu sedikit jika dibandingkan dengan Juventus dan Inter dan terakhir kali juara pada 2001. Serigala Ibu Kota tetaplah salah satu tim yang punya nama besar dan punya cukup banyak fans. Tetapi klub yang pernah diperkuat oleh sang legenda Italia (Totti) ini belum bisa menyamai prestasi Juventus, Inter, dan Milan di ajang Liga Champions. Prestasi terbaik mereka adalah semifinal di musim yang lalu.

7. Arsenal

Tidak diragukan lagi jika Arsenal adalah salah tim di dunia yang paling populer dan punya banyak pendukungnya di seluruh dunia termasuk Indonesia. The Gunners meraih 13 trofi Liga Inggris, menjadi yang terbanyak setelah Liverpool dan Manchester United. Tetapi, klub yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut belum bisa menjadi klub Inggris yang mampu mengangkat trofi Liga Champions. Prestasi terbaiknya adalah runner up pada musim 2005/06.

Referensi:

www.uefa.com/teamsandplayers/teams/club=52747/profile/

bluemoon-mcfc.co.uk/Club/MCFCHonours.aspx

www.arsenal.com/first-team/honours

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi