7 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Yang Harus ditonton

Perang adalah sesuatu yang mengerikan dan merugikan semua pihak. Tapi dalam film, perang adalah salah satu genre yang paling digemari karena keseruannya. Sebenarnya makna film perang sendiri bukan hanya asal menampilkan adegan pertempuran yang heboh dan sadis, namun juga harus sarat akan makna dan meninggalkan kesan yang mendalam ke diri para penontonnya. Berikut ini saya paparkan 7 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa versi Hilmansky Blog.

1. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan adalah sebuah film perang yang tak hanya menampilkan adegan brutal yang disajikan secara apik namun juga nyaris sempurna dalam semua aspek. Bukan pecinta film sejati jika kamu belum pernah menonton sekalipun film garapan Steven Spielberg ini. Film ini mengantarkan Spielberg meraih penghargaan Oscar untuk sutradara terbaik untuk kedua kalinya.

2. Apocalypse Now (1979)

Pasca kesuksesan dua film The Godfather, sutradara Francis Ford Coppola lantas membuat film perang bertema perang Vietnam, dan hasilnya sungguh memuaskan. Marlon Brando yang berperan sebagai tokoh antagonis di sini lagi-lagi menampilkan akting yang sangat brilian. Sinematografi yang sangat cantik dan hampir semua aspek dalam film ini memiliki nilai yang tinggi.

3. Full Metal Jacket (1987)

Karya Stanley Kubrick yang satu ini memang unik, jika film perang yang lain memunculkan daya tarik lewat adegan pertempuran brutal, justru Full Metal Jacket memperlihatkan “dibalik layar para tentara”. Ada dua babak dalam film ini, yang pertama adalah latihan keras para tentara yang wajib militer, dan paruh kedua saat mereka terjun ke medan pertempuran perang Vietnam. Yang menarik adalah justru bagian paling serunya adalah pada paruh pertama, saat para prajurit menjalani latihan yang super keras. Kenapa begitu? Silahkan tonton sendiri.

baca juga:  Alasan Boruto Jauh Lebih Beruntung Dari Naruto

4. Schindler’s List (1993)

Sebenarnya karya Steven Spielberg yang satu ini bukanlah film perang melainkan film anti-perang yang bersetting di Perang Dunia II saat para Yahudi dibantai oleh NAZI. Schindler’s List menggunakan format hitam-putih namun justru semakin membuat sinematografi menjadi lebih sempurna. Saya sendiri menganggap sinematografi dalam Schindler’s List adalah yang terbaik sepanjang masa. Bahkan saya berani mengatakan jika Schindler’s List adalah film Steven Spielberg paling sempurna. Belum nonton? Segeralah tonton dijamin tidak akan menyesal. Namun buang dulu sentimen ras dan agama sebelum menonton film ini.

5. Platoon (1986)

Film bertema perang Vietnam selalu terlihat menarik (kecuali film2nya Rambo yang banyak ketahuan bohongnya) mungkin karena Perang Vietnam adalah salah satu momen suram militer negeri Paman Sam. Platoon adalah salah satu film perang Vietnam terbaik, suasana peperangan dan konflik di Vietnam digambarkan secara detail yang ditunjang dengan cerita yang sangat seru.

6. Dunkirk (2017)

Christopher Nolan yang sudah sukses membuat film drama yang rumit, superhero yang realistis, fiksi ilmiah yang mencengangkan, dan 2017 ia merilis sebuah film perang pertamanya dan hasilnya adalah sebuah film perang yang cantik dan disajikan dengan cara yang lain daripada film perang lainnya (non-linear). Saya sendiri memberikan skor 9/10 untuk film ini.

7. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge yang diangkat dari kisah nyata dan disutradarai oleh Mel Gibson ini memang bukanlah film perang yang ‘kosong’ tapi merupakan film perang yang sarat akan makna dan moral. Cerita yang terjalin dengan rapi dan visual yang memukau membuat saya memasukan film yang dibintangi oleh Andrew Garfield tersebut masuk ke dalam daftar ini.

baca juga:  Inilah Yang Akan Terjadi Jika Naruto Menikah Dengan Sakura

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi