5 Pemain Peraih Ballon D’Or Yang Tak Pernah Juara Liga Champions

Masih membicarakan tentang penghargaan Ballon d’Or yang memang masih hangat diperbincangkan karena pengumuman untuk pemain terbaik yang bermain di Eropa itu semakin dekat. Nah, membicarakan tentang siapa para pemenang Ballon d’Or di edisi-edisi sebelumnya, tentu saja kita mengenal Ronaldo dan Messi yang diberi penghargaan tersebut karena telah mengantarkan klubnya menjuarai Liga Champions. Sedangkan nama-nama berikut ini adalah adalah mereka yang belum pernah sekalipun merasakan manisnya merengkuh gelar juara Liga Champions bersama klub yang pernah dibelanya. Siapa sajakah mereka?

1. Ronaldo (Ballon d’Or 1997 – 2002)

Penikmat sepakbola mana yang tidak mengenal pria berkepala pelontos asal Brasil ini? Ronaldo yang satu ini tak kalah hebatnya dengan Ronaldo-nya Portugal. Dulu, ia dianggap sebagai salah satu pahlawan di balik suksesnya Brasil menggondol trofi Piala Dunia 2002. Ronaldo pun pernah diganjar Ballon d’Or pada 1997 saat memperkuat Barcelona dan 2002 seusai Piala Dunia. Tapi belum pernah menjuarai Liga Champions. AC Milan adalah klub Eropa terakhirnya sebelum hijrah ke Corinthians hingga gantung sepatu.

2. Roberto Baggio (Ballon d’Or 1993)

Dianggap sebagai salah satu striker Italia terbaik setelah era Paolo Rossi, Baggio adalah pemain yang berjaya di era 90an dan mendapatkan Ballon di tahun 1993 dan hampir setahun setelahnya mengantarkan Italia menjadi runner up Piala Dunia 1994. Meski pernah memperkuat banyak klub dari mulai Milan, Juventus, dan Brescia, pemain yang punya gaya rambut nyentrik ini belum sekalipun juara di ajang Liga Champions. Andai saja ia tidak pindah dari Juventus pada akhir musim 1994/95, Baggio akan juara di musim 1995/96 yang saat itu UCL memang dimenangkan oleh Si Nyonya tua. Tetapi Baggio sudah ada di AC Milan.

3. Pavel Nedved

Mantan pemain Lazio dan Juventus ini adalah pemain asal Republik Ceko yang pernah menjadi ikon sepakbola negara btersebut. meski sukses bersama Juventus di Serie A, namun Nedved tak pernah juara Liga Champions. Prestasi terbaiknya adalah runner up pada musim 2002/03 yang saat itu dikalahkan AC Milan. Namun pada 2003, pemain yang pensiun di tahun 2009 itu mendapatkan Ballon d’Or dan mengalahkan kandidat lainnya.

4. Fabio Cannavaro

Merupakan seorang bek terakhir (sejauh ini) yang berhasil mendapatkan Ballon d’Or pada 2006 sebagai bentuk penghargaan atas berhasilnya Cannavaro sebagai kapten membawa Italia juara Piala Dunia 2006 di Jerman. Meski pernah memperkuat Juventus, Inter Milan, dan Real Madrid serta memenangkan gelar liga domestik, Cannavaro hingga gantung sepatu belum pernah memenangkan Liga Champions.

5. Michael Owen

Sama seperti Wayne Rooney, Michael Owen juga merupakan legenda hidup bagi Timnas Inggris. Sepanjang karirnya ia pernah memperkuat Liverpool, Newcastle, Real Madrid dan Manchester United. Pada 2001 ia memenangkan Ballon d’Or. Karir terbaiknya di klub tentu saja saat bersama Manchester United dan memenangkan Liga Inggris. Tetapi belum pernah memenangkan Liga Champions dan prestasi terbaiknya adalah pada 2011 saat MU dikalahkan Barcelona di final.

Referensi:

www.topendsports.com/sport/soccer/list-player-of-the-year-ballondor.htm

www.transfermarkt.com/michael-owen/profil/spieler/1397

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi