Featured

5 Film Yang dianggap Buruk tapi Berhasil Meraih Piala Oscar

Kemenangan Suicide Squad di Ajang Academy Awards 2017 dalam kategori Best Make-Up and Hairstyling tak ayal menjadi viral di dunia maya. Fans DC tentu saja gembira dengan berita ini dan berharap kedepannya film-film DC bisa lebih baik lagi. Sementara Fanboys Marvel banyak yang “kelojotan” dan tak menerima kemenangan Suicide Squad yang mereka anggap film sampah dengan cara “nyinyir” dan mencaci maki di sosial media. Perlu diketahui bahwa dalam ajang Academy Awards menilai film tidak hanya dari satu sudut saja, tapi semua sudut. Film terburuk sekalipun jika salah satu teknisnya berkualitas maka film tersebut layak dinominasikan dan berpeluang menang. Sebagai contoh film dengan kualitas naskah yang rendah sudah pasti tidak akan masuk ke dalam Best Pictures tapi jika film tersebut mempunyai desain kostum berkualitas, maka film jelek tersebut layak untuk diperhitungkan dalam kategori Best Costume Design. Di bawah ini adalah beberapa film yang mendapatkan cap “Film Jelek” tapi berhasil menggondol piala Oscar.

1. Harry and The Handerson (1987)

Memenangkan: Best Make Up

Menceritakan Ketika pulang berkemah, mobil keluarga Henderson menabrak sesosok Bigfoot. Mereka membawanya pulang dan menyadari bahwa ia adalah raksasa ramah yang harus mereka sembunyikan dari masyarakat jahat. Film ini mempunyai plot yang sangat membosankan untuk film keluarga dengan akting yang pas-pasan dan penceritaan yang alakadarnya. Tapi film ini berhasil mendapatkan piala Oscar untuk kategori Best Make Up.

2. How the Grinch Stole Christmas (2000)

Memenangkan: Best Make Up

Academy Awards kategori Best Make Up bisa dimenangkan oleh film seburuk dan sehancur apapun, percayalah. Film ini merupakan bentuk film parodi dari film Dr. Seus dan mempunyai tujuan yang tidak jelas. Komedi-komedi di dalamnya terasa sangat garing dan terkesan dipaksakan. Orang-orang tidak habis pikir kenapa film ini dilabeli Oscar.

3. Pearl Harbor (2001)

Memenangkan: Best Sound Editing

Pearl Harbor merupakan film perang garapan si lebay Michael Bay. Film ini memang berhasil membuat orang kagum hanya karena banyak ledakan-ledakan heboh tanpa pendalaman karakter yang berarti serta cerita yang agak dangkal. Abaikan semuanya, karena film ini nyatanya memenangkan Oscar untuk Best Sound Editing.

4. The Wolfman (2010)

Memenangkan: Best Make Up

Lagi lagi untuk kategori Best Make Up. Film ini merupakan versi remake dari film aslinya yang dirilis tahun 1941. Meskipun dibintangi oleh aktor sekelas Anthony Hopkins, tetap saja film ini mendapatkan ratting rendah dan dianggap tidak lebih baik dari film versi originalnya. Tapi peduli gila, film ini dilabeli film pemenang Oscar.

5. Suicide Squad (2016)

Film anti-hero yang dicaci maki oleh kritikus dan fanboys Marvel ini meneruskan film tradisi film jelek  (katanya) yang mendapatkan piala Oscar. Suicide Squad menjadi film keempat DC yang berhasil membawa piala paling bergengsi di ranah perfilman dunia tersebut. 

  • jihan

    fans marvel kenapa pada sewot ya??