5 Film Superhero Yang Sukses Menggondol Piala Oscar

Kemenangan Suicide Squad di perhelatan Academy Awards kemarin membuat netizen heboh. Ada yang menyambutnya dengan gembira dan suka cita, tidak sedikit pula yang kontra dengan kemenangan film yang disebut-sebut sebagai film kelas “ampas” tersebut. Dan banyak pula yang belum tahu dan mengerti dengan kemenangan Suicide Squad di kategori Make-Up and Hairstyling. Banyak yang bilang bahwa Suicide Squad adalah film superhero pertama yang menang Oscar, itu jelas salah. Apalagi kalau ada yang bilang film-film Marvel belum pernah dapat Oscar. Selain Suicide Squad ada empat film superhero lainnya yang lebih dulu mendapatkan Oscar. 3 untuk DC dan satu untuk Marvel. Berikut adalah daftar singkatnya.

1. Superman (1978) Best Visual Effect

Disebut-sebut sebagai film superhero pertama dan dengan inovasi DC yang menggebrak dunia perfilman dengan visual effect yang canggih dan mengagumkan di masanya. Film garapan Richard Donner ini melambungkan nama Christopher Reeves sebagai Superman. Film ini berhasil memenangkan Academy Awards untuk kategori Best Visual Effect. Film pertama Superman ini juga meraih kesuksesan secara komersial maupun pujian dari para kritikus. Melalui film ini pula, DC selangkah lebih maju dari Marvel 

2. Batman (1989) Best Art Direction

Setali tiga uang dengan film pertama Superman. Film Batman yang dirilis di tahub 1989 pun menjadi film kedua DC yang berhasil meraih piala Oscar. Batman berhasil menang dalam ajang Academy Awards 1990 untuk kategori Best Art Direction Yang memang film Batman layak mendapatkannya di mana film ini berhasil menghadirkan kota Gotham yang terlihat sama persis dengan yang ada di komik.

3. Spiderman 2 (2004) Best Visual Effect

Film kedua Spiderman arahan Sam Raimy ini menjadi film superhero Marvel pertama yang memenangkan Oscar. Spiderman 2 menang dalam Academy Awards 2005 untuk kategori Best Visual Effect. Sebenarnya Spiderman 2 adalah film Marvel kedua yang mendapatkan Oscar setelah MIB, tapi untuk MIB di sini tidak dihitung karena bukan kategori superhero. 

baca juga:  Inilah 10 Film Batman dari Masa ke Masa

4. The Dark Knight (2008) Best Supporting Actor untuk Heath Ledger

Pencapaian fenomenal The Dark Knight digenapi dengan sempurna lewat kemenanangan satu piala Oscar di Academy Awards 2009. Mendiang Heath Ledger diganjar penghargaan untuk Best Supporting Actor berkat aktingnya sebagai Joker yang luar biasa dan sangat memukau.Penghargaan ini menjadikan piala Oscar ketiga bagi film superhero DC sekaligus Oscar kedua bagi film Batman.

5. Suicide Squad (2016) Best Make Up and Hairstyling

Rasanya tidak perlu dibahas lebih banyak karena semuanya pasti sudah pada tahu. Yang jelas Suicide Squad menjadi film ke empat superhero DC yang sukses membawa pulang piala Oscar. Kemenangan ini dianggap kontroversial dan memancing “peperangan” antara fanboys DC dan Marvel. Perlu diingat, Suicide menang dalam kategori Best Make Up and Hairstyling, bukan Best Picuture. Tapi piala Oscar tetaplah piala Oscar.

Nah total 4 buat superhero DC dan 1 untuk superhero Marvel. Bagaimana menurutmu, apakah layak film-film di atas mendapatkan Oscar?

Comments

  1. Balas

    • By Hilman Sky

      Balas

  2. Balas

    • By Hilman Sky

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi

CommentLuv badge