Featured

10 Film Trilogi Terbaik Sepanjang Masa

Dalam dunia perfilman merupakan hal yang biasa jika sebuah film mempunyai banyak sekuel, namun beberapa diantaranya yang mempunyai tiga seri film atau yang biasa disebut Trilogi atau tiga karya film yang saling berhubungan secara cerita. Trilogi sering kali disebut sebagai jumlah film yang paling ideal karena tidak terlalu banyak seri. Dari banyak trilogi film yang sudah dirilis ke pasaran hanya beberapa yang meraih kesuksesan secara luar biasa.  Dalam trilogi film sudah menjadi mitos bahwa film kedua hampir selalu yang terbaik dan film penutup selalu jadi yang terburuk, namun itu tidak semuanya, ada beberapa di antaranya yang justru film ketiganya yang paling sukses. Berikut adalah 10 trilogi film terbaik versi blog ini.

 

1o. The Matrix

Film The Matrix yang dibintangi oleh Keanu Reeves pertama kali dirilis di tahun 1999 dan disutradarai oleh The Wachowkis Brothers  bercerita tentang seorang hacker bernama Trinity yang dipojokkan di sebuah hotel oleh polisi. Tapi ia dengan mudah berhasil lolos dari kepungan polisi. Dan sebuah kelompok pembunuh dengan baju hitam-hitam dengan kekuatan super, menuntun polisi dalam mengejar Trinity. Tapi Trinity berhasil kabur. Ia bahkan bisa menghilang ketika ia mengangkat telepon di sebuah kotak telepon. Film pertamanya mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus film dan kemudian melahirkan dua sekuel berikutnya yaitu The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolution yang sama-sama dirilis pada tahun 2003. Kedua sekuelnya tidak sesukses film pertamanya dan mendapatkan kritik yang beragam, namun trilogi The Matrix tetap layak disejajarkan dengan film trilogi terbaik lainnya.

9. Spider-Man versi Sam Raimi

Kisah si manusia laba-laba yang diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Tobey Maguire dan digarap oleh Sam Raimi saat itu mendapatkan reaksi yang positif, efek visuall yang canggih, cerita yang bagus dan ditambah untuk pertama kalinya Spider-Man diangkat ke layar lebar. Film pertamanya mengisahkan bagaimana Peter Parker bisa menjadi Spider-Man dan jatuh cinta pada Mary Jane serta harus melawan Green Goblin, ayah dari sahabatnya sendiri yang menjadi gila karena ambisinya. Film Spider-Man pertama dirilis pada tahun 2002, lalu diikuti oleh sekuelnya Spider-Man 2 (2004). Pada film keduanya Peter Parker sempat kehilangan kekuatannya akibat keraguan dari dalam dirinya kemudian dia harus melawan Dr Octavius yang menjadi jahat akibat percobaan yang dilakukannya sendiri terhadap dirinya. Film Ketiganya, Spider-Man 3 dirilis pada tahun 2007. Dalam film ketiganya tersebut Peter Parker harus menghadapi konflik yang lebih dalam sekaligus menghadapi musuh yang berat, tak tanggung-tanggung dia harus melawan Sandman dan Venom. Banyak pihak yang mengatakan kalau film ketiganya adalah yang terburuk karena terlalu menumpuk banyak konflik.

8. Captain America 

Merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe dan sudah mempunyai tiga film yang artinya sudah menjadi trilogy. Film pertama dirilis di tahun 2011 dengan judul Captain America: The First Avenger guna melengkapi phase pertama MCU dan sebagai benang merah menuju film The Avengers. Film pertamanya sendiri berkisah tentang Steve Rogers seorang manusia biasa yang mencintai negaranya dan ingin bergabung ke dalam militer Amerika yang saat itu dilanda perang dunia kedua, Steve Rogers yang mempunyai tubuh yang menyedihkan mendapatkan tawaran dari pihak militer untuk dijadikan percobaan agar dirinya mempunyai kemampuan di atas manusia rata-rata dan akan ditugaskan dalam melawan organisasi jahat, HYDRA.  Film keduannya, Captain America: The Windter Soldiers (2014) mempunyai cerita yang sedikit kompleks namun berbagai kalangan berpendapat kalau film keduanya ini jauh lebih menarik. Kemudian seri ketiganya yang berjudul Captain America: Civil Wars (2016) yang menampilkan hampir semua anggota The Avengers, dianggap menjadi seri yang terbaik dan merupakan film Captain America terlaris serta dihujani pujian dari berbagai pihak.

7. Back To The Future 

Dirilis pada tahun 1985, film ini bercerita tentang mesin waktu dan perjalanan waktu yang seru sekaligus menegangkan dan merupakan salah satu film terbaik di era 80an. Film pertamanya bercerita tentang Marty McFly seorang anak SMA yang berteman dengan ilmuwan yang agak gila, Doctor Brown. Suatu malam Doc. Brown mengajak Marty untuk melihat penemuannya yang edan yaitu mesin waktu dalam bentuk mobil yang unik di saat pengujian terjadi insiden yang menewaskan Doc Brown yang ditembak oleh teroris yang berurusan dengannya, kemudian Marty yang kabur menggunakan mobil mesin waktu tersebut pergi ke tahun 1955 untuk mengubah masa depan dan mencegah Doc. Brown tewas. Marty bertemu ayah dan ibunya yang masih muda serta Doc. Brown yang masih muda pula. Film keduanya dirilis pada tahun 1989 dan bercerita Marty Mcfly dan Doc Brown harus berangkat ke tahun 2015, banyak prediksi yang cukup akurat tentang suasana tahun 2015 seperti televisi pintar, Virtual Reality dll. Sedangkan seri penutupnya dirilis pada tahun 1990.

6. Indiana Jones

Dibintangi oleh Harrison Ford yang saat itu tengah tenar berkat perannga sebagai Han Solo dalam Star Wars. Indian Jones menawarkan sebuah trilogi petualangan yang seru dan menegangkan . Indian Jones merupakan karakter yang ikonik di era 80an. Film pertamanya berjudul Raiders Of The Lost Ark dirilis pada tahun  19821 berkisaj tentang Seorang profesor arkeologi bernama Indiana Jones melakukan petualangan di hutan Amerika Selatan mencari patung emas. Sayangnya, ia masuk perangkap mematikan namun secara ajaib lolos. Kemudian, Jones mendengar dari seorang kurator museum bernama Marcus Brody tentang artefak Alkitab disebut the Ark of the Covenant, yang dapat memegang kunci untuk eksistensi manusiawi. Jones memiliki untuk menjelajah ke tempat-tempat yang luas seperti Nepal dan Mesir untuk menemukan artefak ini. Namun, ia harus berjuang melawan musuhnya Rene Belloq dari Nazi untuk mencapai itu. Kemudian film keduanya The Temple Of The Doom (1984) dan seri penutupnya di tahun 1989 berjudul The Last Crusade. Ketiganya disutradarai oleh Steven Spielberg. Ketiga film Indiana Jones juga mendapay tanggapan yang positif dari para kritikus.

5, Toy Story

Toy Story (1995) merupakan film pertama Pixar dan merupakan film animasi CGI pertama di dunia itu langsung menjadi fenomenal, situs rotten tomattoes bahkan memberikan kritik bersih 100% pada film ini. Film pertama menceritakan para mainan yang dimiliki oleh anak laki-laki bernama Andy yang bisa bergerak dan bicara kalau tidak ada manusia. Kedatangan mainan baru yang dibeli Andy yang bernama Buzz Lightyear membuat para mainan lainnya heboh dan terjadi kesalahpahaman dengan Woody si koboi yang mengakibatkan mereka terjebak di rumah Sid, seorang anak penyiksa mainan. Film keduanya dirilis di tahun 1997 kemudian film ketigannya dirilis pada tahu 2010, akhir ceritanya sendiri sangat mengarukan.

4. The Godfather

Disebut-sebut sebagai masterpiece dan film terbaik sepanjang masa The Godfather part I dirilis pada tahun 1972 dan menjadi standar sebuah film drama kriminal tentang mafia. Diangkat dari novel berjudul sama dan disutradarai oleh Francis Ford Coppola serta dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino film ini bercerita tentang keluarga mafia Corleone. Mafia yang berkuasa di New York dan bagaimana pengaruhnya. Kekuatan film ini terletak pada kekuatan cerita dan akting. The Godfahter part ii  mendapatkan lima piala Oscar termasuk film terbaik, aktor yang sangat mencuri perhatian pada film kedua adalah Robert De Niro sebagai Vito Corleone muda dan mendapatkan piala Oscar untuk aktor pendukung terbaik. Film ketiganya dirilis pada tahun 1990, The Godfahter part iii.

3. The Dark Knight Trilogy

Kejeniusan seorang Christopher Nolan telah membuat Batman sebagai superhero yang kelam kembali ke citra yang sebenarnya melalui trilogi Batman yang dibuatnya. Nolan sudah membuat standar film superhero yang lebih tinggi dan dibuat sebagaimana mestinya. Nolan membuat film superhero yang sama sekali tidak kekanak-kanakan dengan jalan cerita yang berbobot dan menaikan level film superhero yang stigmanya selama ini hanya untuk anak-anak. Melalui The Dark Kinght Trilogy, kisah Batman diceritakan sangat apik dan luar biasa. Film pertamanya Batman Begins (2005) yang dibintangi Christian Bale sebagai Bruce Wayne mampu mengisahkan awal mula bagaimana Bruce Wayne menjadi sosok manusia kelelawar dengan baik dan puncaknya terjadi pada film kedua,The Dark Knight (2008) yang sangat fenomenal berkat penampilan Heath Ledger sebagai Joker ditambah dengan jalan cerita yang sangat cerdas dan melekat di hati penonton. Seri penutup The Dark Knight Rises (2012) menambah trilogi ini menjadi sempurna.

2. Star Wars Original Trilogy

Lupakan prekuel trilogy Star Wars yang mengecewakan itu. Trilogi Original tetaplah menjadi terbaik dan merupakan franchise film yang sangat iconic dan terkenal. George Lucas selaku kreator dari Star Wars telah menciptakan pop culture lewat opera luar angkasa yang diciptakannya. Film pertama Star Wars: A New Hope (1977) bercerita tentang Luke Skywalker yang bertemu dengan dua droid yang menuntunnya ke dalam petualangan yang megah dan sulit dilupakan. Film Kedua, Empire Strike Back (1980) merupakan bagian terbaik dalam trilogi ini. Luke Skywalker dkk harus menempuh petualangan berbahaya melawan Darth Vader yang terus mengejarnya. Sedangkan film ketiganya, Return Of The Jedi menjadi penutup petualangan yang sempurna.

1. The Lord Of The Rings (TLOTR)

Tidak ada yang meragukan kalau TLOTR adalah trilogi terbaik yang pernah dibuat. Peter Jackson selaku sutradara sangat ambisius mengerjakan film yang sangat megah ini. Sinematografi yang indah, cerita bak negeri dongeng, visuak effect yang memanjakan mata, serta akting dari para pemain membuat TLOTR menjadi sempurna. Diangkat dari novel legendaris karangan J.R.R Tolkien film TLOTR dirilis dalam rentan waktu tahun 2001,2002, dan 2003. Inti dari kasih film ini adalah perjuangan Frodo Baggin dkk untuk menghancurkan cincin kegelapan yang diiincar oleh penguasa jahat, Suron. Film ketiganya berhasil memborong 11 oscar dan merupakan film fantasy pertama yang mampu menyabet piala oscar sebanya itu termasuk untuk film terbaik.

  • Alvi

    Andai aja seri ketiga The Godfather tidak terlalu menurun jauh kualitasnya, saya gak akan ragu menyematkan The Godfather trilogy adalah trilogy terbaik sepanjang masa.

    • Hilman Sky

      film ketiganya emang hanya sebuah epilog. filmnya jdi lemah karena tdk ada sosok vito corleone.

      • Alvi Fadhollah

        dramanya terlalu ke keluarga mungkin ya. minim sekali akan kesan mafianya. beda dgn yg part 1 dan part 2 dimana drama keluarga + mafia ny imbang dan saling mengisi.

        • Hilman Sky

          iya, part 3 kebanyakan fokus masalah keluarga dan segala kerapuhan michael corleone..