Featured

10 Film Terbaik Sepanjang Tahun 2017 Versi Hilman Sky

Suguhan film-film berkualitas di tahun 2017 telah selesai dan ditutup oleh Coco dan Star Wars: The Last Jedi dengan sangat memuaskan. Sepanjang 2017, kita sudah banyak dimanjakan oleh film-film box office dari berbagai genre, walaupun dalam segi pendapatan kabarnya tahun ini di Amerika Serikat sendiri merupakan yang terendah dalam 11 tahun terakhir. Blog Hilmansky telah merangkum 10 film terbaik sepanjang tahun 2017, tentunya dalam versi blog ini. Berikut adalah ulasan singkatnya.

10. Thor: Ragnarok

Lanjutan Marvel Cinematic Universe yang satu ini benar-benar menghibur dan layak ada di dalam daftar ini. Petualangan Thor dalam instalemen ketiga film sang putra Odin membawa kita ke sebuah cerita dan plot yang jauh lebih menyenangkan dari dua film sebelumnya. Kehadiran Hulk alias Bruce Banner jelas memberi warna tersendiri. Sekali lagi saya tegaskan Ragnarok adalah seri terbaik dari trilogi Thor!

9. Blade Runner 2049

Sebuah sekuel yang tak disangka-sangka akan menuai pujian bertubi-tubi dari para kritikus. Sutradara Denis Vileneuve  jelas telah membuat Blade Runner 2049 jauh melebihi film pertamanya. Alur cerita yang apik, karakter yang memukau, dan visual effect yang memanjakan mata menjadikan film ini semakin nyaris sempurna. Blade Runner 2049 mengisah puluhan tahun setelah kejadian di film pertamanya.

8. Spider-Man: Homecoming

Sebuah reboot kedua dari manusia laba-laba yang menurut saya kualitasnya sudah melebihi versinya Andrew Garfield yang membosankan itu. Nuansa fun dan family friendly tidak serta merta membuat Homecoming menjadi tidak berbobot, namun juga memiliki jalan cerita yang sangat baik. Tom Holland telah sukses memerankan Peter Parker dengan gayanya sendiri, dan tentu saja yang mencuri perhatian adalah Aunt May. Hehehe..

7. Logan

Sebuah perpisahan yang sangat epic dari seorang Hugh Jackman meninggalkan karakter yang diperankannya selama 17 tahun. Logan adalah film X-Men terbaik sejauh ini yang bersanding dengan Days of Future Past. Logan secara kualitas jauh melampaui kedua film Wolverine sebelumnya yang terkesan hambar. Film ini juga menjadi penampilan terakhir Patrick Stewart sebagai Charles Cavier. Nuansa gelap dan suram menghiasi sepanjang cerita, menandakan Wolverine yang sudah rapuh di tengah semakin sedikitnya populasi mutan.

6. It

Sebuah film horor yang mantap dan menyeramkan serta memiliki cerita yang padat dan berisi. Film remake yang diangkat dari novel karya Stepehen King ini bisa dibilang menjadi film horor terbaik dan terseram di tahun 2017 mengalahkan Annabelle Creation. Badut Pennywise sukses memberikan teror kepada para penikmat film horor pada 2017 ini dan akan ada sekuelnya, kita nantikan saja.

5. War for The Planet of The Apes (WFTPOTA)

Kisah penutup trilogy Planet of The Apes ini menjadi sebuah seri pamungkas yang nyaris mendekati sempurna dan dengan jalan cerita yang sangat emosional. Film yang dibintangi oleh Andy Serkis ini sukses menggenapi seri ketiga dengan kualitas CGI yang lebih keren, dan adegan-adegan yang tak akan terlupakan. Kisah Ceasar dkk di tengah peperangan kera dan manusia yang semakin mengerikan dan mencekam mampu disajikan dengan sangat baik.

4. Coco

Lagi-lagi Pixar membuat suatu karya yang lebih dari sekedar film animasi. Coco bahkan telah masuk ke dalam Top 250 IMDb dengan sangat cepat. Coco tak hanya sekedar animasi lucu-lucuan, tetapi mempunyai unsur cerita dan filosofis yang sangat berbobot namun disajikan dalam  cerita animasi yang bisa dinikmati, ciri khas dari film-film Pixar yang tidak pernah menggarap film animasi secara asal-asalan.

3. Wonder Woman

Wanita cantik, seksi, kuat, perkasa, dan tentunya menjadi penyelamat DCEU yang sebelumnya selalu dihajar habis-habisan oleh para kritikus. Wonder Woman hadir dengan jalan cerita yang detail namun tidak bertele-tele tentang awal mula (origin) seorang Diana Prince, ksatria Amazon yang harus ikut serta dalam perang dunia pertama. Alur cerita dan plot yang tertata dengan baik, tidak seperti BvS apalagi Suicide Squad. Saya menyebut bahwa Wonder Women adalah film superhero terbaik di tahun 2017. Good  job Gal Galdot!.

2. Dunkirk

Sekali lagi Christopher Nolan telah membuktikan bahwa dirinya adalah seorang sutradara jenius dan mempunyai visi yang tajam. Dunkirk jelas merupakan sebuah film perang yang diangkat dari peristiwa nyata pada salah satu episode terpenting perisitiwa perang dunia II. Namun Nolan menyajikan film ini dengan gayanya sendiri dan cara yang tak biasa yang justru membuat film ini istimewa. Saya tak peduli pada orang yang tidak mengerti seni sebuah sinema yang mengatakan film ini tidak jelas dan tidak seru, mohon jangan samakan karya-karya Nolan dengan sutradara mainstream. Bukan Nolan namanya kalau membuat film yang lurus-lurus saja.

1. Star Wars: The Last Jedi

Dan inilah film terbaik versi saya di tahun 2017. Bagian kedua dari sekuel trilogi Star Wars ini layak mendapatkannya. Ini merupakan film Star Wars terbaik semenjak Empire Strikes Back (1980). Kisah Rey dan Luke Skywalker serta kisah pertempuran antara The First Order melawan The Resistance menjadi epic berkat sutradara Rian Johnson membawa film ini melebihi serunya The Force Awakens. Bagi kamu yang berniat menjadi fans baru Star Wars, The Last Jedi adalah momen yang tepat untuk memulainya.

Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

2 Replies to “10 Film Terbaik Sepanjang Tahun 2017 Versi Hilman Sky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi