5 Film Jepang Samurai Terbaik Sepanjang Masa

Film Jepang di masa lalu pernah mengalami masa kejayaan, terlebih di era 50an dan 60an saat negeri sakura mempunyai sutradara legendaris yang kemudian menjadi panutan sutradara-sutradara hollywood, dia adalah Akira Kurosawa, sang maestro film-film samurai dan menjadi salah satu sutradara paling berpengaruh di dunia.

Namun sekarang Jepang terasa kurang dalam menghasilkan film-film berkualitas kecuali anime-anime-nya yang memang sudah menjadi ciri khas Jepang itu sendiri. Namun, bagi kamu yang ingin mencari referensi tentang film-film Jepang bertema paling terkenal dan terbaik sepanjang masa, saya akan mencoba share di sini.

1.  Seven Samurai (1954) Sutradara: Akira Kurosawa

Seven Samurai bisa dibilang menjadi film samurai terbaik sepanjang masa dan film ini membuat Akira Kurosawa terkenal ke seluruh dunia. Seven Samurai adalah film Jepang pertama yang benar-benar melebihi zamannya dengan tingkat kesulitan yang tinggi dalam pengambilan gambar pada masanya serta sinematografi yang sempurna dan tentu saja cerita yang benar-benar bagus. Dikisahkan sekumpulan bandit menyerang sebuah desa. Namun di saat itu sang pemimpin menyadari bahwa mereka sudah merampok desa ini sebelumnya, dan memutuskan untuk menyerang musim panen berikutnya. Tetua di desa itu mengusulkan untuk menyewa samurai untuk melawan bandit-bandit tersebut.

2. Throne of Blood (1957) Sutradara: Akira Kurosawa

Masih disutradarai oleh Akira Kurosawa, Throne of Blood tidak kalah seru dari Seven Samurai dengan menyajikan cerita dan adegan-adegan yang lebih menegangkan dan tentu saja cerita yang tak kalah menarik. Washizu (Toshiro Mifune) mendapat wangsit dari seorang tukang sihir bahwa ia akan menjadi raja kelak. Istrinya Asaji (Isuzu Yamada) yang sangat berambisi mendesaknya untuk melakukan kudeta dan membunuh raja mereka. Pada akhirnya Washizu juga harus tewas dibunuh oleh prajurit-prajuritnya sendiri dan istrinya menjadi gila.

3. Harakiri (1962) Sutradara: Masaki Kobayashi

Berbeda dengan film-film Akira Kurosawa yang menekankan pada aksi pertarungan samurai yang epik, Harakiri lebih menekankan pada dialog dan nilai cerita di zaman samurai itu sendiri. Harakiri disutardarai oleh Masaki Kobayashi lebih memfokuskan pada karakterisasi dan historis yang cukup akurat dalam film tersebut. Sesuai dengan judulnya film akan berfokus pada Harikiri atau cara bunuh diri para samurai di masa lalu, namun dipenuhi intrik dan cerita yang tidak terduga.

4. Samurai Trilogy (1954, 1955, 1956) Sutradara: Hiroshi Inagaki

Samurai I: Musashi Miyamoto (1954)
Samurai II: Duel at Ichijoji Temple (1955)
Samurai III: Duel at Ganryu Island (1956)

Samurai trilogy disutradarai oleh Hiroshi Ianagaki dan rilis dalam rentang waktu 1954, 1955 dan 1956. Trilogi ini menceritakan kisah hidup samurai legendaris Jepang yang sangat terkenal, Muasashi Miyamoto di zaman peperangan antara Tokugawa dan pendukung pemerintahan di zaman sengoku dan edo. Cerita yang berpusat dalam trologi ini adalah berpusat pada peristiwa-peristwa penting yang dilewati oleh Musashi MIyamoto.

5. Rurouni Kenshin Trilogy (2012, 2014) Sutradara: Keishi Otomo

Mungkin inilah satu dari sangat sedikit film Jepang bertemakan samurai yang berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus. Rurouni Kenshin yang diangkat dari manga berjudul sama ini menceritakan Batousai yang merupakan seorang samurai di zaman edo akhir dan zaman meiji awal yang dikenal sangat mematikan dan sudah membantai banyak orang di masa peperangan. Setelah restorasi Meiji Batousai ‘menghilang’ dan mengganti nama menjadi Kenshin Himura untuk memulai hidup baru dan berjanji tidak akan membunuh lagi. Cerita dimulai ketika Kenshin bertemu dengan Kaoru, seorang gadis yang mempunyai dojo warisan ayahnya. Film ini dipuji karena mampu memberikan tontonan yang menghibur dengan koreaografi pertarungan pedang yang atraktif.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi