Featured

10 Film Bertema Luar Angkasa Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Dari sekian banyak genre dan tema film, tema luar tentang luar angkasa adalah salah satu yang terpopuler dan kerap menjadi pemuncak box office. Dari sekian banyak film bertema luar angkasa dan bernuansa fiksi ilmiah terdapat beberapa di antaranya yang sangat populer dan dianggap yang terbaik. Berikut adalah 10 film luar angkasa terpopuler.

10. Avatar (2009)

Film fiksi ilmiah, fantasi sekaligus bersetting di sebuah planet nan jauh di sana dan menjadi salah satu film dengan biaya termahal sepanjang sejarah. Disutradarai oleh James Cameron, Avatar sampai saat ini masih menjadi film di dunia terlaris sepanjang masa. avatar bercerita tentang kehidupan di tahun 2154, dimana manusia bumi kekurangan sumber energi. Administrasi pengembangan sumber daya menambang sumber energi yang cukup besar, unobtanium di planet pandora, di sistem tata surya Alpha Centauri. Kelebihan film Avatar adalah visual effect yang memanjakan mata dan cerita yang benar-benar orisinil karena bukan adaptasi dari media apapun.

9. The Martian (2015)

Film yang dibintangi oleh Matt Damon dan digarap oleh Ridley Scott ini adalah film yang diangkat dari novel best seller berjudul sama karya Andy Weir. Menceritakan tentang upaya penyelamatan manusia yang tertinggal di Mars karena mengira sebelumnya orang itu sudah meninggal. Astronot tersebut adalah Mark Watney ( Matt Damon ), ia harus bertahan hidup di Mars yang sama sekali berbeda dengan Bumi sembari menunggu ketidak pastian pertolongan dari Bumi.

8. Apollo 13 (1995)

Film yang dirilis pada 1995 silam ini adalah film yang disutradarai oleh Ron Howard yang terilhami dari kisah nyata keberangkatan Apollo 13. Apollo 13 yang meluncur pada 11 April 1970 namun terjadilah kecelakaan dalam misi tersebut dimana tabung oksigen meledak pada hari kedua yang membuat pendaratan di Bulan harus dibatalkan. Alih-alih mendarat, para kru Apollo 13 harus berjuang untuk bisa kembali lagi ke Bumi dalam kondisi pesawat yang rusak parah. Film ini memfokuskan seberapa mengerikannya perjalanan Apollo 13 yang terkenal itu.

7. Planet of The Apes (1968)

Film ini memang sangat jadul, tapi film ini merupakan salah satu film tentang luar angkasa yang paling berpengaruh. Bercerita tentang sekelompok astronot yang sedang melakukan tugas mengangkasa jauh sekali di luaran galaksi, tiba-tiba terjadi masalah pada pesawat luar angkasa mereka. Sekelompok astronot tersebut mendarat atau lebih tepatnya terjatuh di sebuah planet yang mengerikan di mana di planet itu para kera bisa berjalan tegak, bicara dan cerdas layaknya manusia. Sebaliknya para manusia di sana sangat bodoh dan primitif dan jadi buruan para kera. Film Planet of The Apes versi original ini merupakan cikal bakal trilogi Rise of The Planet of The Apes yang kita kenal sekarang.

6. Alien (1979)

Film luar angkasa bergenre horor fiksi ilmiah ini merupakan masterpiece dari Ridley Scott yang menghasilkan beberapa sekuel. Berkisah tentang sekelompok awak pesawat Nostromo yang betugas mengangkut mineral dari planet lain ke planet Bumi, di perjalanan mereka mendapatkan sinyal SOS dari sebuah planet yang tak dikenal dan gelap. Sialnya. mereka malah mendarat di situ dan bingo, di sana mereka harus berurusan dengan makhluk mengerikan yang kita kenal dengan Xenomorph.

5. Gravity (2013)

Film garapan Alfonso Cauron ini bisa dibilang film luar angkasa yang unik sekaligus realistis dan hanya dibintangi oleh dua orang pemain saja, Sandra Bullock dan George Clooney. Pemain yang lainnya hanya berupa suaranya saja. tentang dr. Ryan stone (Sandra Bullock), seorang insinyur biomedis yang pergi ke luar angkasa. Astronot veteran Matt Lowalski (George Clooney) memimpin misi ke luar angkasa tersebut. Terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan dan kecelakaan di luar angkasa, mereka berdua harus bertahan di luar angkasa tersebut. Film ini mendapatkan pujian dari para kritikus dan para antariksawan karena sangat realistis.

4. Star Trek (2009)

Merupakan film reboot seri Star Trek dan ditangani oleh sutradara JJ Abrams. Abrams sukses membangkitkan kembali franchise Star Trek dan mendatangkan banyak sekali fans baru. Bercerita tentang James T. Kirk yang baru saja masuk sebagai anggota Starfleet dan bertemu dengan seorang Vulcan bernama Spock, mereka menjadi satu tim dalam kapal USS Enterprises, sifat keduanya sangat berbeda dan sering berseru. Di sisi lain bangsa Romulan yang datang melalui black hole menghancurkan planet Vulcan dan selanjutnya adalah Bumi. JJ Abrams melalui film ini telah membuat Star Trek semakin ‘naik kelas’.

3. 2001: Space Odyssey (1968)

Sebuah mahakarya dari seorang Stanley Kubrick. Film ini bisa dibilang ‘enggak jelas’ namun merupakan film luar angkasa yang sangat berpengaruh dan melegenda. Sulit bagi saya untuk memaparkan sinopsisnya. Yang jelas film ini terbagi menjadi 4 bagian cerita. The Dawn of Man, tma-1, Jupiter Mission, Jupiter and Beyond the Infinite. Film ini lebih berisikan filosofi kehidupan manusia dan hanya orang-orang cerdaslah yang akan mengerti makna dari film yang dirilis pada 1968 silam tersebut.

2. Interstellar (2014)

Film fiksi ilmiah yang satu ini mendapatkan pujian yang bertubi-tubi berkat nilai-nilai sains, fisika dan cerita yang benar-benar membuat banyak orang takjub. Film garapan si jenius Crhistopher Nolan ini intinya bercerita tentang usaha manusia mencari planet baru untuk dapat ditinggali di saat planet Bumi sudah sangat kritis akibat pemanasan global, polusi, dan lain sebagainya.

1. Star Wars (1977)

Star Wars yang pertama kali dirilis pada 1977 silam merupakan space opera yang sangat berpengaruh dan menjadi budaya populer sampai detik ini. Geogrge Lucas sebagai otak di balik dunia Star Wars telah membuat suatu franchise yang tak hanya menceritakan kebaikan melawan kejahatan melainkan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Film Star Wars pertama berjudul A New Hope merupakan awal petualangan epic Luke Skywalker dkk untuk melawan Empire yang jahat di bawah pimpinan Darth Vader dan Emperor Palpatine.

Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi