Anime, Featured

10 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa

Saat ini industri film di Jepang, anime masih merupakan yang mendominasi dan banyak digemari di pasaran. Film anime yang dirilis di bioskop Jepang dan seluruh dunia beberapa diantaranya berhasil memiliki pendapatan yang besar dan menjadi film anime terlaris sepanjang masa. Dari banyak film anime yang dirilis dan laris manis, Studio Ghibli yang paling banyak mendominasi terutama karya-karya Hayao Miyazaki. Berikut adalah 10 film anime terlaris sepanjang masa. Update tahun 2017.

 

10. Pokemon The Movie 2000 (1999). Pendapatan 133 Juta Dollar

Film kedua Pokemon yang dirilis pada tahun 1999 ini menempati urutan sepuluh dengan pendapatan 133 Juta Dollar dari penayangannya di seluruh dunia. Film ini ceriatanya dibagi menjadi dua part. Bagian pertama Pikachu’s Resque Adventure dan bagian kedua The Power of One.

9. The Wind Rises (2013). Pendapatan 136 Juta Dollar

Karya Hayao Miyazaki ini berkisah tentang  pada tahun 1918, saat itu Jiro Horikoshi yang berkaca mata ingin menjadi seorang pilot, tapi tahu bahwa masalah penglihatannya dapat menghalangi cita-cita tersebut. The Wind Rises dirilis pada tahun 2013 dan menjadi film terlaris di jepang pada tahun tersebut.

8. The Secret World Of Arriety (2010). Pendapatan 145 Juta Dollar

Film ini diangkat dari buku The Borrowers karya Mary Norton, seorang penulis buku anak-anak Inggris. Film ini merupakan buatan dari Studio Ghibili yang disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi dan skenarionya ditulis oleh Hayao Miyazaki. Saat perilisannya, film ini menjadi film terlaris pada tahun 2010 di Jepang.

7. Princess Mononoke (1997).  Pendapatan 159 Juta Dollar

Film Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini bercerita seorang pangeran bernama Ashitaka yang berasal dari suku Emisi. Ashitaka terkena kutukan dari siluman babi bernama Nago di desanya. Ketika mencoba melawan Nago itulah, Ashitaka terluka di lengan kanannya. Dan berdasarkan kata para tetua di desanya, Ashitaka harus melakukan perjalanan ke arah Barat demi melepaskan kutukan tersebut. Princess Mononoke merupakan salah satu anime buatan Studio Ghibli yang paling berpengaruh.

6. Pokemon The Movie (1998). Pendapatan 163 Juta Dollar

Film pertama Pokemon ini menerima sambutan yang hangat dari fans Pokemon di seluruh dunia. Film pertama pokemon mengisahkan tentang  sebuah Pokemon hasil rekayasa seorang dokter khusus. Rekayasa Pokemon tersebut telah melalui perjalanan dan penelitian yang panjang. Hingga kemudian rekayasa Pokemon tersebut berhasil diciptakan dan diberi nama Mewtwo. Bisa dibilang, Mewtwo memang memiliki kekuatan yang luar biasa dan juga diatas para Pokemon lainnya.

5. Stand By Me Doraemon (2014). Pendapatan 196 Juta Dollar

Film Doraemon pertama yang menggunakan teknologi animasi 3D ini langsung menjadi film Jepang terlaris di tahun 2014. Kisah-kisah di dalam film ini diambil dari beberapa potongan cerita dari komik Doraemon yang telah dirilis sebanyak 45 buah.

4 Ponyo (2008). Pendapatan 201 Juta Dollar

Film Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini bercerita tentang seekor ikan perempuan bernama Brunhilde yang tinggal di dasar laut bersama ayah tercintanya yang bernama Fujimoto. Seorang penyihir sekaligus ilmuwan yang dulu merupakan seorang manusia yang sekarang tinggal di dalam air bersama beberapa ikan yang lain. Suatu hari, Brunhilde dan saudara kandungnya pergi menuju sebuah kapal selam. Ketika berada disana, Brunhilde berenang di atas ubur-ubur. Hal itu membuatnya secara tak sadar tertangkap jaring manusia. Ia pun kemudian dimasukkan ke dalam toples oleh para manusia. Setelah para manusia itu sampai di pantai, toples tempat Brunhilde tersebut terjatuh dan diselamatkan oleh seorang anak bernama Sosuke.

3. Howl’s Moving Castle (2004). Pendapatan 235 Juta Dollar

Film Karya Hayao Miyazaki lewat Studio Ghibli ini bercerita tentang Sophie yang mana adalah pembuat topi berusia 18 tahun yang tidak sengaja bertemu dengan penyihir Howl ketika akan mengunjungi adiknya Lettie. Saat kembali ke rumah, ia bertemu dengan Penyihir dari Waste yang mengubahnya menjadi wanita berusia 90-an dan tidak dapat memberitahukan kepada siapapun mengenai hal tersebut.

2. Spirited Away (2001) 289 Juta Dollar

Selain menjadi film anime terlaris. Spirited Away jug berhasil mendapatkan penghargaan yang sangat bergengsi, Academy Awards. Karya fenomenal Hayao Miyazaki ini mengisahkan mengisahkan Chihiro, gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Film animasi buatan Jepang ini menuntun penontonnya untuk menikmati film secara emosional. Chiro yang tidak menginginkan untuk pindah justru mulai mengeluh dengan keadaan yang menimpa dirinya, termasuk hal-hal kecil seperti sekolah atau tingkah laku teman-temannya.

1. Your Name (2016) Pendapatan 330 Juta Dollar

Pencapaian Makoto Shinkai melalui karyanya, Your Name alias Kimi No Na Wa sungguh luar biasa dan sangat fenomenal. Film ini berhasil melengerkan Spirited Away dari tangga teratas film anime terlaris sepanjang masa setalah berkuasa selama belasan tahun. Mengisahkan Mitsuha Miyamizu, seorang siswi sekolah menengah atas yang tinggal di desa fiktif bernama Itomori di daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu, mulai bosan dengan kehidupannya di pedesaan tempat dia lahir dan berharap dapat terlahir menjadi pemuda tampan yang hidup di Tokyo pada kehidupan selanjutnya. Kemudian, Taki Tachibana, seorang siswa sekolah menengah atas yang tinggal di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yang entah bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh Taki. Cerita yang terjadi selanjutnya berhasil menguras emosi penonton.