Rekomendasi 10 Series Anime Romance Terbaik

Anime bertema romance pada umumnya berdemografi shoujo atau ditujukan bagi remaja perempuan namun pada kenyataannya banyak juga para pria yang menyukai anime romance shoujo tersebut karena tertarik dengan ceritanya, suka pada karakter perempuannya, ataupun karena merasa bosan dengan anime shounen yang berbau petualangan. Nah, bagi kalian yang masih ‘newbie’ soal anime romance, berikut ini saya rekomondasikan 10 anime romance yang dijamin tidak akan menyesal setelah menontonnya.

Blue Spring Ride

Blue Spring Ride atau bahasa Jepangnya ‘Ao Haru Ride’ adalah anime shoujo bergenre romance dan slice of life yang ceritanya berfokus pada seorang gadis SMA bernama Yoshioka Futaba dengan cinta pertamanya saat kelas 1 SMP, Tanaka Kou atau yang kini berganti nama menjadi Mabuchi Kou, setelah 3 tahun mereka tak bertemu. Tak disangka, pertemuan ini menjadi sebuah kejutan bagi keduanya. Cerita romansa khas gadis sekolah Jepang sangat terasa dalam anime yang berjumlah 12 episode ini. Tanaka Kou menyimpan sebuah rahasia yang tak bisa ungkapkan dan mengapa ia tak datang saat berjanji bertemu dengan Futaba di festival musim panas. Sifat Kou yang berubah menjadi dingin membuat Futaba merasa aneh dan ia mencoba mendekati Kou agar bisa seperti dulu lagi. Ceritanya memang cukup ringan standar penceritaan manga-manga shoujo namun juga penuh makna.

Kimi Ni Todoke

Anime ini memang sangat terkenal di Jepang dan juga populer di kalangan pecinta anime romance di Indonesia. Bercerita tentang Cerita ini berkisah tentang Sawako Kuronuma, yang disebut Sadako oleh teman-teman sekelasnya karena kemiripannya dengan karakter hantu dari “The Ring” . Sawako dijauhi oleh teman-teman di sekolahnya selain karena ia pemalu teman-temannya takut pada Sawako karena ia sangat mirip Sadako. Sawako sebenarnya sangat ingin mempunyai teman dan hatinya kesepian.  Laki-laki yang populer di sekolahnya bernama Kazehaya malah mulai tertarik dan berbicara pada Sawako, di situ pula kehidupan Sawako Berubah dan memulai menemukan pertemanan sekaligus masalah baru yang harus ia hadapi. Anime ini direkomendasikan tak hanya bagi perempuan tapi juga semua gender ya, biar kalian baper dengan ceritanya.

Ouran High School Host Club

Kalau yang satu ini genrenya adalah romance comedy dan nuansa ceritanya komik banget alias nyaris mustahil terjadi di dunia nyata tapi tetap saja seru dan menyenangkan untuk ditonton. Becerita tentang seorang gadis SMA bernama Fujioka Haruhi yang diterima di sekolah super mewah Ouran High School lewat beasiswa.  Di hari pertamanya dia tidak sengaja memasuki ruangan Ouran Host Club yang anggotanya 6 orang laki-laki bertampang keren dan bersiap menyambutnya. Haruhi terkejut dan saat mundur ia tidak sengaja menjatuhkan vas mahal yang seharga 8 milliar Yen. Haruhi harus mengganti rugi dengan cara ia masuk sebagai anggota Host Club. Dijamin kamu akan banyak tertawa menonton anime ini.

Isshuukan Friends

Anime romance dan frienship ini rasanya cukup mewakili orang-orang yang pernah terjebak frienszone. Bercerita tentang Hase Yuki yang tertarik pada gadis yang sekelas dengannya yang bernama Kaori Fujimiya karena Kaori tak pernah mempunyai teman dan selalu sendirian. Hase mengajaknya berkenalan namun ditokak. Usut punya usut, ternyata Kaori menderita penyakit, ingatannya tentang pertemanan akan hilang setiap seminggu sekali. Artwork yang enak dilihat dan karakter Kaori yang kawaii dijamin kamu menyukai dengan anime ini.

Say I Love You

Anime ini ceritanya cukup sederhana namun tetap berisi dan ‘romance banget’. Bercerita tentang gadis berusia 16 tahun bernama Mei Tachibana yang sama sekali tidak mempunyai teman satu pun, bukannya karena ia dijauhi namun karena Mei adalah anti sosial dan introvert akut yang disebabkan di masa lalu ia pernah dibully dan menyebabkan trauma. Ia sangat menghindari pertemanan. Namun semuanya perlahan berubah ketika Yamato Kurosawa, laki-laki yang populer di sekolahnya mendekatinya. Premisnya memang terdengar agak ‘basi’ namun kamu tidak akan melihat bagusnya anime ini sebelum kamu mencoba untuk menontonnya.

Lovely Complex

Kisah yang diangkat dalam anime ini terbilang unik yaitu tentang permasalahan pasangan, yaitu tinggi badan laki-laki lebih pendek dari pasangannya. Risa Koizumi lebih tinggi ( 172 cm) dan Otani lebih pendek (156). Untuk sinopsisnya sendiri saya tidak akan menjelaskan rinci, yang jelas anime ini sayang untuk tidak ditonton.

Wolf Girl and Black Prince

Erika Shinohara adalah gadis SMA yang ceria yang selalu berbohong pada teman-temannya bahwa dia punya pacar yang tampan, padahal dia jones. Suatu hari ia menunjukan foto ‘pacar’ nya yang di hape kepada teman-temannya, foto tersebut ia ambil secara diam-diam. Sialnya orang yang dalam foto tersebut adalah ‘pangeran sekolah’ yang terkenal. Anime ini bernuansa komedi dan bikin ngakak, jadi jangan takut baper karena ini bukanlah anime tragedi.

Kaichou wa Maid-sama!

Anime ini bercerita tentang Misaki Ayuzawa, seorang ketua OSIS perempuan pertama di SMA Seika, sekolah yang awalnya hanya diperuntukkan khusus untuk laki-laki saja. Ceritanya sangat menarik untuk diikuti terlebih pertemuannya dengan Usui. Anime ini mempunyai skor yang cukup besar di My Anime List

Your Lie In April

Kalau yang satu ini sudah banyak orang yang tahu dan jika kamu pecinta anime tapi belum nonton anime ini, wah keterlaluan. Kisah Arima Kousei dan Kaori Miyazono ini telah sukses membuat banjir air mata. Saya tidak akan membeberkan sinopsis lengkapnya. Yang jelas anime ini bertemakan musik, Arima Kousei yang merupakan pianis muda berbakat kehilangan kemampuannya bermain piano setelah kematian sang ibu namun perlahan semuanya berubah setalah ia bertemu dengan Kaori Miyazono, gadis yang sangat pandai bermain biola.

Clannad: After Story

Sebelum menonton Clannad: After Story, disarankan untuk menonton terlebih dahulu season pertamanya (Clannad). Jangan lupa siapkan tisu yang banyak karena anime ini disebut-sebut sebagai serial anime romance yang paling menguras air mata kaum adam. Menceritakan Tomoya dan Nagisa yang sudah menikah dan mempunyai anak. Silahkan tonton sendiri kesedihan ceritanya saya tidak mau spoiler sedikitpun.

Post Author: Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi